Jumat, 09 Januari 2015

ANALISIS JABATAN



 FORMULIR INFORMASI JABATAN

1.            Nama Jabatan     : Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri Plus                       
                             Provinsi Riau
2.            Kode Jabatan       :
3.            Unit Organisasi    : SMA Negeri Plus Provinsi Riau (Dinas Pendidikan Provinsi
                             Riau)
4.      Eselon I                 :
5.      Eselon II               : - Badan Kepegawaian Daerah
                                         - Bidang Administrasi Kepegawaian
6.     Eselon III              :  Kabid Dikmenti Dikbud Provinsi Riau
        Eselon IV              :  Kepala SMAN Plus Provinsi Riau
7.                             
                                  Kedudukan Dalam Struktur Organisasi :


(Tulis jabatan Saudara dengan diberi warna berbeda dan dilengkapi dengan 2 (dua) jabatan di atasnya dan serta jabatan-jabatan yang setara)

8.                  Ikhtisar Jabatan      :
Mengajar, mendidik, membuat perencanaan pengajaran, melaksanakan pengajaran, melakukan penilaian, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, membuat administrasi berhubungan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, remedial, dan pengayaan untuk peserta didik, serta mengerjakan tugas lain yang diberikan atasan dan melakukan pengembangan profesi, sesuai bunyi tujuan pendidikan nasional.

9.                  Uraian Tugas :
a.           Merencanakan pembelajaran/ program pengajaran (berpedoman kepada kurikulum yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan)
Tahapan :
1)        Menghitung minggu efektif
2)        Membuat Program Tahunan (Prota)
3)        Menyusun Program Semester (Prosem)
4)        Menganalisis Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
5)        Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran
6)        Mengembangkan silabus
7)        Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
8)        Mengembangkan materi/ bahan ajar
9)        Membuat media pembelajaran
10)    Mempelajari dan memahami model pembelajaran
11)    Merancang program penilaian
12)    Merancang program remedial
13)  Merancang program pengayaan
14)  Mengembangkan pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur

b.           Mengajar Peserta Didik
Tahapan :
1)         Menyampaikan materi pembelajaran dengan pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inisiatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
2)         Menerapkan teori dan model pembelajaran
3)         Mengatur pengelolaan kelas, dengan tahapan sebagai berikut.
a)      Kegiatan awal (memotivasi peserta didik dan melakukan apersepsi)
b)      Kegiatan inti (mengamati, menanya, menganalisis, mencoba, dan mengomunikasikan)
c)      Kegiatan penutup yaikni menyimpulkan hasil Proses Belajar Mengajar (PBM)
d)      Kegiatan post tes
e)      Memberikan tugas pendalaman materi kepada peserta didik bila diperlukan
4)         Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
5)         Memeriksa tugas mandiri dan tak terstruktur
6)         Menetapkan tata tertib peserta didik
7)         Mengawasi perilaku peserta didik

c.           Menilai Peserta Didik
Tahapan :
1)         Menyusun kisi-kisi soal
2)         Menyusun soal ulangan/ semester
3)         Memeriksa hasil ulangan/ semester
4)         Melakukan analisis soal ulangan/ semester
5)         Menganalisis hasil ulangan
6)         Membuat laporan hasil penilaian
7)         Merancang pembelajaran pengayaan dan remedial

d.         Pengembangan Profesi Guru
Tahapan :
1)         Mengikuti pelatihan pengembangan profesi
2)         Mengikuti workshop
3)         Mengikuti seminar/ diskusi
4)         Mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI)
5)         Menulis artikel di media cetak
6)         Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
7)         Mengirim hasil karya sastra (cerpen, puisi) di media cetak
8)         Mengikuti Lomba Guru Berprestasi baik tingkat kota, provinsi, atau nasional bahkan internasional
9)         Melanjutkan studi ke program S2 (Pascasarjana)

e.          Mengadministrasikan Kegiatan Pembelajaran
1)            Merekapitulasi data siswa dan orang tua
2)            Mengabsen tingkat kehadiran peserta didik di kelas
3)            Menabulasikan data hasil belajar
4)            Mendokumentasikan dan melaporkan hasil belajar

f.       Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan atasan (Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan) sepanjang menyangkut bidang tugas agar aktivitas berjalan dengan tertib dan lancar, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) guru, yaitu sebagai guru pengajar, wali kelas, guru piket dan guru pembina.
Tahapan :
1)   Menerima instruksi pimpinan
2)   Melaksanakan tugas sesuai dengan instruksi
3)   Membuat laporan

10.              Bahan Kerja :
No.
Bahan Kerja
Penggunaan Dalam Tugas
1.
Kurikulum 2013
Pedoman penyusunan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
2.
Materi/ Bahan ajar

Bahan ajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
3.
SKL mata pelajaran dari Pusat
Menyusun Analisis SK dan KD yang akan dikembangkan dalam silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP)
4.
Buku pegangan guru dan siswa
Pedoman membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP)
5.
Kalender pendidikan
Menghitung minggu efektif dan non efektif dalam satu tahun pelajaran.
6.
Rencana kerja sekolah
Menyusun rencana kegiatan sekolah
7.
Instruksi pimpinan
Arahan dalam bekerja

11.    Perangkat/ Alat Kerja :
No.
Perangkat Kerja
Digunakan Untuk Tugas
1.
UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Pedoman pelaksanaan tugas guru

2.
UU RI Nomor 20 Pasal 1 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Aturan dalam pelaksanaan pendidikan

3.
Permendiknas Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Permen No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pedoman pelaksanaan tugas
4.
Permendiknas No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pedoman pelaksanaan tugas
5.
Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 48 tahun 2008
Pedoman penetapan SKL

6.
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Pedoman pelaksanaan tugas
7.
Permendiknas Nomor 27 tahun 2007
Pedoman penetapan standar penilainan
8.
Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
Pedoman penetapan standar proses
9.
Permendagri Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Wewenang antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten
Pedoman pelaksanaan tugas
10.
Permendiknas Nomor 47 tahun 2008
Pedoman Standar Isi
11.
Permenpan Nomor 16  tahun 2012
Pedoman tentang jabatan fungsional guru
12.
SK Kepala Sekolah

Tentang fungsi dan pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan guru
13.
Sarana dan prasarana (mobiler sekolah, laptop, LCD, alat peraga/ media)
Sarana dan alat bantu  proses pembelajaran

14.
Program kerja sekolah
Menyusun rencana kerja



12.        Hasil Kerja :
No.
Hasil Kerja 1)
Satuan Hasil 2)
1.
Hasil analisis konteks perencanaan  pembelajaran (rincian minggu efektif, prota, prosem, analisis KI dan KD, KKM, silabus, RPP, bahan/ materi  ajar, media pembelajaran, dan instrumen tes)
Perangkat rencana pembelajaran

2.
Terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien (mempelajari/ memahami model-model inovatif pembelajaran)
-     Kelas yang kondusif
-     Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem)
-     Hasil belajar yang memuaskan
3.
Penilaian yang objektif (menyusun kisi-kisi soal, ulangan/ semester, analisis soal ulangan/ semester, analisis hasil ulangan, membuat laporan hasil penilaian, merancang pembelajaran pengayaan dan remedial
Dokumen hasil penilaian

4.
Terperiksanya tugas peserta didik yang meliputi tugas individu atau kelompok

Tugas yang terperiksa dan daftar nilai tugas peserta didik, baik tugas pribadi maupun tugas kelompok
5.
Terlaksananya Ujian Harian dan Ujian Semester peserta didik

Daftar nilai hasil Ujian Harian (UH) dan Ujian Semester (US)
6.
Terlaksananya remidial teaching

Program dan pelaksanaan remidial teaching
7.
Terlaksananya pengayaan

Program dan pelaksanaan pengayaan
8.
Ikut serta dalam pengabdian masyarakat dan profesi
Ikut serta dalam pengabdian masyarakat dan profesi
9.
Tersusunnya pengadmistrasian hasil belajar
Arsip penilaian/ dokumen administrasi hasil belajar
10.
Pelaksanaan pengembangan profesi (melanjutkan studi S2/ Pascasarjana)
Guru yang profesional
            Keterangan:
1)      Hasil Kerja : Tulis Hasil Kerja sesuai dengan uraian tugas
2)      Tulis Satuan Hasil kerja seperti: dokumen, kegiatan,dll.

13.        TANGGUNG JAWAB :
a.    Menyusun rencana pembelajaran
b.    Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
c.    Mengelola kelas yang kondusif
d.   Melaksanakan penilaian hasil belajar/ evaluasi proses yang objektif
e.    Membuat laporan hasil belajar
f.     Melaksanakan bimbingan untuk pengembangan diri siswa
g.    Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan kepala sekolah
h.    Melaksanakan tugas yang diberikan atasan dari instansi vertikal

14.         WEWENANG :
a.    Memilih dan menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran
b.    Memilih dan menentukan materi/ bahan ajar dan media pembelajaran
c.    Menetapkan jenis dan hasil evaluasi/ penilaian objektif
d.   Melaksanakan pembelajaran pengayaan dan remedial
e.    Melaksanakan tindakan tegas mendidik
f.     Melakukan penelitian pendidikan/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
g.    Menetapkan aturan atau tata tertib kelas
h.    Memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment)

15.              KORELASI JABATAN :
No.
Jabatan
Unit Kerja/  Instansi
Dalam Hal
1.
Kabid. Adm. Kepegawaian
-   BKN Cabang Riau
-   BKD Provinsi Riau
Konsultasi dan arahan

2.
Kepala Dinas

Dinas Pendidikan Provinsi Riau
Urusan administrasi dan arahan
3.
Kabid Dikmenti

Dinas Pendidikan Provinsi Riau
Koordinasi dan pembinaan

4.
Kepala Sekolah
SMAN Plus Provinsi Riau
Konsultasi dan arahan
5.
Wakil Kepala Sekolah
SMAN Plus Provinsi Riau
Konsultasi dan arahan

6.
Kepala Tata Usaha
SMAN Plus Provinsi Riau
Konsultasi dan arahan
7.
Anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
SMA Se-Kota Pekanbaru
Kerjasama (kooperatif)

8.
Ikatan Guru Sejenis (IGS)
SMAN Plus Provinsi Riau
Kerjasama (kooperatif)


16.        KONDISI LINGKUNGAN KERJA :
No.
Aspek
Faktor
1.
Tempat kerja
Dalam ruangan
2.
Suhu
Dingin dengan perubahan (27o- 30o  celcius)
3.
Udara
Bersih dan segar
4.
Keadaan ruangan
-     Cukup bersih
-     Lega dan leluasa
5.
Letak
-     Daerah datar
-     Di area tempat tinggal penduduk
6.
Penerangan
Terang
7.
Suara
Tenang/ Tidak bising
8.
Keadaan tempat kerja
Bersih dan nyaman
9.
Getaran
Tidak ada



17.         RESIKO BAHAYA :
No.
Fisik / Mental
Penyebab
1.
Kejenuhan/ Kebosanan
Aktivitas rutinitas  dan kurangnya  penyegaran (refresing)
2.
Depresi
Jika iklim kerja tidak kondusif dan tak adanya keharmonisan sesama rekan kerja
3.
Kerusakan Mata
Sering menggunakan LCD dan Laptop

18.        SYARAT JABATAN :
1)        Pangkat/ Gol. Ruang   :    Guru Pertama/ III.b
2)        Pendidikan                   : - Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Riau (S1)/ Akta IV
-   Sedang melanjutkan studi S2 Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang (UNP)
3)        Kursus/ Diklat       
1)   Penjenjangan            :   Diklat Guru Bahasa Indonesia
2)   Teknis                       :                                                      Latihan Prajabatan (LPj)
4)         Pengalaman kerja         : 12 tahun 9 bulan
5)        Pengetahuan kerja         : - Ilmu Keguruan dan Kependidikan
-   Ilmu mata pelajaran yang diampu                            
6)         Keterampilan kerja       : a.   Kompetensi pedagogik
b.       Kompetensi androgogik
c.        Kompetensi profesionalisme
d.      Kepribadian sosial
7)         Bakat Kerja :
1)      G (Inteligensi)                                   
      Kemampuan belajar secara umum.
2)      V (Bakat Verbal/ Verbal Aptitude)
      Kemampuan untuk memahami arti kata-kata dan penggunaannya  
      secara tepat dan efektif.

3)      N (Numerik/ Numerical Aptitude)
Kemampuan untuk melakukan operasi arithmatik secara tepat dan akurat.
4)      P (Penerapan Bentuk/ Form Perception)
Kemampuan menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau dalam bahan grafik.
5)      Q (Ketelitian/ Clerical Perception)
Kemampuan menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
6)      K (Kondisi motor/ Motor Coordination)
Kemampuan untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat gerakan yang cepat.
7)       C (Membedakan warna/ Color Discrimination)
Kemampuan memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.

8)        Temperamen Kerja :
1)   D/ DCP (Direktion, Control, Planning)         
Kemampuan menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin, mengendalikan atau merencanakan.
2)   F/ FIF (Feeling, Idea, Fact)
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan, atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
3)   I/ I (Influ/ Influencing)
Kemampuan menyesuaikan diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam pendapat, sikap atau pertimbangan mengenai gagasan.

9)        Minat Kerja :                
a)       I ( Investigatif )
      Pekerjaan-pekerjaan yang memiliki antara lain:
·         Melakukan penelitian
·         Membutuhkan kemampuan matematis
·         Membutuhkan analisis kritis
·         Melakukan kegiatan brainstorming (penciptaan ide/ konsep)
·         Penyelesaian masalah-masalah abstrak
·         Pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya akademis
·         Tugas-tugas ilmiah
·         Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan ketepatan tinggi

b) S (Sosial)
     Pekerjaan-pekerjaan yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti:
·         Menjalin hubungan dengan orang lain
·         Kegiatan-kegiatan yang sifatnya sukarela  / sosial
·         Memiliki tujuan yang sifatnya idealis
·         Berhubungan dengan klien/ masyarakat
·         Mengajar / berkomunikasi secara intens
·         Kegiatan-kegiatan yang berkelompok atau tim
·         Aktifitas yang membutuhkan keterampilan bersosial
·         Pekerjaan konsultasi/konseling atau pembinaan

                  c) C (Konvensional)  
                         Pekerjaan-pekerjaan yang terdiri dari kegiatan-kegiatan antara lain,                                      sebagai berikut.
·         Administratif / tugas dasar organisasi
·         Mengelola arsip
·         Menjalankan sistem atau rutinitas
·         Menyusun pembukuan/ akuntansi
·         Mengikuti kebijakan atau prosedur
·         Kegiatan yang berhubungan dengan angka
·         Pelaporan yang rinci
·         Jadwal kerja yang ketat dan terstruktur

10)    Upaya Fisik :                
1)   Jenis Upaya :
Fisik                 :  Berdiri, berjalan, duduk, berbicara, mendengar, dan melihat.      
Frekuensi         :    Terus menerus

11)    Kondisi Fisik :             
1)        Jenis Kelamin         : Pria, sehat jasmani dan rohani
2)        Umur                      : 40 tahun
3)        Tinggi badan          : 175 cm (normal)
4)        Berat badan           : 74 kg (ideal)
5)        Postur badan          : Ideal
6)        Penampilan            : Menarik/ Menyenangkan/ Meyakinkan

12)    Fungsi Pekerjaan            :
1)   O.0 (Menasihati)
2)   O.2 (Mengajar)
3)   O.6 (Berbicara)
4)   O.7 (Melayani orang lain)
5)   O.8 (Menerima instruksi)

19.         PRESTASI KERJA YANG DIHARAPKAN
No.
Satuan Hasil1)
Jumlah Hasil
(Dalam 1 Tahun)
Waktu Penyelesaian 2)
1.

















2.

3.






4.




5.



6.


7.






8.

9.

Dokumen perangkat mengajar/ rencana pembelajaran :
a.  Program Tahunan (Prota)
b.  Rincian Minggu Efektif
c.  Program Semester (Prosem)
d.  Kriteria Ketuntasan Minimal
     (KKM)
e.  Silabus
f.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
g.  Rancangan instrumen
     evaluasi
     -  Kisi-kisi soal
     -  Kartu soal

h.  Materi/ Bahan ajar
i.   Media/ Alat bantu

Hasil belajar yang memuaskan

Pelaksanaan Pembelajaran
Pemeriksaan tugas peserta didik, baik tugas pribadi maupun tugas kelompok

Pelaksanaan Penilaian
·         Ulangan harian
·         Ulangan semester

Program dan pelaksanaan remidial teaching

Program dan pelaksanaan pengayaan

Pengembangan Profesi
·         Pelatihan

·         Penelitian PTK


Dokumen administrasi hasil

Melaksanakan tugas sebagai wali kelas (setara 12 x 45 menit/ minggu)


1 dokumen
2 dokumen
2 dokumen

2 dokumen
2 dokumen

25 dokumen


2 dokumen
2 dokumen

2 dokumen
-

-

36x12x45 menit







36x10x45 menit
4x2x12x45 menit

2 x 36 x 45 mnt


2 x 36 x 45 mnt



2x48 jam (6 hari x 8 jam)
4x2x12x45 menit
100 jam

2 x 20 x 45 menit

36x12x45 menit


6 jam
4 jam
10 jam

10 jam
30 jam

50 jam


25 jam
25 jam

50 jam
10 jam

10 jam

324 jam






270 jam
72 jam

54  jam


54    jam



96 jam

72 jam
100 jam

30 jam

324 jam

            Keterangan:
                1) Satuan hasil lihat nomor 9 kolom 2
2) Tulis waktu penyelesaian untuk setiap hasil kerja dalam satuan waktu menit



20.        Butir Informasi Lain :
            ...........................................................................................................................................
            ...........................................................................................................................................
............................................................................................................................................





PPekanbaru,  20 Desember 2014
      Mengetahui Atasan Langsung :

          Yang Membuat :
Plt KEPALA SMA NEGERI PLUS
         PROPINSI RIAU,


        Drs. H. SAADUNIR          
    NIP 19580813 198903 1 004





         MISDIANTO, S.Pd
  NIP 19730304 200801 1 017
a