PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah : SMA
Negeri Plus Provinsi Riau
Kelas/ Semester :
X/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks anekdot
· Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.2
Membandingkan teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/ perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
· Langkah-langkah penulisan teks anekdot
(mengamati, menemukan topik, dan mengembangkan sesuai dengan struktur
isi dan ciri bahasa)
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.3 Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks anekdot
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.4
Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks anekdot
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.5 Mengevaluasi
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
Pemahaman isi teks
eksposisi
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.2
Membandingkan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
4..2
Memproduksi teks eksposisi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
· Langkah-langkah penulisan teks eksposisi
sesuai dengan struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.3 Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks
eksposisi
·
Analisis bahasa teks
eksposisi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
· Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.4
Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks eksposisi
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.5
Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.2 Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4..2 Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah
penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat,
penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.3 Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks laporan hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil
observasi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.4
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks laporan hasil observasi
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
|
4x45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Prosem
memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian
penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran
efektif yang ada pada prota.
Pekanbaru, 19 September 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
Drs.
H. BASRI, M.Pd MISDIANTO, S.Pd
Pembina
Tk.I
Penata Muda
Tk.I
NIP.19620528 198903 1 005 NIP
19730304 200801 1 017