Sabtu, 27 Juli 2013

puisiku


Misdianto

  
   Entahlah!
Ketika ia ada dihadapanku
mengobral angan-angan
yang berbuih-buih
tanpa menghiraukan tangisan kalbu ini
yang penuh berbagi
semuanya beringin
di dalam menjerit sekuat-kuatnya
agar dunia mau mengerti
tapi tak mau mengerti
            Ia berujar:
            Engkau bisa membawa Lautan Atlantik !
             Engkau bisa membawa segunung emas !
             Engkau bisa meraih matahari !
             Engkau bisa mendapatkan gedung bintang sembilan !
             Engkau bisa ke bulan !
Biar berat,  
dengan enteng kubilang saja:
 entahlah!....
            entahlah! ...
                        entahlah ...,  dunia!
Amin......!




           Lantaklah!
Sudah capek bibir ini mengajar
Beribu kali kuhadiskan kepadanya
Beribu kali ia pentalkan
Sepertinya ia sudah kebal
Bagaimana lagi menjerat akunya
yang sudah membatu
kalimat-kalimat sudah bersyair:
namun jadilah ia embun 
tapi ia beri bara
kupingnya telah terkunci
tak mau pil kata-kataku
jadilah, muak
kutelan sendiri
Akhirnya,
kukatakan padanya:
Lantaklah ... engkau!!!










Enyahlah!
Enyahlah !
Segala itu enyah
yang tak berenyah
Kumohon
Jangan singgah  
Usah usik
Pupuskan yang lalu
Kutak mau lagi
Kau campuri
Lembaran-lambaran
hari-hariku,
enyahlah:
kataku
?











Mengapa Menulis

Naluriku sedang berkecambuk seperti
dunia ini
Lalu,
Kupinta bahteraku mengubah dunia,
kupinta orang-orang mengubah dunia,
kupinta pembesar negeri ini mengubah dunia,
tapi apa: semuanya omong kosong
Aku pun berkaca pada dunia
tak ada guna bicara seribu kata
karena semua pada tutup telinga
karena berlapisnya kuasa biokrat
Kuperalih menjadi arsitek kata-kata
menjadi kalimat dalil-dalil
Ternyata aku bisa merangkul dunia dalam kata-kata
Kata-kata menuliskan dunia
mempersepsikan warna alam pikiran 
Kita









Negeri Seribu Kontroversi
Negeri ini lucu,
katanya negeri hukum nyatanya keadilan seperti di pasar-pasar
Lihatlah, rakyat melata divonis lantaran garis telah berpihak
hanya sepotong ubi penganjal perut
Sedangkan yang berkuku mengisi perut bank-bank bermilyaran
Mereka santai berlengang atas keringatnya rakyat
Negeri ini aneh,
katanya negeri surga nyatanya kok masih dijajah batinnya
Semuanya serba luar katanya menjual kualitas
lagi-lagi rakyat menjadi imbas keserakahan
Semua berlindung atas nama Undang-Undang
dan dijungkirbalikkan atas nama Undang-Undang
Berpolitik sudah menjadi barang dagangan saja di negeri ini.
Oh, negeriku berhentikan berkontroversi.
Kurindu padamu.
Misdianto, lahir di Pekanbaru tanggal 4 Maret 1973. Memiliki nama pena Rikar Rikardo. Adalah alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru (1993) dan memperoleh gelar sarjana dari FKIP Universitas Riau (1998). Sekarang Beliau bekerja sebagai guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri Plus Provinsi Riau dan kini Beliau tercatat melanjutkan studi sebagai mahasiswa Pascasarjana jurusan Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang. Beberapa karya tulis Beliau berupa artikel, puisi, dan pantun pernah di terbitkan di Harian Riau Pos dan Koran Riau. Beliau getol belajar dan mencintai mayapada tulis-menulis sebagai bagian dalam hidup.  

Kamis, 18 Juli 2013

ASAS-ASAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA



MISDIANTO
NIM 1209077

   Pertanyaan 1 :
      Dalam pembelajaran bahasa Indonesia baik untuk keperluan sekolah dasar dan menengah maupun sebagai mata kuliah umum di perguruan tinggi, orientasinya adalah keterampilan berbahasa. Namun, aspek kebahasaan  seperti struktur bahasa, kosa kata, ejaan, dan tanda baca tidak dapat diabaikan begitu saja. Ketiga hal itu, terutama untuk keterampilan menulis, sangat menentukan kualitas tulisan. Lalu, bagaimana mengintegrasikan ketiganya ke dalam pembelajaran  keterampilan berbahasa?
   Jawaban  :
Cara mengintegrasikan aspek kebahasaan (seperti struktur bahasa, kosa kata, ejaan, dan tanda baca) yaitu melalui pendekatan-pendekatan dalam menyelenggarakan tes bahasa, yang dikelompokkan dalam bentuk sebagai berikut.
1.      Pendekatan Tradisional.
2.      Pendekatan Diskret.
3.      Pendekatan Integratif.
4.      Pendekatan Pragmatik.
5.      Pendekatan Komunikatif.

1.      Pendekatan tradisional
Pendekatan tradisional dalam tes bahasa dikaitkan dengan pembelajaran bahasa tradisional. Pendekatan ini dirancang hanya untuk memenuhi kebutuhan akan keperluan sesaat. Dengan kata lain, tes bahasa dilakukan terbatas pada kebutuhan untuk mengetahui tingkat kemampuan tertentu seperti menulis dengan bahan ajar yang menitikberatkan pada tata bahasa.
2.      Pendekatan diskret
      Pendekatan diskret dalam tes bahasa didasarkan atas paham linguistik struktural yang menganggap bahasa sebagai sesuatu yang terdiri dari bagian-bagian yang tertata menurut struktur tertentu. Dalam penggunaan tes pendekatan diskret, tes ditujukan untuk mengukur hanya satu unsur dari komponen bahasa. Tes pendekatan diskret diterapkan atas dasar pemahaman konvensional terhadap bahasa yang terdiri dari empat kemampuan bahasa dan empat komponen bahasa sebagai berikut.


            Tabel Komponen Bahasa dan Kemampuan Bahasa Berdasarkan Pendekatan Diskret
Komponen Bahasa
Kemampuan Bahasa
    Menyimak
    Berbicara
   Membaca
   Menulis
Bunyi Bahasa
Struktur Bahasa
Kosakata
Kelancaran Berbahasa
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
-
+
+
+

3.      Pendekatan integratif
      Pendekatan integratif yang diterapkan pada tes integratif juga berdasarkan pada paham linguistik struktural dengan rincian bahasa ke dalam kemampuan dan komponen bahasa dan unsur-unsurnya yang dapat dipisah. Meskipun demikian pendekatan tes integratif tidak selalu tampil secara terpisah-pisah dapat juga dalam gabungan (integrasi) antara satu unsur dengan satu atau lebih unsur bahasa lainnya. Dengan kata lain, tes integratif mengukur tingkat penguasaan terhadap gabungan dari dua atau lebih unsur bahasa.
4.      Pendekatan pragmatik
      Pendekatan pragmatik pada tes pragmatik berkaitan dengan kemampuan untuk memahami suatu teks atau wacana. Pemahaman tidak terbatas pada bentuk dan struktur kalimat, frasa, dan kata dan unsur yang digunakan dalam teks atau wacana. Pemahaman lebih jauh diperoleh melalui konteks ekstra linguistik, yaitu aspek pemahaman bahasa di luar apa yang diungkapkan melalui bahasa dan meliputi segala sesuatu dalam bentuk kejadian, pikiran, perasaan, persepsi, ingatan dan lain-lain. Penerapan tes pragmatik yang paling sering dikaitkan dengan tes cloze, di samping dikte.
5.      Pendekatan komunikatif
      Munculnya pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa bermula dari adanya perubahan-perubahan dalam tradisi pembelajaran bahasa di Inggris pada tahun 1960-an menggunakan pendekatan situasional (Tarigan, 1989: 270). Dalam pembelajaran bahasa secara situasional, bahasa diajarkan dengan cara mempraktikkan/melatihkan struktur-struktur dasar dalam berbagai kegiatan berdasarkan situasi yang bermakna. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, seperti halnya teori linguistik yang mendasari audiolingualisme ditolak di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1960-an dan para pakar linguistik terapan Inggris pun mulai mempermasalahkan asumsi-asumsi yang mendasari pengajaran bahasa situasional. Menurut mereka, tidak ada harapan/masa depan untuk meneruskan mengajar gagasan yang tidak masuk akal terhadap peramalan bahasa berdasarkan peristiwa-peristiwa situasional. Howatt (Tarigan, 1989: 270) mengemukakan apa yang dibutuhkan adalah suatu studi yang lebih cermat mengenai bahasa itu sendiri dan kembali kepada konsep tradisional bahwa ucapan-ucapan mengandung makna dalam dirinya dan mengekspresikan makna serta maksud-maksud pembicara dan penulis yang menciptakannya.
            Ida Bagus Putrayasa (2007) menambahkan mengenai teori dasar pendekatan komunikatif ini adalah bahasa merupakan alat komunikasi sosial. Artinya sebagai berikut.
a.       Bahasa itu bagi orang per orang adalah alat untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, maksud, dan sebagainya kepada orang lain. Apa yang ada pada dirinya (misalnya informasi) disampaikan  kepada orang lain agar orang lain pun memilikinya. Alat yang dipakai untuk  menyampaikan itu adalah Bahasa.
b.       Bahasa adalah salah satu alat yang dipakai orang untuk berkomunikasi. Alat yang lain masih banyak, misalnya: kentongan, gerak anggota tubuh, siulan, dan sebagainya.
            Ida Bagus Putrayasa (2007) juga mengemukakan implikasinya dalam kelas yakni sebagai berikut.
a.       Harus ada interaksi verbal, baik antara guru dan siswa maupun siswa dan siswa.    
b.      Guru tidak usah terlalu banyak berbicara, menjelaskan, atau menggurui, tetapi menciptakan suasana yang baik agar siswa senang belajar dan senang berbicara.
c.       Guru mendorong pengembangan kemampuan berkomunikasi siswanya. Lebih baik murid berani berbicara dan mengemukakan pandapat meskipun dengan bahasa yang kurang baik dan kurang benar daripada diam karena takut salah. 
d.      Hilangkan  hambatan  psikologis  seperti takut salah, sungkan, malu, dan sebagainya.
e.         Beri tugas: masalah dan memecahkan masalah.
Contoh: Berilah pelajaran yang bersifat bermain-main, kuis, teka-teki (seperti yang sering kita tonton di televisi).
f.        Upayakan agar siswa mau berbicara dan menggunakan bahasa, apapun wujudnya. Bahasa Indonesia bercampur bahasa Minang/ bahasa daerah pun tidak apa-apa.
g.      Suruh siswa mengajukan pertanyaan secara lisan. Bagi siswa menjadi dua    kelompok besar (deretan bangku): kelompok 1 bertanya, kelompok 2 menjawab, begitu bergantian.
h.         Kembangkan imajinasi anak dengan bahasa, seperti:
Andaikata saya menjadi ….
Buat rangkaian cerita dari kata jarum sampai doa.
Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk membuat kompetensi komunikatif sebagai tujuan pembelajaran bahasa, juga mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran 4 keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis), mengakui dan menghargai saling ketergantungan bahasa.   Ciri utama pendekatan komunikatif  adalah adanya 2 kegiatan yang saling berkaitan erat, yakni adanya kegiatan-kegiatan komunikatif fungsional (functional communication activies) dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya interaksi sosial (social interaction activies). Kegiatan komunikatif fungsional terdiri atas 4 hal, yakni:
a.       Mengolah infomasi.
b.      Berbagi dan mengolah informasi.
c.       Berbagi informasi dengan kerja sama terbatas.
d.      Berbagi informasi dengan kerja sama tak terbatas.
Kegiatan interaksi sosial terdiri atas 6 hal, yakni:
a.       Improvisasi  lakon-lakon pendek yang lucu.
b.      Aneka simulasi.
c.       Dialog dan bermain peran.
d.      Sidang-sidang konversasi.
e.       Diskusi.
f.       Berdebat.
            David Nunan (Solchan T.W., dkk. 2001: 66) berpendapat ada delapan aspek yang berkaitan erat dengan pendekatan komunikatif yaitu:
a.       Teori Bahasa Pendekatan Komunikatif berdasarkan teori bahasa menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah suatu sistem untuk mengekspresikan makna, yang menekankan pada dimensi semantik dan komunikatif daripada ciri-ciri gramatikal bahasa. Oleh karena itu, yang perlu ditonjolkan adalah interaksi dan komunikasi bahasa, bukan pengetahuan tentang bahasa.
b.       Teori belajar yang cocok untuk pendekatan ini adalah teori pemerolehan bahasa kedua secara alamiah.
c.       Tujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi (kompetensi dan performansi komunikatif).
d.      Silabus harus disusun searah dengan tujuan pembelajaran dan tujuan yang dirumuskan dan materi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa.
e.       Tipe kegiatan tukar menukar informasi, negosiasi makna atau kegiatan lain yang bersifat riil.
f.       Peran guru fasilitator proses komunikasi, partisipan tugas dan tes, penganalisis kebutuhan, konselor, dan manajer proses belajar.
g.      Peran siswa pemberi dan penerima, sehingga siswa tidak hanya menguasai bentuk bahasa, tapi juga bentuk dan maknanya.
h.      Peranan materi pendukung usaha meningkatkan kemahiran berbahasa dalam tindak komunikasi nyata.  Prosedur-prosedur pembelajaran berdasarkan pendekatan komunikatif lebih bersifat evolusioner daripada revolusioner. Adapun garis kegiatan pembelajaran yang ditawarkan mereka adalah:  penyajian dialog singkat, pelatihan lisan dialog yang disajikan, penyajian tanya jawab, penelaah dan pengkajian, penarikan simpulan, aktivitas interpretatif, aktivitas produksi lisan, pemberian tugas, dan pelaksanaan evaluasi.

            Pendekatan komunikatif dikaitkan dengan tes bahasa tentang konteks ekstra linguistik seperti pendekatan pragmatik, namun cakupan yang lebih lengkap dan lebih luas karena bertitik tolak dari komunikasi sebagai fungsi utama dalam penggunaan bahasa. Peranan dan pengaruh unsur-unsur nonkebahasaan yang lebih ditekankan pendekatan ini. Kemampuan komunikasi berkaitan dengan penguasaan terhadap tiga komponen utama, yaitu: (1)  kemampuan bahasa (language competence) meliputi struktur, kosakata, dan makna, (2) kemampuan strategis (strategic competence) yaitu kemampuan untuk menerapkan dan memanfaatkan komponen-komponen kemampuan bahasa dalam berkomunikasi lewat bahasa, (3) mekanisme psikofisiologis, yaitu proses psikis dan neurologis yang digunakan dalam berkomunikasi lewat bahasa. Secara singkat kemampuan komunikatif sebagai kemampuan yang digunakan untuk menggunakan bahasa sesuai dengan situasi nyata, baik secara reseptif maupun secara produktif (ability to use language appropriately, both receptively and productively, in real situations).
   Pertanyaan 2 :
Pembelajaran keterampilan mendengarkan sering terabaikan di samping pembelajaran keterampilan berbahasa lainnya. Pembelajaran keterampilan  mendengarkan, kalaupun dilaksanakan, tidak lebih dari sekadar ujian mendengarkan. Menurut Anda, bagaimana teknik keterampilan mendengarkan yang mengandung upaya PENINGKATAN keterampilan mendengarkan? Beri contoh penjelasan Anda.
   Jawaban  :
     Menurut Tarigan (dalam Djuanda, 2008)
     Upaya Peningkatkan Kemampuan Pembelajaran Menyimak/ Mendengarkan yang Efektif (terdapat tujuh teknik) yaitu:
1.        Simak – Ulang Ucap
Teknik ini siswa harus menyimak apa yang diucapkan guru, setelah itu siswa harus mengucap ulang apa yang disimaknya. Model ucapan yang akan diperdengarkan harus diperdengarkan secara cermat oleh guru. Isi model ucapan dapat berupa fonem, kata, kalimat, ungkapan, kata-kata mutiara, peribahasa, dan puisi-puisi pendek. Model itu dapat diucapkan langsung atau direkam.
2.        Simak – Tulis (Dikte)
Simak – Tulis mirip dengan Simak – Ulang Ucap. Siswa menyimak apa yang dikatakan guru atau dari rekaman, kemudian siswa harus menuliskannya.
3.        Simak – Kerjakan
Teknik ini, mula-mula siswa menyimak apa yang diperdengarkan guru, kemudian siswa harus mengerjakan apa yang diperintahkan atau dikatakan dalam kegiatan menyimak tadi. Model biasanya berupa kalimat-kalimat perintah.
4.        Simak – Terka
Guru menyusun deskripsi suatu benda atau mainan yang siswa yang paling disukainya atau gambar foto tanpa menyebutkan bendanya. Deskripsi diperdengarkan kepada siswa. Siswa menyimak teks deskripsi dan harus menerkanya.
5.        Memperluas Kalimat
Guru menyebutkan sebuah kalimat. Siswa mengucapkan kembali kalimat tersebut. Kembali guru mengucapkan kalimat tadi. Kemudian guru mengucapkan kata atau kelompok kata lain. Siswa melengkapi kalimat tadi dengan kelompok kata yang disebutkan terakhir oleh guru. Hasilnya kalimat yang diperluas.
6.        Menyelesaikan Cerita
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 3-4 orang. Guru memanggil anggota kelompok pertama maju ke depan kelas. Yang bersangkutan disuruh bercerita, judul bebas. Setelah siswa pertama selesai bercerita seperempatnya misalnya, siswa kedua anggota kelompok itu harus meneruskan cerita temannya yang pertama tadi, terus sampai anggota kelompok selesai kebagian giliran. Siswa yang belum ke depan harus menyimak dengan baik, sebab ada kemungkinan giliran jatuh kepada orang yang tidak menyimak. Siswa harus siap meneruskan cerita.
7.        Membuat Rangkuman
Siswa menyimak cerita atau teks nonsastra yang agak panjang. Setelah itu siswa diharuskan membuat rangkuman apa yang telah disimaknya tadi. Apa yang disimak harus dirangkum menjadi sesingkat mungkin, tapi yang singkat itu tetap menjelaskan yang panjang.
     Upaya Peningkatkan Kemampuan Pembelajaran Menyimak/ Mendengarkan Non  Sastra yang Efektif, yaitu:
a.         Dengan menjawab pertanyaan
Guru mempersiapkan bahan simakan. Isi bahan simakan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa. Kemudian siswa menjawab pertanyaan dari guru mengenai bahan simakan.
b.        Dengan permainan seperti tebak-tebakan
Guru memberikan gambaran dari bahan yang akan dijadikan simakan siswa. Guru memberikan kata kunci mengenai bahan simakan. Setelah itu siswa menebak apa yang dimaksudkan oleh guru.
Menurut Djuanda (2008) ada beberapa macam permainan yang dapat digunakan untuk pembelajaran menyimak. Beberapa contoh di antaranya sebagai berikut.
1.         Bisik Berantai.
Permainan ini dilakukan dengan cara, setiap siswa harus membisikkan suatu kata (untuk kelas rendah) atau kalimat atau cerita (untuk kelas tinggi) kepada pemain berikutnya. Terus berurut sampai pemain terakhir. Pemain yang terakhir harus mengatakan isi kata atau kalimat atau cerita yang dibisikkan. Betul atau salah? Bila salah, di mana atau siapa yang melakukan kesalahan. Permainan ini dapat dilombakan dengan cara berkelompok.
2.         Kim Lihat (Lihat Katakan).
Sediakan beberapa benda, atau sayuran, atau buah-buahan dalam suatu kotak tertutup. Siswa berkelompok. Seorang siswa anggota kelompok harus melihat satu benda yang ada di dalam kotak. Setelah dilihat jelas, siswa tersebut harus menjelaskan sejelas-jelasnya kepada kelompoknya baik cirri-cirinya, rasanya, warnanya atau apa saja yang dapat dilihatnya. Anggota kelompok yang lain harus mengambil benda yang dijelaskan oleh siswa yang melihat tadi. Kelompok yang paling banyak mengambil benda dalam kotak, itulah yang menang.
3.         Cerita berantai.
Permainan ini dilakukan berkelompok dua orang. Setiap kelompok harus melanjutkan cerita yang diucapkan kelompok lain. Cerita mulai dari guru. Anggota kelompok yang satu sebagai pembicara melanjutkan cerita, yang seorang lagi mencatat kalimat yang diucapkan setiap kelompok dan membacakannya setelah cerita selesai.
4.         Siap Laksanakan Perintah.
Permainan ini bermain melalui lagu. Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok harus mengganti lirik lagu “Suka Hati” dengan perintah yang harus dikerjakan oleh kelompok lain.
    Pertanyaan 3:
Apa  saja yang Anda ketahui tentang perancah (scaffolding) dalam konteks pembelajaran? Apa contoh dan bagaimana penerapannya? Kaitkan penjelasan Anda dengan ZPD (Zone proximal development) dari Lev Vygotsky.
   Jawaban  :
* Pengertian istilah scaffolding berasal dari istilah ilmu teknik sipil yaitu berupa bangunan kerangka sementara atau penyangga (biasanya terbuat dari bambu, kayu, atau batang besi) yang memudahkan pekerja membangun gedung. Metapora ini harus secara jelas dipahami agar kebermaknaan pembelajaran dapat tercapai. Sebagian pakar pendidikan mendefinisikan scaffolding berupa bimbingan yang diberikan oleh seorang pembelajar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran dengan persoalan-persoalan terfokus dan interaksi yang bersifat positif. Scaffolding diartikan ke dalam bahasa Indonesia “perancah”, yaitu bambu (balok dsb) yang dipasang untuk tumpuan ketika hendak mendirikan rumah, membuat tembok, dan sebagainya (Poerwadarminta, 1983; 735).
 - Scaffolding adalah bantuan (parameter, aturan atau saran)pembelajaran memberikan peserta didik dalam situasi belajar.
- Scaffolding memungkinkan peserta didik untuk mendapat bantuan melalui        keterampilan baru atau di luar kemampuannya.
*  Contoh Penerapan Scaffolding dalam Konteks Pembelajaran
    Yaitu berupa keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, strategi pembelajaran, keragaman model pembelajaran, bimbingan pengalaman dari pembelajar, fasilitas belajar, dan iklim belajar peserta didik dari orang tua di rumah dan pembelajar di sekolah. Dukungan belajar yang dimaksud di sini adalah dukungan yang bersifat konkrit dan abstrak sehingga tercipta kebermaknaan proses belajar peserta didik.
*  Penerapan Scaffolding dalam kontaks pembelajaran, persyaratannya:
1.    Pengetahuan dibangun oleh peserta didik sendiri.
2.    Pengetahuan tidak dapat dipindahkan dari pembelajar ke peserta didik, kecuali hanya.
3.    Dengan keaktifan peserta didik sendiri untuk menalar.
4.    Peserta didik aktif megkontruksi secara terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep ilmiah.
5.    Pembelajar sekedar memberi bantuan dan menyediakan saran serta situasi agar proses kontruksi belajar lancar.
6.    Menghadapi masalah yang relevan dengan peserta didik.
7.    Struktur pembelajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pertanyaan.
8.     Mencari dan menilai pendapat peserta didik.
9.     Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan peserta didik.
*  Kaitan Penerapan Scaffolding dengan ZPD (Zone of Proximal Development)   dalam Kontaks Pembelajaran yaitu:
    ZPD merupakan singkatan dari Zona Perkembangan Proksimal, dimana serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai sendiri oleh anak akan tetapi dapat dipelajari oleh bantuan atau bimbingan orang dewasa atau anak yang sudah terlatih. Contohnya saja apabila kita pergi ke mal dan berbelanja di Hipermart bersama ponakan yang umurnya 3 tahun, karena seringnya anak itu diajak berbelanja ke Hipermart, maka anak itu akan mengerti kalau berbelanja di Hipermart itu mengambil keranjang dan mengambil barang sesuka kita. Tapi hanya sebatas itu saja, anak itu belum tahu kalau barang yang diambil itu harus dibayar dikasir. Maka kita sebagai orang dewasa harus membimbing kepada anak agar barang yang sudah diambil itu harus dibawa dan dibayar dikasir.
     Bahwa ZPD itu, ternyata ada batas atas dan batas bawah. Batas bawah ZPD merupakan tingkat keahlian yang dimiliki anak yang bekerja secara mandiri. Contohnya saja anak mengetahui warna kuning karena ibunya sering menyuruh untuk mengambil selimut kesayangan anak itu yang bewarna kuning, sehingga anak itu mengetahui kalau selimutnya berwarna kuning.
     Kalau batas atas ZPD merupakan tingkat keahlian yang dimiliki anak dengan bantuan orang dewasa atau orang yang ahli. Contohnya saja anak itu mengetahui kalau selimutnya bewarna kuning akan tetapi apabila ada beberapa kertas yang bewarna kuning dan merah maka anak itu akan kesulitan untuk mengklasifikasikan warna tersebut, sehingga harus diberi pengarahan oleh orang dewasa untuk mengklasifikasikannya.
     Konsep scaffolding merupakan perubahan tingkat dukungan dimana setelah kompetisi anak meningkat maka tingkat dukungan kita sebagai pendamping dikurangi atau dihilangkan secara perlahan. Contohnya saja anak yang mulai bisa berdiri maka kita sebagai pendamping anak bertugas memberikan bantuan dengan memegang kedua tangan. Setelah anak itu sudah mulai bisa melangkah maka tingkat dukungan kita dikurangi hanya menggunakan satu tangan dan apabila anak itu sudah mulai bisa berjalan maka kita hanya memberi dukungan semangat dan tidak lagi memberi bantuan memegang atau menggendong lagi.
            Jadi, kesimpulannya bahwa kaitan penerapan Scaffolding dengan ZPD dalam kontaks pembelajaran yaitu adanya pembelajaran yang menyenangkan namun tidak identik dengan pembelajaran yang gaduh, berisik, dan tidak terkendali. Pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik secara sukarela, tanpa ada unsur paksaan dari luar, peserta didik melakukan aktifitasnya dengan hati yang senang dan tidak terkekan.
     Hal itu akan terjadi apabila situasi pembelajaran terbuka, demokratis, dan menantang. Para peserta didik memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai aktifitas tanpa harus takut salah dan dimarahi oleh siapapun. Pembelajaran yang menyenangkan, peserta didik akan dapat mencurahkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (time on task) tinggi dan pembelajar berperan sebagai scaffolding/ memberi dukungan strategi.
     Melalui usaha tersebut peserta didik sebagai pusat pembelajaran akan ditandai oleh adanya aktif, berpartisipasi, bekerja, berinteraksi, menemukan dan memecahkan masalah. Dalam kegiatan pembelajaran komunikasi sering terjadi hanya satu arah, yaitu dari pembelajar kepada peserta didik, sehingga peserta didik lebih banyak pasif dan kemampuan aktual peserta didik dalam ZPD (Zone of Proximal Development) diabaikan.
   Pertanyaan 4 :
Kemampuan mengelola kelas sangat penting bagi seorang pendidik. Kelas yang tidak dikelola dengan baik menguragi kualitas belajar peserta didik.  Lalu apa saja aspek pengelolaan kelas yang sangat penting dikuasai  seorang pendidik     
   Jawaban  :
Aspek-aspek Pengelolaan Manajemen Kelas
Menurut Oemar Mark ada 7 aspek yang melalui fungsi berbeda dalam proses belajar mengajar, tetapi merupakan satu kesatuan bulat, yaitu:
1.      Aspek tujuan instruksional
2.      Aspek materi pelajaran
3.      Aspek metode dan strategi pembelajaran
4.      Aspek ketenagaan
5.      Aspek media instruksional
6.      Aspek penilaian
7.      Aspek penunjang fasilitas.
Menurut Lois V. Johnson dan May any mengemukakan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas:
1.      Sifat-sifat kelas
2.      Kekuatan pendorong kekuatan kelas
3.      Memahami situasi kelas
4.      Mendiagnosis situasi kelas
5.      Bertindak selektif
6.      Bertindak kreatif
7.      Untuk memperbaiki kondisi kelas
   Pertanyaan 5 :
Ada bermacam  macam metode inovatif dalam pembelajaran bahasa, antara lain: Audilongualism, Direct Method, Sugestopedia, Silent Way, Community Language Learning, Natural Method, dan banyak lagi yang lain. Dari contoh-conroh itu, pilihlah tiga diantaranya dan jelaskan (1) konsep dasarnya, (2) peranan pendidik dan peserta didik, (3) pengembangan materinya, dan (4) langkah-langkah kegiatannya.           
   Jawaban  :
Metode Inovatif Pembelajaran Bahasa
1)      Metode alamiah (natural method).
a.       Konsepnya:
Metode ini merupakan metode fonetik. Disebut alamiah karena belajar bahasa asing disamakan seperti belajar bahasa ibu. Belajar bahasa ibu biasanya berdasarkan perilaku atau kebiasaan sehari-hari yang berlangsung secara alamiah. Karena itu metode alamiah kadang-kadang disebut dengan metode kebiasaan.  Di dalam belajar bahasa ibu, seorang anak mulai menyerap bahasa dengan menyimak dan meniru bahasa yang digunakan oleh orang dewasa, lalu ia mengucapkan apa yang ia simak secara berulang-ulang. Dengan kata lain, menekankan pada pelajaran langsung dalam bahasa asing tanpa diterjemahkan sedikitpun, kecuali dalam hal-hal tertentu di mana kamus dan bahasa anak didik dapat digunakan.
b.      Peranan pendidik dan Peserta Didik
Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode ini guru memainkan tiga peran utama, sebagai berikut :
1.      Guru sebagai sumber utama penyedia comprehensible input dalam bahasa sasaran. Guru diharuskan bisa menyediakan waktu yang banyak untuk memberikan input bahasa dengan berbagai macam bantuan seperti isyarat-isyarat sehingga anak bisa menafsirkan input yang diberikan.
2.      Guru berperan sebagai pencipta suasana kelompok  yang menarik dan santai serta ramah sehingga akan meminimalkan terjadinya affective filter dalam belajar. Untuk meminimalkan terjadinya affective filter ini, guru tidak memaksa anak untuk berbicara di dalam kelompok  sebelum mereka siap untuk berbicara;guru tidak mengoreksi kesalahan yang dibuat anak; dan guru memberikan bahan pelajaran yang sesuai dengan minat anak.
3.      Guru berperan sebagai penanggung jawab dan pemilih, mengumpulkan dan merancang materi pelajaran dan kegiatan kelompok  yang beraneka ragam untuk digunakan dalam kelompok Dalam memilih bahan pelajaran tidak hanya dipilih berdasarkan persepsi guru semata akan tetapi juga harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan anak, disamping guru juga harus memilih situasi atau kegiatan yang tepat untuk penyajian materi tertentu.
Sedangkan, peran anak dalam pembelajaran dengan metode natural menurut Bambang Setiadi,dkk (2004; 4.7) dapat dilihat dari tahap – tahap sebagai berikut:
1.      Tahap pre-production, anak berpartisipasi dalam kegiatan kelompok  tanpa harus memberikan respon atau berbicara selain bahasa asing yang dipelajari. Kegiatan seperti ini misalnya dengan cara memperagakan atau menunjukkan perintah, ungkapan atau gambar-gambar yang diceritakan guru.
2.      Tahap early-production, anak diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan– pertanyaan sederhana yang diajukan oleh guru. Jawaban anak terdiri dari satu kata atau satu frase pendek.
3.      Tahap speech-emergent, anak sudah terlibat dalam kegiatan bermain peran dan permainan.
c.       Pengembangan Materinya
-          Pada tingkat lanjutan metode ini sangat efektif, karena setiap individu siswa dibawa kedalam suasana lingkungan sesungguhnya untuk aktif mendengarkan dan menggunakan percakapan dalam bahasa asing.
-          Pengajaran membaca dan bercakap-cakap dalm bahasa asing sangat diutamakan, sedangkan pelajaran gramatikal diajarkan sewaktu- waktu saja.
-          Pengajaran menjadi brmakna dan mudah diserap siswa, karena setiap kata dan kalimat yang diajarkan memiliki konteks (hubungan) dengan dunia (kehidupan sehari- hari) siswa/ anak didik.
d.   Langkah-langkah kegiatannya:
1)      Mendasarkan teori kepada kebiasaan anak-anak dalam mempelajari bahasa ibunya
2)      Langkah pertama adalah bunyi (tanpa buku) dilanjutkan kemudian oleh pengenalan kata dan kalimat secara lisan yang dilengkapi oleh pengenalan benda dan gambar.
3)      Kata dan istilah baru diajarkan melalui kata-kata yang telah dikenal sebelumnya.
4)        Gramatika digunakan untuk membetulkan kesalahan-kesalahan.
5)      Penggunaan kamus untuk membantu mengingat kata-kata yang sudah dilupakan. Karena seorang anak belajar berbahasa ibu dengan pengulangan yang tidak selalu mendengar bunyi kata dan kalimat dari orang yang sama, metode ini menganjurkan untuk menggunakan pengajar secara bergantian.
2)      Metode The Direct Method
a.       Konsep The Direct Method:
            Metode ini berpijak dari pemahaman bahwa pengajaran bahasa asing tidak sama halnya dengan mengajar ilmu pasti alam. Jika mengajar ilmu pasti, siswa dituntut agar dapat menghafal rumus-rumus tertentu, berpikir, dan mengingat, maka dalam pengajaran bahasa, siswa/anak didik dilatih praktek langsunng mengucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat tertentu. Sekalipun kata-kata atau kalimat tersebut mula-mula masih asing dan tidak dipahami anak didik, namun sedikit demi sedikit kata-kata dan kalimat itu akan dapat diucapkan dan dapat pula mengartikannya.
            Demikian halnya kalau kita perhatikan seorang ibu mengajarkan basah kepada anak-anaknya langsung dengan mengajarinya, menuntunnya mengucapkan kata per kata, kalimat per kalimat dan anaknya menurutinya meskipun masih terihat lucu. Misalnya ibunya mengajar “Ayah” maka anak tersebut menyebut “Aah” dan seterusnya. Namun lama kelamaan si anak mengenali kata-kata itu dan akhirnya ia mengerti pula maksudnya.
b.      Peranan Pendidik dan Peserta Didik pada The Direct Method
Pada prinsipnya metode langsung (direct method) ini sangat utama dalam mengajar bahasa asing, karena melalui metode ini siswa dapat langsung melatih kemahiran lidah tanpa menggunakan bahasa ibu (bahasa lingkungannya). Meskipun pada mulanya terlihat sulit anak didik untuk menirukannya, tapi adalah menarik bagi anak didik.
c.       Pengembangan Materi The Direct Method
Metode langsung (direct) dilihat dari segi efektivitasnya memiliki keunggulan antara lain :
1.   Siswa termotivasi untuk dapat menyebutkan dan mengerti kata-kata kalimat dalam bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya, apalagi guru menggunakan alat peraga dan macam-macam media yang menyenangkan
2.   Karena metode ini biasanya guru mula-mula mengajarkan kata-kata dan kalimat-kalimat sederhana yang dapat dimengerti dan diketahui oleh siswa dalam bahasa sehari-hari misalnya (pena, pensil, bangku, meja, dan lain-lain), maka siswa dapat dengan mudah menangkap simbol-simbol bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya.
3.   Metode ini relatif banyak menggunakan berbagai macam alat peraga : apakah video, film, radio kaset, tape recorder, dan berbagaimedia/alat peraga yang dibuat sendiri, maka metode ini menarik minat siswa, karena sudah merasa senang/tertarik, maka pelajaran terasa tidak sulit
4.         Siswa memperoleh pengalaman langsung danpraktis, sekalipun mula-mula kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
5.         Alat ucap / lidah siswa/anak didik menjadi terlatih dan jika menerima ucapan-ucapan yang semula sering terdengar dan terucapkan.
d.   Langkah-langkah kegiatannya:
                  3.    Metode The Audiolingual Method (ALM)
a.       Konsep The Audiolingual Method (ALM):
      Metode ini didasarkan pada prinsip-prinsip perilaku psikologi.  Metode ini banyak diadaptasi dari prosedur “Direct Method” sebagai reaksi terhadap kurangnya keterampilan berbahasa. Materi baru disajikan dalam bentuk dialog. Berdasarkan prinsip bahwa pembelajaran bahasa adalah suatu bentuk kebiasaan dan peniruan.
      Alur pembelajaran dengan “Metode Audiolingual,” secara bertahap  menggunakan pola latihan berulang atau “repetitif drills,” sedikit penjelasan tentang tatabahasa (tata bahasa diajarkan secara induktif).
      Urutan keterampilan berbahasa yang diajarkan adalah mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Kosakata sederhana dipelajari dalam suatu konteks. Poin pengajaran ditentukan oleh adanya analisis antara B1 dan B2. Terdapat banyak penggunaan laboratorium bahasa, kaset dan alat. Ada perpanjangan periode pra-membaca di awal pelatihan. Sangat mementingkan pronounsiasi. Penggunaan bahasa ibu oleh pengajar diperbolehkan agar memudahkan pembelajar. Ketepatan tanggapan pembelajar sangat diperhatikan untuk menghindari kesalahan. Ada kecenderungan untuk terlalu berfokus pada bahasa target dengan mengabaikan isi dan makna kebahasaan.
b.      Langkah-langkah kegiatan The Audiolingual Method (ALM):
Prosedur Pembelajaran Menggunakan ALM:
-          Kegiatan Guru
1.  Menjadi model pada semua tahapan  pembelajaran.
2. Menggunakan bahasa target sebanyak mungkin dan bahasa ibu sedikit mungkin.
3.  Melatih ketrampilan menyimak dan berbicara siswa tanpa didahului bahasa tulis.
4.  Mengajarkan struktur melalui latihan pola bunyi, urutan, bentuk-bentuk, dan bukan melalui penjelasan.
5.  Memberikan bentuk-bentuk tulis bahasa target setelah bunyi-bunyi benar-benar    dikuasai siswa.
6.  Meminimalkan pemberian kosakata kepada siswa sebelum semua struktur umum dikuasai.
7.   Mengajarkan kosakata dalam konteks.

-     Kegiatan Siswa
1. Mendengarkan sebuah percakapan sebagai model (guru atau kaset) yang berisi struktur kunci yang menjadi fokus pembelajaran, mereka mengulangi setiap baris percakapan tersebut secara individu maupun bersama-sama, menghafalkannya dan  siswa tidak melihat buku.
2. Mengganti dialog dengan setting tempat atau yang lainnya sesuai dengan selera siswa.
3. Berlatih struktur kunci dari percakapan secara bersama-sama dan kemudian secara individual.
4. Mengacu ke buku teks dan menindaklanjuti dengan kegiatan membaca, menulis atau kosakata yang berdasarkan percakapan yang ada, menulis dimulai dalam  bentuk  kegiatan menyalin.
4.   Metode Kooperatif
Metode kooperatif adalah metode yang menekankan belajar dalam kelompok heterogen saling membantu satu sama lain, bekerja sama menyelesaikan masalah, dan menyatu pendapat untuk memperoleh keberhasilan yang optimal baik kelompok maupun individual. Jadi metode pembelajaran koopertatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri.menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak) tiap anggota terdiri dari 4-5 orang. Langkah pembelajaran kooperatif sebagai berikut;
a) Menyampaiakan tujuan dan memotivasi siswa b) Menyampaikan informasi c) Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar d) Membimbing kelompok belajar dan bekerja e) Evaluasi f) Memberikan penghargaan Metode pembelajaran kooperatif mempunyai banyak tipe dan langkah-langkah yang berbeda, yang sengaja kami ambil hanya sebagian saja, diantaranya sebagai berikut.
1.Cooperatif Script
Kooperatif skrip merupakan metode pengajaran dimana siswa berpasang pasangan dan begantian secara lisan mengikhtidarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Langkah –langkah nya sebgai berikut.
a) Guru membagi siswa berpasang-pasangan
b) Guru memberikan wacana atau materi kepada setiap siswa untuk dibaca dan dibuat ringkasan.
c) Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan menjadi pembicara dan siapa yang menjadi pendengar.
d) Pembicara membacakan ringkasan dengan sebaik mungkin. e) Sementara pasangannya mendengar dan mengoreksi f) Bertukar peran, yang semula menjadi pendengar berganti menjadi pembicara g) membuat kesimpulan guru dan siswa secara bersama-sama.
5.      Jigsaw
 Jigsaw juga termsuk model pembelajaran secara kelompok akan tetapi disitu ada kelompok asal dan kelompok ahli. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
a)  Siswa dikelompokkan kedalam 4 tim
b)  Tiap orang dalam tim diberi materi yang berbeda
c)  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
d) Tiap tim yang telah mempelari materi yang telah berbeda bertemu  dengan dengan kelompok baru (kelompok ahli) yang sepadan materinya.
e) Setelah selesai diskusi sebagian tim (kelompok ahli), tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang materi yang mereka kuasai dan tiap anggota timnya   (kelompok asal) memperhatikan.
f)   Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.
g) Guru memberi evaluasi h) Penutup. 3. Diskusi Metode disajikan kepada siswa guna memecahkan permasalahan yang problematis, sehingga disitu siswa dapat berperan aktif secara menyeluruh. Didalam diskusi hendakalah guru mengelompokkan siswa yang tidak akrab dengan temannya, agar siswa tersebut terbiasa berhungan dengan orang asing.
      a. kelebihan metode diskusi
1.  mengembangkan sikap menghargai orang lain.
2. membina untuk terbiasa musyawaroh untuk mufakat dalam memecahkan masalah.
3.   memperluas wawasan
b. kekurangan metode diskusi
1. pimcaraan terkadang menyimpang,sehingga memerlukan waktu yang lama
2. tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar
3. suasana kelompok dikuasai oleh anak yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri.
 DAFTAR PUSTAKA
Djuanda, Dadan. (2008). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di SD. Bandung:       Pustaka Latifah
Mustakim, Zaenal. 2009. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIn            
         Press.
Tarigan, Henry Guntur. (1986). Menyimak. Bandung : Angkasa.
                 http://waajibaty.blogspot.com/2012/05/metode-alamiah-dan-metode-langsung.html
        960%27s%20Blog.htm
http://bebyqueen-rumahbelajardee.blogspot.com/2010/06/perkembangan-bahasa-pada-anak.html
http://khaerulhuda.wordpress.com/2012/02/18/manajemen-kelas/
           dan.html
http://rokimgd.wordpress.com/berhasil-menaa/macam-macam-metode-pengajaran/






Ujian Akhir Semester 1 Tahun 2013
Mata Kuliah Asas-Asas Pembelajaran Bahasa Indonesia


Dosen Penbina:   Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd







http://kepegawaian.unp.ac.id/admin/berita/logo-unp-300x300.jpg

Oleh MISDIANTO
NIM 1209077


Mahasiswa Program Pascasarjana
Universitas Negeri Padang (Kelas Kerjasama UR)
 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

2013