Kamis, 15 Mei 2014

TERMINOLOGI: ontologi, epistemologi, aksiologi serta postulat, asumsi, prinsip, teori



DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.................................................................................          ii
DAFTAR ISI.................................................................................................        iii   
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................       1
A.     Latar Belakang Masalah.....................................................................       1 
B.      Rumusan Masalah...............................................................................       1
C.      Tujuan ................................................................................................       2
D.     Manfaat...............................................................................................       2
BAB III PEMBAHASAN .............................................................................       3
A.   Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi  ..........................       3
1.    Terminologi Ontologi (Apa yang Dikaji) ............................................      3
2.    Terminologi Epistemologi (Cara Mendapatkan Kebenaran) ..............      5
3.    Terminologi Aksiologi (Nilai Guna Ilmu) ..........................................      7
B.   Hakikat Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori   ...................................      10
1.   Postulat  .............................................................................................     10
A.  Definisi Postulat  ..........................................................................     10
B.  Ciri-Ciri Postulat  .........................................................................     10
C.  Prinsip-Prinsip Postulat  ...............................................................     11
D.  Tujuan Postulat  ............................................................................     12
E.   Unsur-Unsur Postulat  ..................................................................     13
(a)   Postulat-Postulat tentang Alam Semesta ...............................    13
1.    Postulat Jenis  ....................................................................    13
2.    Postulat Keajengan ............................................................    13
3.    Postulat Sebab Akibat  ......................................................    14
4.    Postulat Keterbatasan Sebab Akibat  ................................    14
5.    Postulat Variabelitas Gejala Alam  ...................................    14
(b)  Postulat-Postulat tentang Kemampuan Manusia  ..................    15
1.    Postulat Reliabilitas Pengamatan  .....................................    15
2.    Postulat Reliabilitas Ingatan  ............................................    15
3.    Postulat Reliabilitas Pemikiran  ........................................    15
f. Kelebihan-Kelebihan Postulat  ......................................................    16
2.  Asumsi ................................................................................................    16
a.    Definisi Asumsi  ...........................................................................   16
b.    Ciri-Ciri Asumsi  ..........................................................................   16
c.    Tujuan Asumsi  .............................................................................  17

3.  Prinsip  ................................................................................................  17
a.    Definisi Prinsip .............................................................................  17
b.   Ciri-Ciri Prinsip  ...........................................................................  17
c.    Tujuan Prinsip  ..............................................................................  18

ii

4.  Teori  ...................................................................................................  18
a.    Definisi Teori ...............................................................................   18
b.    Ciri-Ciri Teori  .............................................................................   18
c.    Prinsip-Prinsip Teori  ...................................................................   20
d.   Tujuan Teori  ................................................................................   21
e.    Unsur-Unsur Teori  .......................................................................   21
1.    Konsep  ....................................................................................    21
2.    Variabel  ...................................................................................   22
3.    Pernyataan  ...............................................................................   22
f.     Kelebihan-Kelebihan Teori  .........................................................    22
g.    Langkah-Langkah Menyusun Teori ..............................................   24

C.      Implementasi Kajian Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)......  24

1.     Kajian Ontologi  ...................................................................................  24
2.    Kajian Epistemologi  .............................................................................  27
3.    Kajian Aksiologi   .................................................................................. 29

BAB III PENUTUP.......................................................................................... 31


DAFTAR  RUJUKAN...................................................................................... 32













iv
BAB I
PENDAHULUAN


A.        Latar Belakang  Masalah
Fenomena perkembangan abad mutakhir menghendaki adanya suatu sistem pengetahuan yang komprehensif. Dengan demikian berdampak pada ilmu pengetahuan yang berkembang terus menerus tanpa berhenti seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia. Perkembangan pengetahuan manusia tentang kehidupan, alam semesta, dan hal-hal yang bersifat abstrak merupakan tantangan dan tujuan dari pencarian kebenaran sejati.
Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan manusia yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengatahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan komunikasi, dan kesadaran akan ekologi lingkungan dengan tujuan menjadikan manusia tidak hanya berintelektual tingggi, tetapi juga memilki akhlak mulia.
Hal-hal demikian, menjadikan seseorang untuk berpikir secara mendalam, merenung, menganalisis dan menguji coba, serta merumuskan sesuatu kesimpulan yang dianggap benar sehingga dengan melakukan kegiatan tersebut dengan tidak sadar sudah melakukan kegiatan berfilsafat. Maka dari itu, ilmu lahir dari filsafat atau dapat dikatakan filsafat merupakan induk dari sebuah ilmu. Oleh karena itu, filsafat mempunyai kesamaan dan perbedaan dengan ilmu. Adapun pengertian dari filsafat dapat dilihat dari segi etimologis dan terminologi, serta filsafat sebagai pandangan hidup, dan filsafat sebagai ilmu. Filsafat merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengkaji hal-hal yang ingin dicari kebenaranya dengan menerapkan metode-metode filsafat.

B.         Rumusan Masalah
                           Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalahnya yaitu:
1.    Apakah pengertian atau terminologi ontologi, epistemologi, dan aksiologi di dalam kajian filsafat ilmu?
2.    Jelaskanlah hal-hal yang berkaitan dengan postulat, asumsi, prinsip, dan teori?
3.    Jelaskanlah hal-hal yang berkaitan dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari rancangan penelitian untuk penulisan tesis Anda (implikasi)!

C.           Tujuan
Makalah ini ditulis dengan tujuan sebagai berikut.
1.    Untuk mengetahui pengertian atau terminologi ontologi, epistemologi, dan aksiologi di dalam kajian filsafat ilmu.
2.    Untuk  menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan postulat, asumsi, prinsip, dan teori.
3.    Untuk menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan ontologi, epistemologi, dan epistemologi dari rancangan penelitian tesis (implikasi). 

D.           Manfaat
Manfaat dari makalah ini, yakni sebagai berikut.
1.  Manfaat teoritis
Makalah ini dapat melengkapi kajian pustaka dari pengertian filsafat.
2.  Manfaat praktis
Menambah wawasan dan pengetahuan penulis dan pembaca berkenaan dengan materi pengertian filsafat.







BAB II
PEMBAHASAN



A.   Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi
1.    Terminologi Ontologi (Apa yang Dikaji)
            Istilah ontologi memiliki berbagai pengertian menurut para ahli filsafat sebagai berikut.
            Pendapat Bakhtiar (2012:131),  ontologi merupakan salah satu di antara lapangan penyelidikan kefilsafatan yang paling kuno. Persoalan yang dibahas dalam ontologi adalah bagaimanakah kita menerangkan hakikat dari segala yang ada ini? Pertama kali orang dihadapkan pada adanya dua macam kenyataan. Yang pertama, kenyataan yang berupa materi (kebenaran) dan kedua, kenyataan yang beupa rohani (kejiwaan). Pembicaraan tentang hakikat sangatlah luas sekali, yaitu segala yang ada dan yang mungkin ada. Hakikat adalah realitas; realita adalah ke-real-an. Riil artinya kenyataan yang sebenarnya. Jadi, hakikat adalah kenyataan sebenarnya sesuatu, bukan kenyataan sementara atau keadaan yang menipu, juga bukan kenyataan yang berubah.
            Menurut Aristoteles (dalam Bakhtiar, 2012:132 dan Susanto, 2011:91), ontologi merupakan the first philossophy dan merupakan ilmu mengenai esensi benda. Artinya, ontologi sebagai dasar ilmu berusaha untuk menjawab “apa”. Selanjutnya lagi, Susanto (2011:91) berpendapat bahwa ontologi merupakan cabang teori hakikat yang membicarakan hakikat sesuatu yang ada. Ontologi awalnya dinamai dengan metafisika, diperkenalkan oleh Rudolf Goclenius pada tahun 1636 Masehi.
            Christian Wolff (1679-1757), membagi metafisika menjadi dua, yaitu metafisika umum dan metafisika khusus. Metafisika umum dimaksudkan sebagai istilah lain dari ontologi. Metafisika umum (= ontologi) adalah cabang  filsafat yang membicarakan prinsip paling dasar atau paling dalam dari segala sesuatu yang ada, sedangkan metafisika khusus masih dibagi lagi menjadi kosmologi, psikologi, dan teologi. Kosmologi adalah cabang filsafat yang yang secara khusus membicarakan tentang alam semesta. Psikologi adalah cabang filsafat yang secara khusus membicarakan tentang jiwa manusia. Teologi adalah cabang filsafat yang secara khusus membicarakan Tuhan.
            Hal di atas, sependapat dengan Rahmad, dkk. (2011:139) bahwa “Cabang utama metafisika adalah ontologi, studi mengenai kategorisasi benda-benda di alam dan hubungan antara satu dengan lainnya. Ahli metafisika juga berupaya memperjelas pemikiran-pemikiran manusia mengenai dunia, termasuk keberadaan, kebendaan, sifat, ruang, waktu, hubungan sebab akibat, dan kemungkinan”. Selanjutnya, dikatakan lagi oleh Rahmad, dkk. (2011:140) “metafisika keilmuan yang berdasarkan kenyataan yang sebagaimana adanya (das Sein) menyebabkan ilmu menolak premis moral yang bersifat seharusnya (das Sallen). Ilmu justru merupakan pengetahuan yang biasa dijadikan alat untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang mencerminkan das Sallen dengan jalan mempelajari das Sein agar dapat menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol gejala alam”. Ditambahkan lagi oleh Rahmad, dkk. “metafisika juga merupakan suatu kajian tentang hakikat keberadaan zat, hakikat pikiran, dan hakikat kaitan zat dengan pikiran” (2011:141), selain itu “Ontologi merupakan salah satu kajian atau studi kefilsafatan yang membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret: (a) apa  yang dimaksud dan bagaimanakah penggolongan dengan ada, keberadaan, atau eksistensi itu? (b) apa sifat dasar (nature) kenyataan atau keberadaan?” (2011:142). Lalu, “Ontologi ilmu atau pengetahuan ilmu mengkaji apa hakikat ilmu atau pengetahuan ilmiah yang sering kali secara populer banyak orang menyebutnya dengan ilmu pengetahuan, apa hakikat kebenaran rasional atau kebenaran deduktif dan kenyataan empiris yang tidak terlepas dari persepsi ilmu tentang apa dan bagaimana (yang) “ada” itu “ (2011:143).
            Ontologi membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan (Muhadjir, 2001:57) sedangkan Utama (2013:7), “Ontologi ialah hakikat apa yang dikaji atau ilmunya itu sendiri.
                        Sementara itu, Dardiri (1986:17), “ontologi adalah menyelidiki sifat dasar dari apa yang nyata secara fundamental dan cara berbeda di mana entitas dari kategori-kategori yang logis yang berlainan (objek-objek fisis, hal universal, abstraksi) dapat dikatakan ada; dalam kerangka tradisional ontologi dianggap sebagai teori mengenai prinsip-prinsip umum dar hal ada, sedangkan dalam hal pemakaiannya akhir-akhir ini ontologi dipandang sebagai teori mengenai apa yang ada”.
                        Beekman (1987:97) mengungkapkan bahwa ontologi ada kaitannya dengan segala sesuatu yang secara prinsip dapat dilihat  (berwujud), jadi menyelidiki apa yang telah dialami berdasarkan pengamatan dan dengan demikian tetap berada dalam batas-batas kenyataan berdasarkan pengamatan dan pengalaman.

4.    Terminologi Epistemologi (Cara Mendapatkan Kebenaran)
            Epistemologi sebagai istilah (terminologi) mempunyai beberapa pengertian sebagai berikut.
            Menurut Djojosuroto (2007:128), epistemologi merupakan cabang filsafat yang membahas tentang pengetahuan manusia yang meliputi sumber-sumber, watak, dan kebenaran pengetahuan manusia. Conny Semiawan dkk (dalam Susanto, 2011:102) epistemologi adalah cabang filsafat yang menjelaskan tentang masalah-masalah filosofis sekitar teori pengetahuan. Epistemologi memfokuskan pada makna pengetahuan yang dihubungkan dengan konsep, sumber, dan kriteria pengetahuan, jenis pengetahuan, dan sebagainya.
            Epistemologi menurut Susanto (2011:102) merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal-usul, susunan, metode-metode, dan sahnya pengetahuan. Pertanyaan mendasar yang dikaji dalam epistemologi, antara lain: (a) Apakah mengetahui itu? (b) Apakah yang merupakan asal-usul pengetahuan itu? (c) Bagaimanakah cara kita mengetahui apabila kita mempunyai pengetahuan? (d) Bagaimanakah cara kita membedakan antara pengetahuan dengan pendapat? (e) Apakah yang merupakan bentuk pengetahuan itu? (f) Corak-corak pengetahuan apakah yang ada? (g) Bagaimanakah cara kita memperoleh pengetahuan? (h) Bagaimana manusia dapat mengetahui sesuatu? (i) Darimana pengetahuan itu dapat diperoleh? (j) Bagaimana validitas pengetahuan itu dapat dinilai?
            Pendapat Suriasumantri (2001:9), epistemologi atau teori pengetatahuan, membahas secara mendalam segenap proses yang terlihat dalam usaha kita untuk memperoleh pengetahuan. Ilmu merupakan pengetahuan yang didapat melalui proses tertentu yang dinamakan metode keilmuan. Metode inilah yang membedakan ilmu dengan buah pemikiran yang lainnya. Dengan kata lain, ilmu adalah    pengetahuan yang diperoleh dengan menerapkan metode keilmuan. Karena ilmu merupakan sebagian dari pengetahuan, yakni pengetahuan keilmuan. Untuk tujuan inilah, agar tidak terjadi kekacauan antara pengertian “ilmu” (science) dan “pengertian” (knowledge), maka kita mempergunakan istilah “ilmu” untuk “ilmu pengetahuan”.      
            Epistimologi ialah bagaimana mendapatkan pengetahuan yang benar (Utama, 2013:8) sedangkan (Supriyadi, 2010: 97) berpendapat bahwa “Epistemologi adalah cabang ilmu filsafat yang menengarai masalah-masalah filosofikal yang mengitari teori ilmu pengetahuan. Epistemologi bertalian dengan definisi dan konsep-konsep ilmu, ragam ilmu yang bersifat nisbi dan niscaya, dan relasi eksak antara ‘alim (subjek) dan ma’lum (objek). Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa epistemologi adalah bagian filsafat yang meneliti asal-asul, asumsi dasar, sifat-sifat, dan cara memperoleh pengetahuan menjadi penentu penting dalam menentukan sebuah model filsafat. Dengan pengertian ini, epistemologi tentu saja menentukan karakter pengetahuan, bahkan menentukan “kebenaran” macam yang dianggap patut diterima dan apa yang patut ditolak”.
            Disebutkan oleh Bakhtiar, “Epistemologi atau teori pengetahuan ialah cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian, dan dasar-dasarnya serta pertanggungjawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki” (2012:148).
            Disampaikan bahwa “Epistemologi merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia. Pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut epistemologi: (a) Apakah pengetahuan itu? (b) Bagaimanakah manusia dapat mengetahui sesuatu? (c) Dari mana pengetahuan itu dapat diperoleh? (d) Bagaimanakah validi pengetahuan itu dapat dinilai? (e) Apa perbedaan antara pengetahuan a priori (pengetahuan pra-pengalaman) dengan pengetahuan a posteriori (pengetahuan purna pengalaman)? dan (f) Apa perbedaan di antara: kepercayaan, pengetahuan, pendapat, fakta, kenyataan, kesalahan, bayangan, gagasan, kebenaran, kebolehjadian, dan kepastian?” (Rahmat, 2011:147).
            Sementara itu, Semiawan, dkk. (2005:157), “epistemologi adalah cabang filsafat yang menjelaskan tentang masalah-masalah filosofis sekitar teori pengetahuan. Epistemologi memfokuskan pada makna pengetahuan yang dihubungkan dengan konsep, sumber, dan kriteria pengetahuan, jenis pengetahuan, dan sebagainya.

3.  Terminologi Aksiologi (Nilai Guna Ilmu)
            Berdasarkan terminologi atau pengertian istilah, maka aksiologi banyak dijelaskan oleh para pakar filsafat, yaitu sebagai berikut.
            Berdasarkan pendapat Jalaluddin dan Abdullah Idi (1997:106) serta Rahmat (2011:155) bahwa “aksiologi disamakan dengan value dan valuation. Pembagian value dan valuation ada tiga, yaitu: (a) Nilai, sebagai suatu kata benda abstrak. Dalam pengertian sempit: berupa sesuatu yang baik, menarik, dan bagus. Adapun dalam pengertian luas, berupa: kewajiban, kebenaran, dan kesucian. (b) Nilai sebagai kata benda konkret, contohnya ketika kita berkata kepada sesuatu yang bernilai seperti: nilainya, nilai dia, dan sistem nilai. (c) Nilai digunakan sebagai kata kerja dalam ekspresi menilai, memberi nilai, dan dinilai “. Pendapat tersebut sama dengan pendapat Thoha (1997:82) bahwa “Nilai lebih menunjukkan kepercayaan tentang baik dan buruk dari seseorang. Dengan demikian nilai bagi seseorang itu merupakan pandangan atau anggapan atau kepercayaan mengenai sesuatu itu baik atau buruk”.
            Pendapat di atas, juga didukung oleh Bakhtiar (2012:165) bahwa “Permasalahan aksiologi yang utama adalah mengenai nilai. Nilai yang dimaksud adalah sesuatu yang dimiliki manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Teori tentang nilai yang dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan estetika. Arti etika: (1) merupakan suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan-perbuatan manusia, dan (2) merupakan suatu predikat yang dipakai untuk membedakan hal-hal, perbuatan-perbuatan, atau manusia-manusia yang lain”. Lalu, Suriasumantri (2010:234) mengungkapkan bahwa aksiologi adalah teori yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.
            Seiring dengan penjelasan di atas, maka Susanto (2011:116) berpendapat pula bahwa “Aksiologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat nilai, yang umumnya ditinjau dari sudut pandang kefilsafatan. Aksiologi juga menujukkan kaidah-kaidah apa yang harus kita perhatikan di dalam menerapkan ilmu ke dam praktis. Aksiologi memuat pemikiran tentang masalah nilai-nilai termasuk nilai-nilai tinggi dari Tuhan. Misalnya, nilai moral, nilai agama, nilai keindahan (estetika). Aksiologi juga mengandung pengertian lebih luas dari etika atau higher values of life (nilai-nilai kehidupan yang bertaraf tinggi). Aksiologi memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan berikut. Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimanakah kaitan antara teknik prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral atau profesional?”
            Aksiologi, menurut Djojosuroto  (2007:415), merupakan salah satu cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Menurut Utama (2013:11-12) bahwa aksiologi ialah menyangkut masalah nilai kegunaan ilmu. Ilmu tidak bebas nilai. Artinya pada tahap-tahap tertentu kadang ilmu harus disesuaikan dengannilai-nilai budaya dan moral suatu masyarakat; sehingga nilai kegunaan ilmu tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan bersama, bukan sebaliknya malahan menimbulkan bencana. Contoh kasus: penelitian di Taiwan. Dampak kemajuan teknologi modern telah diteliti dengan model penelitian yang terintegrasi, khususnya terhadap masyarakat dan budaya.
            Hasil kemajuan teknologi di Taiwan telah membawa negara itu mengalami “keajaiban ekonomi”, sekalipun demikian hasilnya tidak selalu positif. Kemajuan tersebut membawa banyak perubahan kebiasaan, tradisi dan budaya di Taiwan. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat lima hal yang telah berubah selama periode perkembangan teknologi di negara tersebut yaitu: (1) perubahan-perubahan dalam struktur industri berupa: meningkatnya sektor jasa dan peranan teknologi canggih pada bidang manufaktur, (2) perubahan-perubahan dalam struktur pasar berupa: pasar, (3) menjadi semakin terbatas, sedang pengelolaan bisnis menjadi semakin beragam, (4) perubahan-perubahan dalam struktur kepegawaian berupa: tenaga professional yang telah terlatih dalam bidang teknik menjadi semakin meningkat, dan (5) perubahan-perubahan struktur masyarakat berupa: meningkatnya jumlah penduduk usia tua dan konsep “keluarga besar” dalam proses diganti dengan konsep “keluarga kecil”. Perubahan-perubahan dalam nilai-nilai sosial berupa : penghargaan yang lebih tinggi terhadap keuntungan secara ekonomis daripada masalah-masalah keadilan, meningkatnya kecenderungan masyarakat untuk bersikap individualistik.
      



B.   Hakikat Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori
1.  Postulat
a.    Definisi Postulat
         Menurut Narbuko dan Achmadi (2002:23), bahwa “Kalau kita menyatakan: “Manusia adalah makhluk sosial” atau “Manusia itu dilahirkan dalam keadaan tak berdaya”, kedua pernyataan itu dapat kita sebut postulat. Pernyataan: “Manusia adalah makhluk sosial” dapat digunakan sebagai landasan pikiran yang pasti untuk mengembangkan teori-teori dalam ilmu-ilmu sosial dan penelitian-penelitian ilmiah”. Selanjutnya, Gade (2005:131) mengatakan bahwa postulat adalah asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar tanpa perlu membuktikannya, merupakan suatu anggapan dasar, atau pun suatu patokan duga. Tim UPI (2005:88) mrngungkapkan bahwa postulat adalah suatu proposisi yang diterima dibagai kebenaran.
         Harahap (2002:20), pengertian postulat adalah pernyataan yang dapat membuktikan sendiri kebenarannya atau disebut juga aksioma yang sudah diterima karena kesesuaiannya dengan tujuan. Kemudian, pendapat Suriasumantri (2010:155) “Postulat merupakan asumsi dasar yang kebenarannya kita terima tanpa dituntut pembuktiannya. Kebenaran ilmiah pada hakikatnya harus disahkan lewat sebuah proses yang disebut metode keilmuan”.

b.   Ciri-Ciri Postulat
         Suriasumanti (2010:155) berpendapat bahwa “Postulat adalah ibarat titik dalam lingkaran yang eksistensinya kita tetapkan secara sembarang. Namun, mesti terdapat alasan yang kuat dalam menetapkan sebuah postulat sukar sampai diterima secara universal. Umpamanya masalah yang sangat sederhana: Apakah sebenarnya tujuan pendidikan?”


c.    Prinsip-Prinsip Postulat
              Adapun prinsip postulat menurut Salam (2003:35) memiliki delapan prinsip, yaitu sebagai berikut.
1)        Prinsip kausalitas, merupakan suatu kepercayaan bahwa setiap kejadian mempunyai sebab, oleh karena itu dalam keadaan yang sama, sebab yang sama, selalu menghasilkan akibat yang sama.
2)        Prinsip ramalan yang sama, menyatakan bahwa sekumpulan kejadian akan menunjukkan sejumlah hubungan atau antarhubungan di masa depan sebagaimana telah ditunjukkan pada masa yang lampau atau sebagaimana ditunjukkan dewasa ini.
3)        Prinsip objektif, menuntut si penyelidik untuk tidak berbuat berat sebelah sehubungan dengan data yang ia hadapi. Faktanya harus dapat dicoba sedemikian rupa dalam cara-cara yang sama oleh semua orang yang bukan peneliti. Maksudnya ialah menghilangkan semua subjektivitas dan unsur pribadi sejauh mungkin dan sedapat mungkin untuk memusatkan perhatian terhadap objek penelitian tersebut.
4)        Prinsip empirisme, memungkinkan bagi peneliti untuk mengasumsi bahwa rasa impresinya itu benar, dan tes kebenaran merupakan suatu tuntutan ke arah fakta yang telah teruji. Mengetahui, adalah akibat daripada observasi, pengalaman dan percobaan sebagai lawan terhadap kekuasaan, intuisi atau akal belaka.
5)        Prinsip parsimony (penghematan), menyarankan bahwa untuk hal-hal yang sama, seseorang akan membuat penjelasan yang sederhana sebagai suatu pernyataan yang sah. Prinsipnya adalah sebuah pengecekan terhadap hal-hal pelik yang tak berguna, untuk mencegah penggunaan penjelasan-penjelasan yang sangat rumit. Biasanya disebut “Pisau Occam” sejak William Occam, seorang filosof Inggris pada abad ke-14 menyatakan, “kesatuan itu jangan di perbanyak di luar kebutuhannya.
6)        Prinsip isolasi atau pengasingan, meminta agar fenomena yang akan diselidiki itu harus dipisahkan sehingga dapat diteliti tersendiri.
7)        Prinsip kontrol (pengawasan), mengutamakan pentingnya pengawasan terutama pada taraf eksperimen, jika tidak, banyak unsur-unsur yang akan menyimpang dalam waktu yang sama, di mana eksperimen itu tidak dapat diulang dengan cara yang sama. Seandainya berubah sementara eksperimen itu sedang dilangsungkan, hasilnya pun mungkin akan tidak sempurna.
8)        Prinsip pengukuran yang tepat, menuntut supaya hasil-hasilnya nanti dapat dinyatakan dalam bentuk kuantitatif atau dalam istilah-istilah matematis. Hal ini terutama menjadi tujuan akhir dari penelitian ilmu alam.

d.   Tujuan Postulat
         Narbuko dan Achmadi (2002:23), mengungkapkan bahwa postulat berpengaruh terhadap tingkat validitas dan reliabilitas teori-teori dan penelitian ilmiah yang dikembangkan kemudian.
         Pengembangan pernyataan tersebut misalnya pernyataan bahwa “sebagai makhluk sosial, manusia ingin bergaul dengan manusia lain” dan dari “Pergaulan itu akan dapat menimbulkan pengaruh pendidikan”. Pernyataan-pernyataan terakhir itu akan dapat berkembang menjadi teori dan bahkan dapat disebut teori, dan karenanya akan dapat mengembangkan penelitian ilmiah.
         Yang dimaksud dengan tingkat validitas ialah tingkat kejituan atau ketepatan landasan pikirannya, sedang yang dimaksud tingkat reliabilitas ialah tingkat keajengan landasan pikiran itu apabila diterapkan dengan kondisi yang sama dalam beberapa waktu dan keadaan. Kalau terdapat penyimpangan akan sangat sedikit sekali, bahkan tidak tampak/ tidak berarti. Karenanya semua pengetahuan ilmiah mesti akan dituntut tingkat validitas dan reliabilitasnya.

e.    Unsur-Unsur Postulat
         Pendapat Narbuko dan Achmadi (2002:23) bahwa postulat tentang alam semesta diklasifikasikan menjadi lima unsur postulat pokok, yaitu: postulat jenis, keajengan, sebab akibat, keterbatasan sebab akibat, dan variabelitas gejala, sedangkan postulat pokok tentang kemampuan manusia diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: postulat tentang realibilitas pengamatan, ingatan, dan pemikiran.
a)    Postulat-Postulat tentang Alam Semesta
1.        Postulat Jenis
          Postulat ini menentukan bahwa gejala yang ada di alam ini mempunyai kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan. Adanya perbedaan-perbedaan akan menentukan aneka ragam jenis dan kesamaan-kesamaan gejala akan mewujudkan rumpun sejenis, air dan minyak berbeda tetapi sejenis, begitu pula batu dan besi berbeda tetapi sejenis. Apakah hewan dan manusia juga berbeda tetapi sejenis? Kiranya juga begitu, sebab manusia adalah “animal rasional”. Postulat ini memiliki 3 fungsi, yaitu: (a) meringkaskan gejala-gejala, (b) memudahkan mencari jenis suatu gejala, (c) memudahkan komunikasi baik oleh sesama ilmuwan maupun dengan masyarakat.
2.        Postulat Keajengan
          Postulat itu menganggap bahwa gejala-gejala alam mempunyai kecenderungan untuk mempertahankan sifat-sifat hakikat dalam keadaan dan waktu tertentu. Baik gejala-gejala alam maupun sosial memiliki sifat tidak mutlak, artinya dapat berubah-ubah. Hanya perubahan kemutlakan gejala-gejala alam relatif lebih kecil daripada gejala-gejala sosial. Kalau air dipanaskan sampai derajat tertentu mendidih kemudian menguap dan kalau uap air didinginkan sampai derajat tertentu mengembun kemudianb membeku, dan kalau terjadi kontak antara manusia dengan manusia mungkin akan terjadi komunikasi dan interaksi, jelaslah bahwa contoh-contoh tersebut menunjukkan adanya perubahan entah cepat atau lambat.
3.        Postulat Sebab Akibat
          Postulat ini menganggap bahwa semua kejadian dalam alam semesta ini terikat pada hubungan antara sebab dan akibat. Kalau suatu benda jatuh, ini disebabkan oleh gravitasi bumi, dan kalau seseorang mengantuk, mungkin saja disebabkan oleh terlalu makan, karena suatu penyakit, atau terlalu banyak bergadang.
4.        Postulat Keterbatasan Sebab Akibat
          Ternyata tidak semua sebab menimbulkan semua akibat. Inilah yang dimaksud dengan keterbatasan. Belum tentu semua orang yang mengantuk disebabkan oleh kurang istirahat. Dan sebaliknya belum tentu semua orang yang kurang istirahat lalu menjadi ngantuk. Sebab membatasi akibat dan bisa juga akibat membatasi sebab.
5.        Postulat Variabelitas Gejala Alam
          Apabila kita mencampur 1 sendok pewarna merah dengan 1 liter air jernih dan dengan 5 liter air jernih jelas akan kita lihat variabel warna merah yang berbeda. Begitu pula kita akan melihat variabel tingkah laku yang berbeda, bila kita tersenyum kepada orang debil dibanding dengan atau kepada gadis cantik atau pemuda gagah.
          Dalam kondisi-kondisi dan dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang sempurna sering dapat ditimbulkan gejala yang sama untuk gejala alam, tetapi hal ini sangat sukar sekali diwujudkan dalam gejala-gejala sosial. Oleh karena itu, postulat ini harus dipertimbangkan benar-benar apabila kita mengadakan eksperimen.




b)    Postulat-Postulat tentang Kemampuan Manusia
1.    Postulat Reliabilitas Pengamatan
          Pengamatan peneliti dalam aktivitasnya tidaklah selamanya tetap dan bahkan mungkin suatu ketika salah dalam pengamatannya yang secara terus-menerus dan teliti terhadap suatu proses atau gejala di manapun ia mengadakan penelitian. Hal itu biasanya disebabkan oleh faktor-faktor: kelelahan, keinginan, harapan, atau motivasi dari aktivitas itu. Ini mengisyaratkan apabila peneliti lelah, harapannya tidak terwujud, keinginannya tidak terpenuhi dan motivasinya rendah, besar sekali kemungkinannya akan salah pengamatannya.
          Untuk mengurangi kesalahan perlu adanya koreksi terhadap hasil pengamatannya dengan cara: (1) pengamatan ulang, (2) menambah banyak kasus yang diamati, (3) membandingkan dengan hasil pengamatan orang lain, (4) menggunakan ukuran-ukuran yang mantap, dan tepercaya dan memadai, (5) menggunakan simbol-simbol, dan (6) berbuat objektif.
2.    Postulat Reliabilitas Ingatan
          Seperti halnya dengan pengamatan, karena keterbatasan ingat seseorang maupun peneliti, dan karenanya berpengaruh terhadap cara mengungkap atau mereproduksi kembali apa saja yang ia hayati. Pada umumnya orang mudah mengingat hal-hal atau peristiwa-peristiwa yang mengesankan. Ini meliputi: apa yang ia senangi, apa  yang ia benci, apa yang ia kagumi, apa yang mencemaskan, dan lain-lain.
          Untuk mengurangi kesalahan dan untuk memudahkan mengingat, orang atau peneliti suka membuat “memory” misalnya: dokumen, simbol, folio rekaman, dan lain-lain.
5.        Postulat Reliabilitas Pemikiran
          Di dalam hal reasoning inipun seseorang atau peneliti tidak luput dari kesalahan. Pemikiran seseorang kadang-kadang berubah-ubah terpengaruh oleh keadaan, tempat, dan waktu. Suatu ketika orang mengikuti logika, suatu ketika mengikuti perasaan (hati).
          Kita harus mengingat bahwa yang benar itu logis tapi harus diingat bahwa yang kogis itu tidak selamanya selalu benar. Kesalahan bisa dituntutkan karena tidak digunakan logika formal dalam orientasi berpikirnya. Sebagai ilustrasi, misalnya: “Sukarno M. Nur artis kehidupan materialnya melimpah” dan “Hetty Kus Endang artis kehidupan materialnya melimpah”. Jadi, semua arti kehidupan materialnya melimpah. Sepintas lalu generasi itu tampaknya benar. Tetapi benarkah semua artis begitu kehidupannya? Sebab ternyata banyak sekali artis yang kehidupan materialnya pas-pasan. Jadi, generasi itu salah.
        
f.     Kelebihan-Kelebihan Postulat
         Menurut Suriasumantri, “Postulat dalam pengajuannya tidak memerlukan bukti tentang kebenarannya (2010:157)”.

2.  Asumsi
a.    Definisi Asumsi
         Menurut Danim (2000:113) bahwa secara umum, asumsi didefinisikan sebagai hasil abstraksi pemikiran yang oleh peneliti dianggap benar dan dijadikannya sebagai pijakan untuk mengkaji satu atau  beberapa gejala sedangkan menurut Susanto (2011:94), “Asumsi adalah pendapat yang telah didukung oleh beberapa teori dan fakta yang dapat dibuktikan secara rasional. Berkenaan dengan pengkajian konsep-konsep, pengandaian-pengandaian”.

b.   Ciri-Ciri Asumsi
Suriasumantri mengatakan bahwa “Asumsi ditetapkan dalam sebuah argumentasi ilmiah (pernyataan kebenarannya secara empiris dapat diuji  (2010:157)”.

c.    Tujuan Asumsi
         Asumsi perlu sebab memberi arah dan landasan bagi kegiatan penelaahan kita. Sebuah pengetahuan baru dianggap benar selama kita bisa menerima asumsi-asumsi ini, baik yang dinyatakan secara tersurat maupun yang tercakup secara tersirat” (Suriasumantri, 2001:6).

3.  Prinsip
d.   Definisi Prinsip
         Alwasilah (2010:85) berpendapat bahwa “ Prinsip merujuk pada proposisi atau pernyataan yang umum, atau merujuk pada panduan berpikir dan bertindak” sedangkan Suriasumantri (2010:153) menyampaikan bahwa “Prinsip dapat diartikan sebagai pernyataan yang berlaku secara umum bagi sekelompok gejala-gejala tertentu, yang mampu menjelaskan kejadian yang terjadi, umpamanya saja hukum sebab akibat sebuah gejala. Dalam ilmu ekonomi kita mengenal prinsip ekonomi dan dalam fisika kita mengenal prinsip kekekalan energi. Dengan prinsip-prinsip ini maka kita mampu menjelaskan kejadian-kejadian yang terjadi dalam ilmu ekonomi dan fisika”.

e.    Ciri-Ciri Prinsip
         Menurut Alwasilah (2010:85) bahwa prinsip sifatnya lebih umum. Akan tetapi, antara prinsip dan aturan adalah bagian integral dari program pendidikan. Keduanya memiliki dampak psikologi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pendidikan. Misalnya, begitu masuk PNS, kita diwajibkan menaati berbagai aturan. Dan, aturan-aturan itu dipersiapkan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Seperti, halnya resep, aturan pun secara eksplisit mengatur seseorang untuk melakukan sesuatu (action), tidak secara tegas benar atau salah.


f.     Tujuan Prinsip
         Suriasumantri (2010:155) mengatakan bahwa “Dengan prinsip kita dapat menjelaskan pengertian efisiensi dan mengembangkan berbagai teknik seperti analisis sistem dan riset operasional (operasions research) untuk meningkatkan efisiensi. Dengan mengetahui prinsip yang mendasarinya, maka tidak sukar bagi mereka yang mempelajari teknik-teknik tersebut yang bernaung dalam payung konsep sistem, untuk memahami bukan saja penjelasan teknis namun sekaligus pengkajian filsafati”.

       4.  Teori
            a.   Definisi Teori
         Menurut Babbie (2006:37) bahwa teori ialah suatu penjelasan yang sistematis untuk mengobservasi fakta-fakta dan hukum-hukum yang berkait dengan aspek tertentu dari kehidupan. Misalnya kenakalan remaja, atau mungkin pula stratifikasi sosial, renovasi politik, dan sebagainya, sedangkan tim pengembang UPI (2007:85) mengatakan bahwa teori merupakan suatu perangkat (a set statement) yang menjelaskan serangkaian hal. Ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut. Lalu, Suriasumantri (2010:143) mengatakan bahwa teori merupakan pengetahuan ilmiah yang mencakup penjelasan mengenai suatu faktor tertentu dari sebuah disiplin keilmuan.

b.        Ciri-Ciri Teori
         Narbuko dan Achmadi (2002:28) berpendapat sebagai berikut.
1.        Hubungan dengan data, teori dibangun dengan data yang tersusun dalam satu sistem pemikiran yang sistematik. Karena itu, maka pengumpulan data dilakukan hanya sesudah segala sesuatupun mengenai masalah penelitian telah selesai direncanakan. Dengan demikian dapat dipahami bahwa teori tidak tepat disamakan dengan  pengertian  “metafisik yang tidak praktis”. Justru segala tindakan praktis di dalam kehidupan didasarkan atas satu sudut pandangan dan teori tertentu. Misalnya, tindakan pedagogik tertentu bagi seorang guru didasarkan atas dasar teori perubahan tingkah laku. Juga segala tindakan praktis pemerintah di bidang moneter didasarkan atas teori kenegaraan. Walaupun mungkin teori itu berubah-ubah dari pemerintah satu dengan yang lain.
2.        Hubungan dengan hipotesis penelitian, sebuah teori adalah perumusan sementara tentang suatu kemungkinan dalil. Teori sebagai titik permulaan di dalam arti bahwa dari situlah bersumbernya hipotesis yang akan dibuktikan. Adapun secara etimologi (asal-usul kata), hipotesis berasal dari kata “hipo” yang artinya kurang atau lemah sedangkan “tesis” atau “thesis” yang berarti teori, proposisi, atau pernyataan yang disajikan sebagai bukti. Jadi, hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan kenyataannyanya. Jika suatu hipotesis telah terbukti kebenarannya, ia akan berubah namanya yang disebut tesis, jadi merupakan teori.
Utama (2013:9), berpendapat bahwa teori mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut.
1)      Harus konsisten dengan teori-teori sebelumnya yang memungkinkan tidak terjadinya kontraksi dalam teori keilmuan secara keseluruhan.
2)      Harus cocok dengan fakta-fakta empiris, sebab teori yang bagaimanapun konsistennya apabila tidak didukung oleh pengujian empiris tidak dapat diterima kebenarannya secara ilmiah.
3)      Ada empat cara teori dibangun menurut Melvin Marx:
(1)   Model Based Theory
Berdasarkan teori pertama teori berkembang adanya jaringan konseptual yang kemudian diuji secara empiris. Validitas substansi terletak pada tahap-tahap awal dalam pengujian model, yaitu apakah model bekerja sesuai dengan kebutuhan peneliti.
(2)   Teori Deduktif
Teori kedua mengatakan suatu teori dikembangkan melalui proses deduksi. Deduksi merupakan bentuk inferensi yang menurunkansebuah kesimpulan yang didapatkan melalui penggunaan logikapikiran dengan disertai premis-premis sebagai bukti. Teori deduktif merupakan suatu teori yang menekankan pada struktur konseptualdan validitas substansialnya. Teori ini juga berfokus padapembangunan konsep sebelum pengujian empiris.
(3)   Teori Induktif
Teori ketiga menekankan pada pendekatan empiris untuk mendapatkan generalisasi. Penarikan kesimpulan didasarkan pada observasi realitas yang berulang-ulang dan mengembangkan pernyataan-pernyataan yang berfungsi untuk menerangkan serta menjelaskan keberadaan pernyataan-pernyataan tersebut.
(4)   Teori Fungsional
Teori keempat mengatakan suatu teori dikembangkan melalui interaksi yang berkelanjutan antara proses konseptualisasi dan pengujian empiris yang mengikutinya. Perbedaan utama dengan teori deduktif terletak pada proses terjadinya konseptualisasi pada awal pengembangan teori. Pada teori deduktif rancangan hubungan konspetualnya diformulasikan dan pengujian dilakukan pada tahap akhir pengembangan teori.

c.   Prinsip-Prinsip Teori
         Pendapat Babbie (2006:44-45) mengungkapkan bahwa prinsip-prinsip konstruksi teori ialah sebagai berikut.
1)   Menentukan topik
2)   Menentukan batasan fenomena yang menjadi sasaran teori.
3)   Mengidentifikasi dan menentukan konsep-konsep,variabel-variabel utama. Apakah teori  yang akan digunakan akan mencakup seluruh kehidupan manusia, atau hanya untuk orang Amerika saja, kaum muda saja atau bagaimana?
4)   Mengumpulkan apa saja yang telah diketahui (proposisi) tentang hubungan antara variabel-variabel tersebut.
5)   Mempertimbangkan secara logis ketertarikan antara proposisi tersebut dengan topik-topik tertentu yang akan dikupas.

g.         Tujuan Teori
         Narbuko dan Achmadi (2002:28) mengatakan bahwa “Teori dibutuhkan sebagai pegangan-pegangan pokok secara umum”.

h.        Unsur-Unsur Teori
         Babbie (2006:37) mengatakan bahwa Jonathan Turner (1974) telah menguji diantaranya tiga elemen atau unsur teori, yakni konsep, variabel, dan pernyataan. Penjelasan dari ketiga unsur teori tersebut adalah sebagai berikut di bawah.
1.    Konsep
         Turner menyebut konsep sebagai “kumpulan bangunan dasar dari teori (1986). Konsep adalah elemen abstrak yang menampilkan sekelompok fenomena dalam suatu bidang kajian. Konsep-konsep yang relevan dengan kenakalan remaja misalnya, akan mencakup konsep tentang remaja dan kenakalan remaja dan kenalah sebagai titik pijaknya. Kelompok sebaya, orang-orang menjadi teman keluturan dan mengidentifikasikan dirinya, akan menjadi konsep relevan lainnya. Kelas sosial dan etnisitas tidak dapat disangkal lagi akan menjadi konsep-konsep yang relevan dengan kenakalan remaja. Capaian sekolah mungkin relevan juga dengan teori kenaalan remaja.
2.    Variabel
         Variabel merupakan sejawat empiris dari konsep. Jika konsep berada pada wilayah teori, maka variabel merupakan alat dari observasi dan pengukuran. Dengan demikian, variabel lebih spesifik dibandingkan dengan konsep. Contohnya, sebagai variabel penghasilan dapat dispesifikkan menjadi penghasilan tahunan keluarga, seperti lazim tertulis pada pertanyaan survai.
3.    Pernyataan
Teori terdiri beberapa tipe pernyataan. Dua diantara prinsip atau hukum adalah aksioma dan proposisi. Aksioma merupakan pernyataan fundamental, karena selalu dianggap benar, bilamana teorinya mendasar. Proposisi adalah kesimpulan yang menggambarkan hubungan-hubungan diantara konsep-konsep berdasarkan hubungan-hubungan yang logis diantara aksioma.
         Dalam teori kenakalan remaja, kita bisa memulainya dengan aksioma seperti misalnya “setiap orang berhasrat pada kepuasaan material” dan “kemampuan untuk memperoleh kepuasaan material secara legal lebih dimiliki oleh kelas atas dibandingkan kelas bawah”. Dari aksiomatis ini maka dapat disimpulkan bahwa kalangan muda kelas bawah lebih berpotensi untuk melanggar hukum dalam rangka memperoleh kepuasaan material ketimbang kalangan muda dari kelas atas. Kesimpulan ini dapat menjadi sebuah proposisi.

i.           Kelebihan-Kelebihan Teori
         Suriasumantri mengatakan bahwa: (1) makin tinggi tingkat keumuman sebuah konsep maka makin “teoretis” konsep tersebut (2010:153). Lalu, (2) Teori-teori yang mempunyai tingkat keumuman  yang lebih rendah disatukan dalam suatu teori umum yang mampu mengikat keseluruhan teori-teori tersebut dan (3) Pengetahuan ilmiah dalam bentuk teori dan hukum ini merupakan “alat” yang dapat kita pergunakan untuk mengontrol gejala alam (2010:147).

j.           Langkah-Langkah Menyusun Teori
         Narbuko dan Achmadi (2002:33) menyampaikan bahwa langkah-langkah tugas menyusun teori meliputi usaha-usaha untuk mencari dan merumuskan hukum-hukum atau aturan-aturan mengenai hubungan antara gejala yang satu dengan gejala yang lain atau kondisi yang satu dengan kondisi yang lain atau peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain.
         Mencari hukum berarti berusaha untuk mendapat aturan-aturan baru atau berusaha untuk menemukan pengimbangan hukum-huum baru berdasar hukum-hukum atau aturan-aturan lama yang mendahului. Merumuskan hukum atau aturan berarti berusaha untuk menyusun rumusan, definisi, atau dalil tentang hubungan antara gejala dengan gejala, peristiwa dengan peristiwa, kondisi dengan kondisi. Jadi, untuk menyusun teori harus ada gejala peristiwa atau kondisi dan harus ditemukan bagaimana, kapan, apa akibat yang mungkin timbul dari hubungan itu.
         Tim pengembang UPI (2007:89) menyatakan bahwa terdapat tiga proses terbentuknya suatu teori, yaitu:
1)      Pendefinisian istilah merupakan hal yang sangat penting dalam berteori, terutama berkenaan dengan kejelasan atau ketepatan penggunaan istilah yang telah didefinisikan.
2)      Klasifikasi yaitu pengelompokkan informasi-informasi yang relevan dengan kategori-kategori yang sejenis. Klasifikasi juga merupakan pengelompokkan fakta dan generalisasi ke dalam kelompok-kelompok yang homogen, tetapi tidak menjelaskan interelasi antarkelompok atau interaksi antara fakta dengan generalisasi dalam suatu kelompok.
3)      Mengadakan induksi/ deduktif. Induksi dan deduksi merupakan dua prinsip penting di dalam mengembangkan pernyataan-pernyataan teoretis setelah pendefinisian dan pengklasifikasian. Induksi merupakan proses penarikan kesimpulan yang lebih bersifat umum dari fakta-fakta atau hal-hal yang bersifat khusus. Deduksi merupakan penurunan kaidah-kaidah khusus dari kaidah yang lebih umum.

A.      Implementasi Kajian Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)

4.     Kajian Ontologi
            Cabang Ontologi, yaitu berada dalam wilayah ada. Kata Ontologi berasal dari Yunani, yaitu onto yang artinya ada dan logos yang artinya ilmu. Dengan demikian, ontologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang keberadaan. Pertanyaan yang menyangkut wilayah ini antara lain: apakah objek yang ditelaah ilmu? Bagaimanakah hakikat dari objek itu? Bagaimanakah hubungan antara objek tadi dengan daya tangkap manusia yang membuahkan pengetahuan dan ilmu? Sehubungan dengan hal tersebut, dilihat dari judul tesis yang dianalisis, yaitu “Peningkatan Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri Plus Provinsi Riau” maka kajian ontologi atau asal-usul keilmuannya adalah dalam bidang ilmu kependidikan dan ilmu keterampilan berbahasa, yaitu ilmu pedagogik dan ilmu keterampilan berbahasa Indonesia. Dengan menggunakan model pendekatan kooperatif Jigsaw yang dapat dipahami melalui objek materi dan objek formal. Di mana dalam hal ini objek material yang akan dibahas yaitu “Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot” dan yang menjadi objek adalah “Siswa Kelas X SMA Negeri Plus Provinsi Riau”
            Keberadaan “Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot” sebagai objek material akan dipahami melalui uraian objek formal yaitu dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan berusaha mencarikan model pembelajaran lain yang aktif, efektif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran lebih bermakna dan lebih berkualitas. Model pembelajaran yang akan di coba untuk melakukannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Ketertarikan peneliti mengambil model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, karena peneliti melihat dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw semua anggota kelompok diberi tugas dan tanggung jawab, baik individu maupun kelompok. Keunggulan pada pembelajaran kooperatif Jigsaw dibanding dengan diskusi yaitu seluruh anggota dalam kelompok harus bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan, sebab tugas itu ada yang merupakan tanggung jawab individu dan ada pula tanggung jawab kelompok.
           Prastowo (2013:79) menyampaikan bahwa pembelajaran kooperatif Jigsaw akan efektif digunakan apabila: (1) guru menekankan pentingnya usaha bersama di samping usaha secara individual; (2) guru menghendaki pemerataan; (3) guru ingin menanamkan tutor sebaya atau belajar melalui teman sendiri; (4) guru menghendaki adanya pemerataan partisipasi aktif siswa; dan (5) guru menghendaki kemampuan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan. Demikian pula yang diungkapkan oleh Isjoni (2013:54) bahwa pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal.
            Sesuai dengan judul tesis yang dianalisis maka dalam hal ini lebih diperdalam mengenai ilmu pedagogik guru khususnya keterampilan menulis karya ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Seperti yang dikemukakan Sanjaya (2011:26), “PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut” sedangkan menurut Yudhistira (2012:25), PTK merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan, yang ditujukan untuk memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan selama proses pembelajaran serta untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang masih terjadi dalam proses pembelajaran dan untuk melakukan upaya perbaikan guna mewujudkan tujuan-tujuan dalam proses pembelajaran tersebut.
            Untuk mencapai tujuan tersebut maka adanya upaya-upaya, seperti: mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola proses      pembelajaran yang bermutu dan melatih guru agar lebih cermat  dalam memperhatikan kesulitan belajar siswa. Harapan dari penelitian tersebut bagi siswa ke depannya adalah dapat memberikan suasana pembelajaran yang menggairahkan, menghilangkan anggapan bahwa belajar kelompok itu cukup dikerjakan oleh satu atau dua orang saja, memupuk pribadi siswa aktif dan kreatif, dan memupuk tanggung jawab individu maupun kelompok. Kemudian, bagi sekolah kedepannya diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.
            Sesuai dengan motto kurikulum 2013 bahwa keberadaan bahasa Indonesia penting sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan (carrier of knowledge). Ilmu pengetahuan digunakan sebagai penggerak sehingga menuntun siswa untuk mencari tahu (discovery learning), bukan lagi diberi tahu. Juga menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat menyampaikan gagasan atau komunikasi. Artinya, bahasa dapat dijadikan pembawa pengetahuan untuk wahana pengimbang ekspresi perasaan dan  pemikiran dengan berpikir logis dan objektif, sistematis, dan kreatif supaya dapat diterima dengan mudah oleh penerimanya. Paradigma baru itu tercermin dari perubahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang berbasis teks. Makanya, dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, siswa sudah dituntut mampu mengonsumsi dan memproduksi teks dan pembelajarannya juga bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis. Teks dimaknai sebagai satuan bahasa yang mengungkapkan makna secara kontekstual.
            Beberapa aliran dalam bidang ontologi, yakni realisme, naturalisme, empirisme. Berdasarkan judul tesis yang dianalisis “Peningkatan Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri Plus Provinsi Riau”  Dari pemaparan sebelumnya mengenai kajian ontologinya, maka dalam hal ini peneliti menganut aliran realisme.

5.    Kajian Epistemologi
            Kajian epistemologi atau langkah-langkah keilmiahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif yang bersifat ex post facto, artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dikumpulkan telah berlangsung. Dalam penelitian komparatif ex post facto peneliti berusaha mengidentifikasi faktor utama yang menyeabkan perbedaan tersebut. Penelitian komparatif ex post fact juga merujuk pada pengaruh dan yang mempengaruhi telah terjadi dalam tinjauan ke belakang. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan yaitu untuk menjelaskan peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar dalam menganalisis teks anekdot melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
             Adapun data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data-data berupa hasil: (1) observasi; (2) wawancara; (3) catatan lapangan; dan (4) tes. Tujuan dari data penelitian adalah untuk menyampaikan data kualitatif dan kuantitatif.
            Untuk mencapai tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar dalam menganalisis teks anekdot melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, maka dalam hal ini prosedur kegiatan penelitian dibagi menjadi dua langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  
              Prosedur peneltian pertama adalah perencanaan (planning). Pada langkah perencanaan yang pertama yaitu melakukan kegiatan penyusunan instrumen dan pembagian kelompok asal, terdiri dari: (1) Perencanaan penyusunan instrumen dan (2) Perencanaan pembagian kelompok asal dan ahli. Kemudian, perencanaan kedua, yaitu perencanaan tindakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas X.4, terdiri dari:
1.        Perencanaan penyampaian materi pokok bahasa Indonesia oleh guru
2.        Perencanaan pemberian tugas oleh guru.
3.        Perencanaan pelaksanaan diskusi tim ahli.
4.        Perencanaan diskusi pada tim asal.
5.        Perencanaan presentasi hasil diskusi kelas.
6.        Perencanaan pemberian kuis.
7.        Perencanaan pemberian penghargaan tim.
8.        Perencanaan tahap penutup.
              Prosedur penelitian kedua adalah pelaksanaan tindakan. Langkah-langkah pelaksanaan tindakan pembelajaran sebagai berikut.
1.        Pelaksanaan tes awal dan pembagian tim asal.
2.        Awal pembelajaran
3.        Tindakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas X.4, didalamnya dilaksanakan kegiatan yang mencakup: (a) pelaksanaan penyajian materi oleh guru, (b) pelaksanaan pemberian tugas oleh guru, (c) pelaksanaan diskusi kelompok ahli, (d) pelaksanaan diskusi kelompok asal, (e) pelaksanaan diskusi kelas, (f) pelaksanaan pemberian kuis, (g) pelaksanaan pemberian penghargaan kelompok, dan (h) pelaksanaan tahap penutup.
Sementara itu, prosedur penelitian ketiga adalah observasi yaitu selama tahap pelaksanaan peneliti melakukan observasi terhadap proses pembelajaran siswa dengan menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan. Observasi dilaksanakan dalam setiap pelaksanaan tindakan oleh observer.
Terakhir adalah prosedur keempat yakni refleksi. Refleksi yang dimaksud adalah berpikir ulang terhadap apa yang sudah dicapai, apa yang belum dicapai, dan masalah apa saja yang belum terpecahkan, dan menentukan tindakan apa lagi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, yang akan dilanjutkan pada siklus ke-2. Siklus ke-2 dilakukan seperti halnya siklus ke-1 mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan perbaikan rencana.
              Teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi menurut Sanjaya (2011:112) yaitu suatu cara untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan menggunakan berbagai metode agar informasi itu dapat dipercaya kebenarannya sehingga peneliti tidak salah mengambil keputusan. Moleong (2010:332) menyebutkan bahwa peneliti dapat me-recheck temuannya melalui berbagai sumber, metode, atau teori. Sementara, aktivitas siswa di kelas yang telah di observasi, maka data hasilnya terlebih dahulu dianalisis dan diolah secara kuantitatif dengan menghitung persentasenya.

6.    Kajian Aksiologi
            Berdasarkan data hasil belajar bahasa Indonesia yang akan dilakukan untuk nilai kuis dan Ulangan Harian (UH) pada proposal penelitian; selanjutnya, nantinya, dianalisis dan diolah maka data-data yang ada nantinya dilakukan penafsiran dan evaluasi untuk membuat perencanaan tindakan berikutnya. Dari hasil penafsiran dan evaluasi ini, maka dapat dipaparkan mengenai: (1) Apakah ada perbedaan antara rancangan dengan pelaksanaan? (2) Apakah perlu perubahan tindakan dan adakah alternatif tindakan yang dinilai tepat? (3) Bagaimana persepsi peneliti dan teman sejawat yang terlibat dalam pengamatan dan catatan lapangan terhadap tindakan yang telah dilaksanakan? dan (4) Adakah kendala-kendala yang muncul dan adakah alternatif pemecahannya?
              Oleh karenanya, dapat ditentukan beberapa hal yang berkaitan dengan penganalisisan dan pengolahan data penelitian proposal. Seperti dikatakan oleh Arikunto, (2008:29) interpretasi dalam pencapaian dari data kuantitatif ke interpretasi kualitatif aktivitas siswa dikategorikan seperti dijelaskan di bawah ini.
81% - 100%  = Sangat Baik
61% - 80%    = Baik
41% - 60%    = Cukup
21% - 40%    = Kurang
0%   - 20%    = Sangat Kurang
                        Di aspek lainnya, indikator ketercapaian dari masing-masing item aktivitas dalam penelitian ini dijelaskan pada tabel di bawah  ini.
Tabel 1. Aktivitas Siswa dan Indikator Ketercapaian Penelitian
Jenis Aktivitas Siswa
Indikator Ketercapaian
Persentase
Kategori
Memperhatikan penjelasan teman/ guru
81% - 100%
Sangat Baik
Bertanya kepada teman/ guru
61% - 80%
Baik
Menjawab pertanyaan
61% - 80%
Baik
Membuat ringkasan hasil diskusi
61% - 80%
Baik
Bekerja sama dalam diskusi
61% - 80%
Baik
   Kebenaran  menjelaskan
61% - 80%
Baik

            Dengan melihat rancangan penganalisisan dan pengolahan hasil analisis proposal penelitian yang akan dilakukan, maka kajian aksiologi atau manfaat penelitian ini antara lain sebagai berikut.
1.    Bagi Guru
a)    Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola proses        pembelajaran yang bermutu.
b)   Melatih guru agar lebih cermat  dalam memperhatikan kesulitan belajar siswa.
2.    Bagi Siswa
a)   Memberikan suasana pembelajaran yang menggairahkan.
b)  Menghilangkan anggapan bahwa belajar kelompok itu cukup dikerjakan oleh satu atau dua orang saja.
c)   Memupuk pribadi siswa aktif dan kreatif.
d)  Memupuk tanggung jawab individu maupun kelompok
3. Bagi Sekolah
            Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.






BAB III
PENUTUP

              Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakan ilmu dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya. Ciri-ciri keilmuan ini didasarkan pada jawaban yang diberikan ilmu terhadap ketiga pertanyaan pokok, yaitu: Apakah yang ingin kita ketahui? Bagaimanakah cara kita memperoleh pengetahuan? Dan apakah nilai pengetahui tersebut bagi kita? Dan, apakah nilai pengetahuan tersebut bagi kita? Filsafah mempelajari masalah ini sedalam-dalamnya dan hasil pengkajiannya merupakan dasar bagi eksistensi ilmu.
              Ontologi membahas tentang apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu. Atau dengan perkataan lain, suatu pengkajian mengenai teori tentang ”ada”. Kemudian bagaimana cara kita mendapatkan pengetahuan mengenai objek tersebut? Untuk menjawab pertanyaan itu maka kita berpaling kepada epistemologi: yakni teori pengetahuan. Akhirnya dalam menjawab pertanyaan ketiga tentang nilai kegunaan nilai pengetahuan tersebut maka kita berpaling kepada aksiologi: yakni teori tentang nilai. Setiap bentuk buah pemikiran manusia dapat dikembalikan pada dasar-dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari pemikiran yang bersangkutan. Analisis kefilsafatan ditinjau dari tiga landasan ini akan membawa kita kepada hakikat buah pemikiran tersebut. Demikian juga kita akan mempelajari ilmu ditinjau dari titik tolak yang sama untuk mendapatkan gambaran yang sedalam-dalamnya.
              Metodologi penelitian ilmiah megenal istilah-istilah postulat, asumsi, prinsip, dan teori. Istilah-istilah tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan sebagai ciri khasnya. Kita tidak terlepas dengan istilah tersebut ketika akan melakukan penelitian ilmiah. Untuk itu, maka kita mesti mengetahui perbedaan-perbedaannya agar kita dapat menempatkannya secara benar pada karya ilmiah kita nantinya.


DAFTAR RUJUKAN


Alwasilah, Chaedar. 2010. Filsafat: Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Rosda.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakhtiar, Amsal. 2012. Filsafat Ilmu (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Babbie, Earl. 2006. Menerapkan Metode Penelitian Survai untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jogjakarta: Palmall.
Beekman, Gerard dan R.A. Rivai (penerjemah). 1984. Filsafat Para Filsuf Berfilsafat. Jakarta: Erlangga.
Danim, Sudarwan. 2000. Metode Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Prilaku. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djojosuroto, Kinayati. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Dardiri, A. 1986. Humaniora, Filsafat, dan Logika. Jakarta: Rajawali.
Gade, Muhammad. 2005. Teori Akuntansi. Jakarta Timur: Almahira.
Harahap, Sofyan Syafri. 2002. Teori Akuntansi: Laporan Keuangan. Jakarta:         Bumi   Aksara.
Isjoni dan Mohd. Arif. Hj.Ismail (ed.). 2012. Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhadjir, Noeng. 2001. Filsafat Ilmu, Positivisme, Post Positivisme, dan Post Modernisme. Yogyakarta: Rakesarin.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Bagian I: Ilmu Pendidik Teoretis). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama (IMTIMA).
Thoha, Miftah. 1997. Pembinaan Organisasi: Proses Diagnosa dan Intervensi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan        Lengkap Aplikatif. Yogyakarta. Diva Press.

Rahmad, Aceng, dkk. 2011. Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2012.  Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses   Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supriyadi, Dedi. 2010. Filsafat Islam (Lanjutan): Teori dan Praktik. Babdung: CV             Pustaka Setia.
Salam, Burhanuddin. 2003. Pengantar Filsafat. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Semiawan, Conny, dkk. 2002. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suriasumantri, Jujun S. 2001. Ilmu dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan      Karangan tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
-------------------. 2010. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: PT           Penebar Swadaya.
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2013. Filsafat Ilmu dan Logika. Badung: Grasindo.
Yudhistira, Dadang. 2012. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: Mulya Abadi.








TUGAS TAKE HOME
MATA KULIAH FILSAFAT ILMU

Filsafat Ilmu:Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi beserta Implikasinya serta Mengenal Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori

Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum






Disusun oleh:

MISDIANTO
1209077






KONSENTRASI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
201
4

Kata Pengantar


            Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nyalah maka saya dapat menyelesaikan tugas mata kuliah “Filsafat Ilmu”ini dengan tepat waktu.
                               Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah laporan makalah dengan judul “Filsafat Ilmu:Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi beserta Implikasinya serta Mengenal Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori”,
         Melalui kata pengantar ini, penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi tugas ini ada kekurangan dan ada tulisan yang kurang tepat..
            Dengan ini saya mempersembahkan tugas ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi tugas ini sehingga dapat memberikan manfaat.



                                                                                           
                                                                          Pekanbaru, 10 Mei 2014

                                                                                        Penulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar