Kamis, 29 Januari 2015
Jumat, 09 Januari 2015
ANALISIS JABATAN
FORMULIR INFORMASI JABATAN
1.
Nama Jabatan :
Guru Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia SMA Negeri
Plus
Provinsi
Riau
2.
Kode Jabatan :
3.
Unit Organisasi : SMA Negeri Plus
Provinsi Riau (Dinas Pendidikan Provinsi
Riau)
4. Eselon I :
5. Eselon II : - Badan Kepegawaian Daerah
- Bidang Administrasi Kepegawaian
6. Eselon
III : Kabid Dikmenti Dikbud Provinsi Riau
Eselon IV
: Kepala SMAN Plus Provinsi Riau
7.
Kedudukan Dalam Struktur
Organisasi :
(Tulis jabatan Saudara dengan diberi warna berbeda dan dilengkapi dengan 2 (dua) jabatan di atasnya dan serta jabatan-jabatan yang setara)
8.
Ikhtisar
Jabatan :
Mengajar, mendidik, membuat perencanaan pengajaran, melaksanakan pengajaran, melakukan penilaian, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, membuat administrasi berhubungan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, remedial, dan pengayaan untuk peserta didik, serta mengerjakan tugas lain yang diberikan atasan dan melakukan pengembangan profesi, sesuai bunyi tujuan pendidikan nasional.
Mengajar, mendidik, membuat perencanaan pengajaran, melaksanakan pengajaran, melakukan penilaian, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, membuat administrasi berhubungan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, remedial, dan pengayaan untuk peserta didik, serta mengerjakan tugas lain yang diberikan atasan dan melakukan pengembangan profesi, sesuai bunyi tujuan pendidikan nasional.
9.
Uraian
Tugas :
a.
Merencanakan pembelajaran/
program pengajaran (berpedoman kepada kurikulum yang berlaku sebagai pedoman
pelaksanaan)
Tahapan
:
1) Menghitung minggu
efektif
2) Membuat Program Tahunan (Prota)
3) Menyusun Program Semester (Prosem)
4) Menganalisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
5) Menetapkan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran
6) Mengembangkan silabus
7) Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
8) Mengembangkan
materi/ bahan ajar
9) Membuat media pembelajaran
10) Mempelajari dan memahami model pembelajaran
11) Merancang
program penilaian
12) Merancang
program remedial
13) Merancang
program pengayaan
14) Mengembangkan
pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur
b.
Mengajar Peserta
Didik
Tahapan
:
1)
Menyampaikan materi
pembelajaran dengan pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif,
Inisiatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
2)
Menerapkan teori
dan model pembelajaran
3)
Mengatur pengelolaan kelas, dengan tahapan
sebagai berikut.
a) Kegiatan awal (memotivasi peserta didik dan melakukan apersepsi)
b) Kegiatan inti (mengamati, menanya, menganalisis, mencoba,
dan mengomunikasikan)
c) Kegiatan penutup yaikni menyimpulkan hasil Proses Belajar Mengajar (PBM)
d)
Kegiatan post tes
e) Memberikan tugas pendalaman materi kepada peserta didik
bila diperlukan
4)
Membantu peserta
didik memahami materi pembelajaran
5)
Memeriksa tugas
mandiri dan tak terstruktur
6)
Menetapkan tata
tertib peserta didik
7)
Mengawasi perilaku
peserta didik
c.
Menilai Peserta
Didik
Tahapan
:
1)
Menyusun kisi-kisi soal
2)
Menyusun soal
ulangan/ semester
3)
Memeriksa hasil
ulangan/ semester
4)
Melakukan analisis
soal ulangan/ semester
5)
Menganalisis hasil
ulangan
6)
Membuat laporan
hasil penilaian
7)
Merancang
pembelajaran pengayaan dan remedial
d.
Pengembangan
Profesi Guru
Tahapan :
1)
Mengikuti pelatihan pengembangan profesi
2)
Mengikuti workshop
3)
Mengikuti seminar/
diskusi
4)
Mengikuti
lomba Karya
Tulis Ilmiah (KTI)
5)
Menulis artikel di
media cetak
6)
Membuat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)
7)
Mengirim hasil karya
sastra (cerpen, puisi) di media cetak
8)
Mengikuti Lomba
Guru Berprestasi baik tingkat kota, provinsi, atau nasional bahkan
internasional
9)
Melanjutkan studi
ke program S2 (Pascasarjana)
e.
Mengadministrasikan
Kegiatan Pembelajaran
1)
Merekapitulasi data siswa dan orang
tua
2)
Mengabsen tingkat
kehadiran peserta didik
di kelas
3)
Menabulasikan data
hasil belajar
4)
Mendokumentasikan
dan melaporkan hasil belajar
f. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan atasan (Kepala
Sekolah dan Dinas Pendidikan) sepanjang
menyangkut bidang tugas agar aktivitas berjalan dengan tertib dan lancar, sesuai
dengan Tugas
Pokok dan Fungsi (Tupoksi) guru, yaitu sebagai guru
pengajar, wali kelas, guru piket
dan guru pembina.
Tahapan
:
1) Menerima instruksi pimpinan
2)
Melaksanakan tugas sesuai dengan instruksi
3)
Membuat laporan
10.
Bahan
Kerja :
No.
|
Bahan Kerja
|
Penggunaan Dalam Tugas
|
1.
|
Kurikulum 2013
|
Pedoman
penyusunan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
|
2.
|
Materi/ Bahan ajar
|
Bahan ajar yang
diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
3.
|
SKL mata pelajaran
dari Pusat
|
Menyusun Analisis
SK dan KD yang akan dikembangkan dalam silabus dan Rencana Program Pembelajaran
(RPP)
|
4.
|
Buku pegangan
guru dan siswa
|
Pedoman membuat
Rencana Program Pembelajaran (RPP)
|
5.
|
Kalender
pendidikan
|
Menghitung minggu
efektif dan non efektif dalam satu tahun pelajaran.
|
6.
|
Rencana kerja
sekolah
|
Menyusun rencana
kegiatan sekolah
|
7.
|
Instruksi pimpinan
|
Arahan dalam bekerja
|
11. Perangkat/ Alat Kerja :
No.
|
Perangkat Kerja
|
Digunakan Untuk Tugas
|
1.
|
UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
|
Pedoman
pelaksanaan tugas guru
|
2.
|
UU RI Nomor 20
Pasal 1 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
|
Aturan dalam pelaksanaan pendidikan
|
3.
|
Permendiknas Nomor
32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Permen No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
|
Pedoman
pelaksanaan tugas
|
4.
|
Permendiknas
No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
|
Pedoman
pelaksanaan tugas
|
5.
|
Permendiknas
Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 48 tahun 2008
|
Pedoman penetapan SKL
|
6.
|
Permendiknas
Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
|
Pedoman
pelaksanaan tugas
|
7.
|
Permendiknas Nomor 27 tahun 2007
|
Pedoman penetapan standar
penilainan
|
8.
|
Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
Pedoman penetapan standar
proses
|
9.
|
Permendagri Nomor
38 tahun 2007 tentang Pembagian Wewenang antara Pemerintah, Pemerintah Daerah
Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten
|
Pedoman
pelaksanaan tugas
|
10.
|
Permendiknas
Nomor 47 tahun 2008
|
Pedoman Standar Isi
|
11.
|
Permenpan Nomor
16 tahun 2012
|
Pedoman tentang jabatan
fungsional guru
|
12.
|
SK Kepala Sekolah
|
Tentang fungsi dan pembagian tugas
mengajar dan tugas tambahan guru
|
13.
|
Sarana dan prasarana
(mobiler sekolah, laptop, LCD, alat peraga/ media)
|
Sarana dan alat bantu
proses pembelajaran
|
14.
|
Program kerja sekolah
|
Menyusun rencana
kerja
|
12.
Hasil Kerja :
No.
|
Hasil Kerja 1)
|
Satuan Hasil 2)
|
1.
|
Hasil analisis
konteks perencanaan pembelajaran (rincian
minggu efektif, prota, prosem, analisis KI dan KD, KKM, silabus, RPP, bahan/
materi ajar, media pembelajaran, dan
instrumen tes)
|
Perangkat rencana
pembelajaran
|
2.
|
Terciptanya
proses pembelajaran yang efektif dan efisien (mempelajari/ memahami
model-model inovatif pembelajaran)
|
- Kelas yang kondusif
- Pembelajaran yang aktif,
kreatif, efektif,
dan menyenangkan
(Pakem)
- Hasil belajar yang memuaskan
|
3.
|
Penilaian yang objektif (menyusun kisi-kisi soal,
ulangan/ semester, analisis soal ulangan/ semester, analisis hasil ulangan,
membuat laporan hasil penilaian, merancang pembelajaran pengayaan dan
remedial
|
Dokumen
hasil penilaian
|
4.
|
Terperiksanya tugas peserta didik yang meliputi tugas individu atau
kelompok
|
Tugas yang
terperiksa dan daftar nilai tugas peserta didik, baik tugas pribadi maupun
tugas kelompok
|
5.
|
Terlaksananya Ujian Harian dan Ujian Semester peserta
didik
|
Daftar nilai
hasil Ujian Harian (UH) dan Ujian Semester (US)
|
6.
|
Terlaksananya remidial teaching
|
Program dan
pelaksanaan remidial teaching
|
7.
|
Terlaksananya pengayaan
|
Program dan
pelaksanaan pengayaan
|
8.
|
Ikut serta dalam pengabdian masyarakat dan profesi
|
Ikut serta dalam
pengabdian masyarakat dan profesi
|
9.
|
Tersusunnya pengadmistrasian
hasil belajar
|
Arsip penilaian/
dokumen administrasi hasil belajar
|
10.
|
Pelaksanaan pengembangan profesi (melanjutkan studi S2/ Pascasarjana)
|
Guru yang profesional
|
Keterangan:
1) Hasil Kerja : Tulis
Hasil Kerja sesuai dengan uraian tugas
2) Tulis Satuan Hasil
kerja seperti: dokumen, kegiatan,dll.
13.
TANGGUNG
JAWAB :
a. Menyusun rencana pembelajaran
b. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
c. Mengelola kelas yang kondusif
d. Melaksanakan penilaian hasil belajar/ evaluasi proses yang objektif
e. Membuat laporan hasil belajar
f. Melaksanakan bimbingan untuk pengembangan diri siswa
g. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan kepala sekolah
h. Melaksanakan tugas yang diberikan atasan dari instansi
vertikal
14.
WEWENANG :
a. Memilih dan menentukan model, pendekatan, dan metode
pembelajaran
b. Memilih dan menentukan materi/ bahan ajar dan media
pembelajaran
c. Menetapkan jenis dan hasil evaluasi/ penilaian objektif
d. Melaksanakan pembelajaran pengayaan dan remedial
e. Melaksanakan tindakan tegas mendidik
f. Melakukan penelitian pendidikan/ Penelitian Tindakan
Kelas (PTK)
g. Menetapkan aturan atau tata tertib kelas
h. Memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment)
15.
KORELASI
JABATAN :
No.
|
Jabatan
|
Unit Kerja/ Instansi
|
Dalam Hal
|
1.
|
Kabid. Adm. Kepegawaian
|
- BKN Cabang Riau
-
BKD Provinsi Riau
|
Konsultasi dan arahan
|
2.
|
Kepala Dinas
|
Dinas Pendidikan Provinsi Riau
|
Urusan administrasi dan arahan
|
3.
|
Kabid Dikmenti
|
Dinas Pendidikan Provinsi Riau
|
Koordinasi dan pembinaan
|
4.
|
Kepala Sekolah
|
SMAN Plus Provinsi Riau
|
Konsultasi dan arahan
|
5.
|
Wakil Kepala Sekolah
|
SMAN Plus
Provinsi Riau
|
Konsultasi dan arahan
|
6.
|
Kepala Tata Usaha
|
SMAN Plus
Provinsi Riau
|
Konsultasi dan arahan
|
7.
|
Anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran
(MGMP)
|
SMA Se-Kota Pekanbaru
|
Kerjasama (kooperatif)
|
8.
|
Ikatan Guru
Sejenis (IGS)
|
SMAN Plus
Provinsi Riau
|
Kerjasama (kooperatif)
|
16.
KONDISI
LINGKUNGAN KERJA :
No.
|
Aspek
|
Faktor
|
1.
|
Tempat kerja
|
Dalam ruangan
|
2.
|
Suhu
|
Dingin
dengan perubahan (27o- 30o celcius)
|
3.
|
Udara
|
Bersih dan segar
|
4.
|
Keadaan ruangan
|
- Cukup bersih
- Lega dan
leluasa
|
5.
|
Letak
|
- Daerah datar
- Di area tempat tinggal penduduk
|
6.
|
Penerangan
|
Terang
|
7.
|
Suara
|
Tenang/ Tidak bising
|
8.
|
Keadaan tempat kerja
|
Bersih dan nyaman
|
9.
|
Getaran
|
Tidak ada
|
17.
RESIKO
BAHAYA :
No.
|
Fisik / Mental
|
Penyebab
|
1.
|
Kejenuhan/ Kebosanan
|
Aktivitas rutinitas dan
kurangnya penyegaran (refresing)
|
2.
|
Depresi
|
Jika iklim kerja tidak kondusif dan tak adanya keharmonisan sesama rekan
kerja
|
3.
|
Kerusakan Mata
|
Sering menggunakan LCD dan Laptop
|
18.
SYARAT JABATAN :
1)
Pangkat/ Gol. Ruang : Guru Pertama/ III.b
2)
Pendidikan : - Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia,
Universitas Riau (S1)/ Akta IV
- Sedang melanjutkan studi S2 Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan
Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Negeri
Padang (UNP)
3)
Kursus/ Diklat
1)
Penjenjangan : Diklat Guru
Bahasa Indonesia
2)
Teknis : Latihan Prajabatan (LPj)
4)
Pengalaman kerja : 12 tahun 9 bulan
5)
Pengetahuan kerja :
- Ilmu Keguruan dan Kependidikan
- Ilmu
mata pelajaran yang diampu
6)
Keterampilan kerja : a. Kompetensi pedagogik
b. Kompetensi androgogik
c. Kompetensi
profesionalisme
d. Kepribadian sosial
7)
Bakat Kerja :
1) G (Inteligensi)
Kemampuan belajar secara umum.
2) V (Bakat Verbal/ Verbal Aptitude)
Kemampuan untuk memahami arti kata-kata
dan penggunaannya
secara tepat dan efektif.
3) N (Numerik/ Numerical Aptitude)
Kemampuan
untuk melakukan operasi arithmatik
secara tepat dan akurat.
4) P (Penerapan Bentuk/
Form Perception)
Kemampuan
menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau
dalam bahan grafik.
5) Q (Ketelitian/ Clerical Perception)
Kemampuan
menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
6) K (Kondisi motor/ Motor Coordination)
Kemampuan
untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat
gerakan yang cepat.
7) C (Membedakan warna/ Color Discrimination)
Kemampuan
memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.
8)
Temperamen Kerja :
1)
D/
DCP (Direktion, Control, Planning)
Kemampuan menyesuaikan
diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin, mengendalikan atau
merencanakan.
2)
F/
FIF (Feeling, Idea, Fact)
Kemampuan menyesuaikan
diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan, atau fakta
dari sudut pandangan pribadi.
3)
I/
I (Influ/ Influencing)
Kemampuan menyesuaikan
diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam pendapat, sikap
atau pertimbangan mengenai gagasan.
9)
Minat Kerja :
a) I ( Investigatif )
Pekerjaan-pekerjaan yang memiliki antara
lain:
·
Melakukan penelitian
·
Membutuhkan kemampuan
matematis
·
Membutuhkan analisis
kritis
·
Melakukan kegiatan brainstorming (penciptaan ide/ konsep)
·
Penyelesaian
masalah-masalah abstrak
·
Pekerjaan-pekerjaan
yang sifatnya akademis
·
Tugas-tugas ilmiah
·
Pekerjaan yang
membutuhkan ketelitian dan ketepatan tinggi
b) S (Sosial)
Pekerjaan-pekerjaan yang meliputi
kegiatan-kegiatan seperti:
·
Menjalin hubungan
dengan orang lain
·
Kegiatan-kegiatan yang
sifatnya sukarela / sosial
·
Memiliki tujuan yang
sifatnya idealis
·
Berhubungan dengan
klien/ masyarakat
·
Mengajar / berkomunikasi
secara intens
·
Kegiatan-kegiatan yang
berkelompok atau tim
·
Aktifitas yang
membutuhkan keterampilan bersosial
·
Pekerjaan konsultasi/konseling
atau pembinaan
c) C
(Konvensional)
Pekerjaan-pekerjaan yang terdiri dari
kegiatan-kegiatan antara lain, sebagai berikut.
·
Administratif / tugas
dasar organisasi
·
Mengelola arsip
·
Menjalankan sistem atau
rutinitas
·
Menyusun pembukuan/ akuntansi
·
Mengikuti kebijakan
atau prosedur
·
Kegiatan yang
berhubungan dengan angka
·
Pelaporan yang rinci
·
Jadwal kerja yang ketat
dan terstruktur
10)
Upaya Fisik :
1) Jenis Upaya :
Fisik : Berdiri, berjalan,
duduk, berbicara, mendengar, dan melihat.
Frekuensi : Terus menerus
11)
Kondisi
Fisik :
1)
Jenis Kelamin : Pria,
sehat jasmani dan rohani
2)
Umur : 40 tahun
3)
Tinggi badan : 175 cm (normal)
4)
Berat badan : 74 kg (ideal)
5)
Postur badan : Ideal
6)
Penampilan : Menarik/ Menyenangkan/ Meyakinkan
12)
Fungsi
Pekerjaan :
1)
O.0 (Menasihati)
2)
O.2 (Mengajar)
3)
O.6 (Berbicara)
4)
O.7 (Melayani orang lain)
5)
O.8 (Menerima
instruksi)
19.
PRESTASI KERJA YANG
DIHARAPKAN
No.
|
Satuan Hasil1)
|
Jumlah Hasil
(Dalam 1 Tahun)
|
Waktu Penyelesaian 2)
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Dokumen perangkat mengajar/ rencana pembelajaran :
a. Program Tahunan (Prota)
b. Rincian Minggu Efektif
c. Program Semester (Prosem)
d. Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM)
e. Silabus
f. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
g. Rancangan instrumen
evaluasi
- Kisi-kisi soal
- Kartu soal
h. Materi/ Bahan ajar
i. Media/ Alat bantu
Hasil belajar
yang memuaskan
Pelaksanaan Pembelajaran
Pemeriksaan tugas
peserta didik, baik tugas pribadi maupun tugas kelompok
Pelaksanaan Penilaian
·
Ulangan
harian
·
Ulangan
semester
Program dan
pelaksanaan remidial teaching
Program dan
pelaksanaan pengayaan
Pengembangan Profesi
·
Pelatihan
·
Penelitian PTK
Dokumen
administrasi hasil
Melaksanakan
tugas sebagai wali kelas (setara 12 x 45 menit/ minggu)
|
1
dokumen
2
dokumen
2
dokumen
2
dokumen
2
dokumen
25
dokumen
2 dokumen
2
dokumen
2 dokumen
-
-
36x12x45 menit
36x10x45 menit
4x2x12x45 menit
2 x 36 x 45 mnt
2 x 36 x 45 mnt
2x48 jam (6 hari x 8 jam)
4x2x12x45
menit
100 jam
2 x 20 x 45 menit
36x12x45 menit
|
6
jam
4
jam
10
jam
10
jam
30
jam
50
jam
25 jam
25 jam
50 jam
10
jam
10 jam
324 jam
270 jam
72 jam
54 jam
54 jam
96 jam
72 jam
100 jam
30 jam
324 jam
|
Keterangan:
1) Satuan hasil
lihat nomor 9
kolom 2
2) Tulis waktu
penyelesaian untuk setiap hasil kerja dalam satuan waktu menit
20.
Butir
Informasi Lain :
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
|
|
PPekanbaru, 20 Desember 2014
|
Mengetahui Atasan Langsung :
|
|
Yang Membuat :
|
Plt KEPALA SMA NEGERI PLUS
PROPINSI RIAU,
Drs. H. SAADUNIR
NIP 19580813 198903 1 004
|
|
MISDIANTO, S.Pd
NIP 19730304 200801 1 017
|
a
Langganan:
Postingan (Atom)