Sabtu, 20 September 2014

Program Semester (Prota) bahasa Indonesia SMA Kelas x Kurikulum 2013



PROGRAM SEMESTER



 
Nama Sekolah     : SMA Negeri Plus Provinsi Riau
Kelas/ Semester   : X/ 1
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia


Kompetensi Inti  :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember

3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot  baik melalui lisan maupun tulisan

4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
·  Pengenalan struktur isi teks anekdot
·  Pengenalan ciri bahasa  teks anekdot
·  Pemahaman isi teks anekdot
·  Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
·  Pemahaman isi teks anekdot
4x45 menit


























































3.2   Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.2  Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
· Persamaan/ perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks anekdot
· Langkah-langkah penulisan teks anekdot  (mengamati, menemukan topik, dan mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
4x45 menit


























































3.3   Menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.3 
Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Analisis isi teks anekdot
·   Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·   Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
4x45 menit


























































3.4    Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4.4    Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
·  Identifikasi karakteristik teks anekdot
·  Langkah-langkah membuat abstraksi teks anekdot
4x45 menit


























































3.5  Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan

4.5    Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
·   Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·   Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
4x45 menit


























































3.1   
Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1    Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan

·  Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·  Pengenalan ciri bahasa  teks eksposisi
·  Pemahaman isi teks eksposisi
·  Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
Pemahaman isi teks eksposisi
4x45 menit


























































3.2    Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4..2   Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·  Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·  Langkah-langkah penulisan teks eksposisi  sesuai dengan struktur isi (menentukan judul,  menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
4x45 menit


























































3.3     Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3    Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Analisis isi teks eksposisi
·   Analisis bahasa teks eksposisi
·   Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·   Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
4x45 menit


























































3.4     Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.4    Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
·   Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·   Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
4x45 menit


























































3.5     Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5    Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi
·      Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·      Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
4x45 menit



























































3.1   
Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1    Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
·  Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·  Pengenalan ciri bahasa  teks laporan hasil observasi
·  Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
·  Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
4x45 menit


























































3.2    Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4..2   Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi
·      Langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat, penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
4x45 menit


























































3.3     Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3    Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Analisis isi teks laporan hasil observasi
·   Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·   Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
·   Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
4x45 menit


























































3.4    Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.4    Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
·  Karakteristik teks laporan hasil observasi
·  Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
4x45 menit


























































3.5    Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5    Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Evaluasi struktur isi dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
·   Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
·   Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
4x45 menit




























































































Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.



                                                                                                                                           Pekanbaru, 19 September 2014

                          Mengetahui:
Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,





                   Drs. H. BASRI, M.Pd                                                                                                         MISDIANTO, S.Pd
                         Pembina Tk.I                                                                                                                 Penata Muda Tk.I
             NIP.19620528 198903 1 005                                                                                           NIP 19730304 200801 1 017