DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A. Latar Belakang
Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah............................................................................... 1
C. Tujuan ................................................................................................ 2
D. Manfaat............................................................................................... 2
BAB III PEMBAHASAN
............................................................................. 3
A. Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan
Aksiologi .......................... 3
1.
Terminologi Ontologi (Apa yang Dikaji) ............................................ 3
2.
Terminologi Epistemologi (Cara Mendapatkan Kebenaran) .............. 5
3. Terminologi Aksiologi (Nilai Guna Ilmu) .......................................... 7
B. Hakikat Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori
...................................
10
1. Postulat
............................................................................................. 10
A. Definisi
Postulat
.......................................................................... 10
B.
Ciri-Ciri
Postulat
......................................................................... 10
C.
Prinsip-Prinsip
Postulat
............................................................... 11
D.
Tujuan
Postulat
............................................................................ 12
E.
Unsur-Unsur
Postulat
.................................................................. 13
(a)
Postulat-Postulat tentang Alam Semesta ............................... 13
1. Postulat Jenis
.................................................................... 13
2. Postulat
Keajengan ............................................................ 13
3. Postulat Sebab
Akibat
...................................................... 14
4. Postulat
Keterbatasan Sebab Akibat
................................
14
5. Postulat
Variabelitas Gejala Alam
...................................
14
(b) Postulat-Postulat
tentang Kemampuan Manusia
.................. 15
1. Postulat
Reliabilitas Pengamatan
.....................................
15
2. Postulat
Reliabilitas Ingatan
............................................ 15
3. Postulat
Reliabilitas Pemikiran
........................................ 15
f.
Kelebihan-Kelebihan Postulat
...................................................... 16
2. Asumsi
................................................................................................ 16
a.
Definisi
Asumsi
........................................................................... 16
b.
Ciri-Ciri
Asumsi
.......................................................................... 16
c.
Tujuan
Asumsi
............................................................................. 17
3.
Prinsip ................................................................................................ 17
a.
Definisi Prinsip
............................................................................. 17
b.
Ciri-Ciri Prinsip
........................................................................... 17
c.
Tujuan Prinsip
.............................................................................. 18
ii
4. Teori ................................................................................................... 18
a.
Definisi
Teori
............................................................................... 18
b.
Ciri-Ciri
Teori
............................................................................. 18
c.
Prinsip-Prinsip
Teori
................................................................... 20
d.
Tujuan
Teori
................................................................................ 21
e.
Unsur-Unsur
Teori
....................................................................... 21
1.
Konsep
.................................................................................... 21
2.
Variabel
................................................................................... 22
3.
Pernyataan
............................................................................... 22
f.
Kelebihan-Kelebihan
Teori
......................................................... 22
g.
Langkah-Langkah
Menyusun Teori .............................................. 24
C. Implementasi Kajian Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)...... 24
1.
Kajian Ontologi
................................................................................... 24
2.
Kajian Epistemologi
............................................................................. 27
3.
Kajian Aksiologi ..................................................................................
29
BAB III PENUTUP..........................................................................................
31
DAFTAR RUJUKAN......................................................................................
32
iv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Fenomena perkembangan abad mutakhir
menghendaki adanya suatu sistem pengetahuan yang komprehensif. Dengan demikian
berdampak pada ilmu pengetahuan yang berkembang terus menerus tanpa berhenti
seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia. Perkembangan pengetahuan
manusia tentang kehidupan, alam semesta, dan hal-hal yang bersifat abstrak
merupakan tantangan dan tujuan dari pencarian kebenaran sejati.
Perkembangan masyarakat dewasa ini
menghendaki adanya pembinaan manusia yang dilaksanakan secara seimbang antara
nilai dan sikap, pengatahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan komunikasi,
dan kesadaran akan ekologi lingkungan dengan tujuan menjadikan manusia
tidak hanya berintelektual tingggi, tetapi juga memilki akhlak mulia.
Hal-hal
demikian, menjadikan seseorang untuk berpikir secara mendalam, merenung,
menganalisis dan menguji coba, serta merumuskan sesuatu kesimpulan yang
dianggap benar sehingga dengan melakukan kegiatan tersebut dengan tidak sadar
sudah melakukan kegiatan berfilsafat. Maka dari itu, ilmu lahir dari filsafat
atau dapat dikatakan filsafat merupakan induk dari sebuah ilmu. Oleh karena itu,
filsafat mempunyai kesamaan dan perbedaan dengan ilmu. Adapun pengertian dari
filsafat dapat dilihat dari segi etimologis dan terminologi, serta filsafat sebagai pandangan
hidup, dan filsafat sebagai ilmu. Filsafat
merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengkaji hal-hal yang ingin dicari
kebenaranya dengan menerapkan metode-metode filsafat.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalahnya yaitu:
1.
Apakah pengertian atau terminologi ontologi, epistemologi, dan aksiologi di dalam kajian filsafat ilmu?
2.
Jelaskanlah
hal-hal yang berkaitan dengan postulat, asumsi, prinsip, dan teori?
3.
Jelaskanlah
hal-hal yang berkaitan dengan ontologi, epistemologi, dan
aksiologi dari rancangan penelitian untuk penulisan tesis Anda (implikasi)!
C. Tujuan
Makalah ini
ditulis dengan tujuan sebagai berikut.
1. Untuk mengetahui
pengertian atau terminologi ontologi, epistemologi, dan aksiologi di dalam kajian filsafat ilmu.
2.
Untuk menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan postulat, asumsi,
prinsip, dan teori.
3.
Untuk menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan ontologi,
epistemologi, dan epistemologi
dari rancangan penelitian
tesis
(implikasi).
D. Manfaat
Manfaat dari
makalah ini, yakni sebagai berikut.
1. Manfaat
teoritis
Makalah ini dapat melengkapi kajian pustaka dari
pengertian filsafat.
2. Manfaat
praktis
Menambah wawasan dan pengetahuan penulis dan pembaca
berkenaan dengan materi pengertian filsafat.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Terminologi Ontologi, Epistemologi, dan
Aksiologi
1. Terminologi Ontologi (Apa yang Dikaji)
Istilah
ontologi memiliki berbagai pengertian menurut para ahli filsafat sebagai
berikut.
Pendapat
Bakhtiar (2012:131), ontologi merupakan
salah satu di antara lapangan penyelidikan kefilsafatan yang paling kuno.
Persoalan yang dibahas dalam ontologi adalah bagaimanakah kita menerangkan hakikat dari segala yang ada ini?
Pertama kali orang dihadapkan pada adanya dua macam kenyataan. Yang pertama, kenyataan yang berupa materi
(kebenaran) dan kedua, kenyataan yang
beupa rohani (kejiwaan). Pembicaraan tentang hakikat sangatlah luas sekali,
yaitu segala yang ada dan yang mungkin ada. Hakikat adalah realitas; realita
adalah ke-real-an. Riil artinya kenyataan yang sebenarnya. Jadi, hakikat adalah
kenyataan sebenarnya sesuatu, bukan kenyataan sementara atau keadaan yang
menipu, juga bukan kenyataan yang berubah.
Menurut
Aristoteles (dalam Bakhtiar, 2012:132 dan Susanto, 2011:91), ontologi merupakan
the first philossophy dan merupakan
ilmu mengenai esensi benda. Artinya, ontologi sebagai dasar ilmu berusaha untuk
menjawab “apa”. Selanjutnya lagi,
Susanto (2011:91) berpendapat bahwa ontologi merupakan cabang teori hakikat
yang membicarakan hakikat sesuatu yang ada. Ontologi awalnya dinamai dengan
metafisika, diperkenalkan oleh Rudolf Goclenius pada tahun 1636 Masehi.
Christian
Wolff (1679-1757), membagi metafisika menjadi dua, yaitu metafisika umum dan
metafisika khusus. Metafisika umum dimaksudkan sebagai istilah lain dari
ontologi. Metafisika umum (= ontologi) adalah cabang filsafat yang membicarakan prinsip paling
dasar atau paling dalam dari segala sesuatu yang ada, sedangkan metafisika
khusus masih dibagi lagi menjadi kosmologi, psikologi, dan teologi. Kosmologi
adalah cabang filsafat yang yang secara khusus membicarakan tentang alam
semesta. Psikologi adalah cabang filsafat yang secara khusus membicarakan
tentang jiwa manusia. Teologi adalah cabang filsafat yang secara khusus
membicarakan Tuhan.
Hal
di atas, sependapat dengan Rahmad, dkk. (2011:139) bahwa “Cabang utama
metafisika adalah ontologi, studi mengenai kategorisasi benda-benda di alam dan
hubungan antara satu dengan lainnya. Ahli metafisika juga berupaya memperjelas
pemikiran-pemikiran manusia mengenai dunia, termasuk keberadaan, kebendaan,
sifat, ruang, waktu, hubungan sebab akibat, dan kemungkinan”. Selanjutnya,
dikatakan lagi oleh Rahmad, dkk. (2011:140) “metafisika keilmuan yang
berdasarkan kenyataan yang sebagaimana adanya (das Sein) menyebabkan ilmu menolak premis moral yang bersifat
seharusnya (das Sallen). Ilmu justru
merupakan pengetahuan yang biasa dijadikan alat untuk mewujudkan tujuan-tujuan
yang mencerminkan das Sallen dengan jalan mempelajari das Sein agar dapat menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol gejala
alam”. Ditambahkan lagi oleh Rahmad, dkk. “metafisika juga merupakan suatu
kajian tentang hakikat keberadaan zat, hakikat pikiran, dan hakikat kaitan zat
dengan pikiran” (2011:141), selain itu “Ontologi merupakan salah satu kajian
atau studi kefilsafatan yang membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret:
(a) apa yang dimaksud dan bagaimanakah
penggolongan dengan ada, keberadaan, atau eksistensi itu? (b) apa sifat dasar
(nature) kenyataan atau keberadaan?” (2011:142). Lalu, “Ontologi ilmu atau
pengetahuan ilmu mengkaji apa hakikat ilmu atau pengetahuan ilmiah yang sering
kali secara populer banyak orang menyebutnya dengan ilmu pengetahuan, apa
hakikat kebenaran rasional atau kebenaran deduktif dan kenyataan empiris yang
tidak terlepas dari persepsi ilmu tentang apa dan bagaimana (yang) “ada” itu “
(2011:143).
Ontologi
membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu.
Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta
universal. Ontologi berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan (Muhadjir,
2001:57) sedangkan Utama (2013:7), “Ontologi ialah hakikat apa yang
dikaji atau ilmunya itu sendiri.
Sementara itu, Dardiri
(1986:17), “ontologi adalah menyelidiki sifat dasar dari apa yang nyata secara
fundamental dan cara berbeda di mana entitas dari kategori-kategori yang logis
yang berlainan (objek-objek fisis, hal universal, abstraksi) dapat dikatakan
ada; dalam kerangka tradisional ontologi dianggap sebagai teori mengenai
prinsip-prinsip umum dar hal ada, sedangkan dalam hal pemakaiannya akhir-akhir
ini ontologi dipandang sebagai teori mengenai apa yang ada”.
Beekman (1987:97)
mengungkapkan bahwa ontologi ada kaitannya dengan segala sesuatu yang secara
prinsip dapat dilihat (berwujud), jadi
menyelidiki apa yang telah dialami berdasarkan pengamatan dan dengan demikian
tetap berada dalam batas-batas kenyataan berdasarkan pengamatan dan pengalaman.
4. Terminologi Epistemologi (Cara Mendapatkan Kebenaran)
Epistemologi
sebagai istilah (terminologi) mempunyai beberapa pengertian sebagai berikut.
Menurut
Djojosuroto (2007:128), epistemologi merupakan cabang filsafat yang membahas
tentang pengetahuan manusia yang meliputi sumber-sumber, watak, dan kebenaran
pengetahuan manusia. Conny Semiawan dkk (dalam Susanto, 2011:102) epistemologi
adalah cabang filsafat yang menjelaskan tentang masalah-masalah filosofis
sekitar teori pengetahuan. Epistemologi memfokuskan pada makna pengetahuan yang
dihubungkan dengan konsep, sumber, dan kriteria pengetahuan, jenis pengetahuan,
dan sebagainya.
Epistemologi
menurut Susanto (2011:102) merupakan cabang filsafat yang menyelidiki
asal-usul, susunan, metode-metode, dan sahnya pengetahuan. Pertanyaan mendasar
yang dikaji dalam epistemologi, antara lain: (a) Apakah mengetahui itu? (b)
Apakah yang merupakan asal-usul pengetahuan itu? (c) Bagaimanakah cara kita
mengetahui apabila kita mempunyai pengetahuan? (d) Bagaimanakah cara kita
membedakan antara pengetahuan dengan pendapat? (e) Apakah yang merupakan bentuk
pengetahuan itu? (f) Corak-corak pengetahuan apakah yang ada? (g) Bagaimanakah
cara kita memperoleh pengetahuan? (h) Bagaimana manusia dapat mengetahui
sesuatu? (i) Darimana pengetahuan itu dapat diperoleh? (j) Bagaimana validitas
pengetahuan itu dapat dinilai?
Pendapat Suriasumantri
(2001:9), epistemologi atau teori pengetatahuan, membahas secara mendalam
segenap proses yang terlihat dalam usaha kita untuk memperoleh pengetahuan.
Ilmu merupakan pengetahuan yang didapat melalui proses tertentu yang dinamakan
metode keilmuan. Metode inilah yang membedakan ilmu dengan buah pemikiran yang
lainnya. Dengan kata lain, ilmu adalah pengetahuan
yang diperoleh dengan menerapkan metode keilmuan. Karena ilmu merupakan sebagian
dari pengetahuan, yakni pengetahuan keilmuan. Untuk tujuan inilah, agar tidak
terjadi kekacauan antara pengertian “ilmu” (science)
dan “pengertian” (knowledge), maka kita mempergunakan istilah “ilmu” untuk
“ilmu pengetahuan”.
Epistimologi
ialah bagaimana mendapatkan pengetahuan yang benar (Utama, 2013:8) sedangkan
(Supriyadi, 2010: 97) berpendapat bahwa “Epistemologi adalah cabang ilmu
filsafat yang menengarai masalah-masalah filosofikal yang mengitari teori ilmu
pengetahuan. Epistemologi bertalian dengan definisi dan konsep-konsep ilmu,
ragam ilmu yang bersifat nisbi dan niscaya, dan relasi eksak antara ‘alim (subjek) dan ma’lum (objek). Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa
epistemologi adalah bagian filsafat yang meneliti asal-asul, asumsi dasar,
sifat-sifat, dan cara memperoleh pengetahuan menjadi penentu penting dalam
menentukan sebuah model filsafat. Dengan pengertian ini, epistemologi tentu
saja menentukan karakter pengetahuan, bahkan menentukan “kebenaran” macam yang
dianggap patut diterima dan apa yang patut ditolak”.
Disebutkan oleh Bakhtiar,
“Epistemologi atau teori pengetahuan ialah cabang filsafat yang berurusan
dengan hakikat dan lingkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian, dan
dasar-dasarnya serta pertanggungjawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan
yang dimiliki” (2012:148).
Disampaikan bahwa “Epistemologi
merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan
pengetahuan manusia. Pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut epistemologi: (a)
Apakah pengetahuan itu? (b) Bagaimanakah manusia dapat mengetahui sesuatu? (c)
Dari mana pengetahuan itu dapat diperoleh? (d) Bagaimanakah validi pengetahuan
itu dapat dinilai? (e) Apa perbedaan antara pengetahuan a priori (pengetahuan pra-pengalaman) dengan pengetahuan a posteriori (pengetahuan purna
pengalaman)? dan (f) Apa perbedaan di antara: kepercayaan, pengetahuan,
pendapat, fakta, kenyataan, kesalahan, bayangan, gagasan, kebenaran,
kebolehjadian, dan kepastian?” (Rahmat, 2011:147).
Sementara itu, Semiawan, dkk.
(2005:157), “epistemologi adalah cabang filsafat yang menjelaskan tentang
masalah-masalah filosofis sekitar teori pengetahuan. Epistemologi memfokuskan
pada makna pengetahuan yang dihubungkan dengan konsep, sumber, dan kriteria
pengetahuan, jenis pengetahuan, dan sebagainya.
3. Terminologi Aksiologi (Nilai Guna Ilmu)
Berdasarkan terminologi atau pengertian istilah, maka aksiologi
banyak dijelaskan oleh para pakar filsafat, yaitu sebagai berikut.
Berdasarkan pendapat Jalaluddin dan
Abdullah Idi (1997:106) serta Rahmat (2011:155) bahwa “aksiologi disamakan
dengan value dan valuation. Pembagian value dan valuation ada tiga, yaitu:
(a) Nilai, sebagai suatu kata benda abstrak. Dalam pengertian sempit: berupa
sesuatu yang baik, menarik, dan bagus. Adapun dalam pengertian luas, berupa:
kewajiban, kebenaran, dan kesucian. (b) Nilai sebagai kata benda konkret,
contohnya ketika kita berkata kepada sesuatu yang bernilai seperti: nilainya,
nilai dia, dan sistem nilai. (c) Nilai digunakan sebagai kata kerja dalam
ekspresi menilai, memberi nilai, dan dinilai “. Pendapat tersebut sama dengan
pendapat Thoha (1997:82) bahwa “Nilai lebih menunjukkan kepercayaan tentang
baik dan buruk dari seseorang. Dengan demikian nilai bagi seseorang itu
merupakan pandangan atau anggapan atau kepercayaan mengenai sesuatu itu baik
atau buruk”.
Pendapat
di atas, juga didukung oleh Bakhtiar (2012:165) bahwa “Permasalahan aksiologi
yang utama adalah mengenai nilai. Nilai yang dimaksud adalah sesuatu yang dimiliki
manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Teori
tentang nilai yang dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan estetika.
Arti etika: (1) merupakan suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian
terhadap perbuatan-perbuatan manusia, dan (2) merupakan suatu predikat yang
dipakai untuk membedakan hal-hal, perbuatan-perbuatan, atau manusia-manusia
yang lain”. Lalu, Suriasumantri (2010:234) mengungkapkan bahwa aksiologi adalah
teori yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.
Seiring
dengan penjelasan di atas, maka Susanto (2011:116) berpendapat pula bahwa
“Aksiologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat nilai, yang umumnya
ditinjau dari sudut pandang kefilsafatan. Aksiologi juga menujukkan
kaidah-kaidah apa yang harus kita perhatikan di dalam menerapkan ilmu ke dam
praktis. Aksiologi memuat pemikiran tentang masalah nilai-nilai termasuk
nilai-nilai tinggi dari Tuhan. Misalnya, nilai moral, nilai agama, nilai
keindahan (estetika). Aksiologi juga mengandung pengertian lebih luas dari
etika atau higher values of life
(nilai-nilai kehidupan yang bertaraf tinggi). Aksiologi memberikan jawaban atas
beberapa pertanyaan berikut. Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu
dipergunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan
kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan
pilihan-pilihan moral? Bagaimanakah kaitan antara teknik prosedural yang
merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral atau
profesional?”
Aksiologi,
menurut Djojosuroto (2007:415),
merupakan salah satu cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia
menggunakan ilmunya. Menurut Utama (2013:11-12) bahwa aksiologi ialah
menyangkut masalah nilai kegunaan ilmu. Ilmu tidak bebas nilai. Artinya pada
tahap-tahap tertentu kadang ilmu harus disesuaikan dengannilai-nilai budaya dan
moral suatu masyarakat; sehingga nilai kegunaan ilmu tersebut dapat dirasakan
oleh masyarakat dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan bersama, bukan
sebaliknya malahan menimbulkan bencana. Contoh kasus: penelitian di Taiwan.
Dampak kemajuan teknologi modern telah diteliti dengan model penelitian yang
terintegrasi, khususnya terhadap masyarakat dan budaya.
Hasil kemajuan teknologi di Taiwan telah
membawa negara itu mengalami “keajaiban ekonomi”, sekalipun demikian hasilnya
tidak selalu positif. Kemajuan tersebut membawa banyak perubahan kebiasaan,
tradisi dan budaya di Taiwan. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat lima hal
yang telah berubah selama periode perkembangan teknologi di negara tersebut
yaitu: (1) perubahan-perubahan dalam struktur industri berupa: meningkatnya sektor
jasa dan peranan teknologi canggih pada bidang manufaktur, (2) perubahan-perubahan
dalam struktur pasar berupa: pasar, (3) menjadi semakin terbatas, sedang
pengelolaan bisnis menjadi semakin beragam, (4) perubahan-perubahan dalam
struktur kepegawaian berupa: tenaga professional yang telah terlatih dalam
bidang teknik menjadi semakin meningkat, dan (5) perubahan-perubahan struktur
masyarakat berupa: meningkatnya jumlah penduduk usia tua dan konsep “keluarga
besar” dalam proses diganti dengan konsep “keluarga kecil”. Perubahan-perubahan dalam nilai-nilai sosial berupa : penghargaan
yang lebih tinggi terhadap keuntungan secara ekonomis daripada masalah-masalah
keadilan, meningkatnya kecenderungan masyarakat untuk bersikap individualistik.
B. Hakikat Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori
1. Postulat
a. Definisi Postulat
Menurut Narbuko dan Achmadi (2002:23),
bahwa “Kalau kita menyatakan: “Manusia adalah makhluk sosial” atau “Manusia itu
dilahirkan dalam keadaan tak berdaya”, kedua pernyataan itu dapat kita sebut
postulat. Pernyataan: “Manusia adalah makhluk sosial” dapat digunakan sebagai
landasan pikiran yang pasti untuk mengembangkan teori-teori dalam ilmu-ilmu
sosial dan penelitian-penelitian ilmiah”. Selanjutnya, Gade (2005:131) mengatakan
bahwa postulat adalah asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar
tanpa perlu membuktikannya, merupakan suatu anggapan dasar, atau pun suatu
patokan duga. Tim UPI (2005:88) mrngungkapkan bahwa postulat adalah suatu
proposisi yang diterima dibagai kebenaran.
Harahap (2002:20), pengertian postulat
adalah pernyataan yang dapat membuktikan sendiri kebenarannya atau disebut juga
aksioma yang sudah diterima karena kesesuaiannya dengan tujuan. Kemudian,
pendapat Suriasumantri (2010:155) “Postulat merupakan asumsi dasar yang kebenarannya
kita terima tanpa dituntut pembuktiannya. Kebenaran ilmiah pada hakikatnya
harus disahkan lewat sebuah proses yang disebut metode keilmuan”.
b.
Ciri-Ciri
Postulat
Suriasumanti (2010:155) berpendapat
bahwa “Postulat adalah ibarat titik dalam lingkaran yang eksistensinya kita
tetapkan secara sembarang. Namun, mesti terdapat alasan yang kuat dalam
menetapkan sebuah postulat sukar sampai diterima secara universal. Umpamanya
masalah yang sangat sederhana: Apakah sebenarnya tujuan pendidikan?”
c.
Prinsip-Prinsip
Postulat
Adapun prinsip postulat
menurut Salam (2003:35) memiliki delapan prinsip, yaitu sebagai berikut.
1)
Prinsip kausalitas, merupakan suatu kepercayaan bahwa setiap kejadian
mempunyai sebab, oleh karena itu dalam keadaan yang sama, sebab yang sama,
selalu menghasilkan akibat yang sama.
2)
Prinsip ramalan yang sama, menyatakan bahwa sekumpulan kejadian akan
menunjukkan sejumlah hubungan atau antarhubungan di masa depan sebagaimana
telah ditunjukkan pada masa yang lampau atau sebagaimana ditunjukkan dewasa
ini.
3)
Prinsip objektif, menuntut si penyelidik untuk tidak berbuat berat sebelah
sehubungan dengan data yang ia hadapi. Faktanya harus dapat dicoba sedemikian
rupa dalam cara-cara yang sama oleh semua orang yang bukan peneliti. Maksudnya
ialah menghilangkan semua subjektivitas dan unsur pribadi sejauh mungkin dan
sedapat mungkin untuk memusatkan perhatian terhadap objek penelitian tersebut.
4)
Prinsip empirisme, memungkinkan bagi peneliti untuk mengasumsi bahwa rasa
impresinya itu benar, dan tes kebenaran merupakan suatu tuntutan ke arah fakta
yang telah teruji. Mengetahui, adalah akibat daripada observasi, pengalaman dan
percobaan sebagai lawan terhadap kekuasaan, intuisi atau akal belaka.
5)
Prinsip parsimony (penghematan), menyarankan bahwa untuk hal-hal yang sama,
seseorang akan membuat penjelasan yang sederhana sebagai suatu pernyataan yang
sah. Prinsipnya adalah sebuah pengecekan terhadap hal-hal pelik yang tak
berguna, untuk mencegah penggunaan penjelasan-penjelasan yang sangat rumit.
Biasanya disebut “Pisau Occam” sejak William Occam, seorang filosof Inggris
pada abad ke-14 menyatakan, “kesatuan itu jangan di perbanyak di luar
kebutuhannya.
6)
Prinsip isolasi atau pengasingan, meminta agar fenomena yang akan
diselidiki itu harus dipisahkan sehingga dapat diteliti tersendiri.
7)
Prinsip kontrol (pengawasan), mengutamakan pentingnya pengawasan terutama
pada taraf eksperimen, jika tidak, banyak unsur-unsur yang akan menyimpang
dalam waktu yang sama, di mana eksperimen itu tidak dapat diulang dengan cara
yang sama. Seandainya berubah sementara eksperimen itu sedang dilangsungkan,
hasilnya pun mungkin akan tidak sempurna.
8)
Prinsip pengukuran yang tepat, menuntut supaya hasil-hasilnya nanti dapat
dinyatakan dalam bentuk kuantitatif atau dalam istilah-istilah matematis. Hal
ini terutama menjadi tujuan akhir dari penelitian ilmu alam.
d.
Tujuan
Postulat
Narbuko
dan Achmadi (2002:23), mengungkapkan bahwa postulat berpengaruh terhadap
tingkat validitas dan reliabilitas teori-teori dan penelitian ilmiah yang
dikembangkan kemudian.
Pengembangan
pernyataan tersebut misalnya pernyataan bahwa “sebagai makhluk sosial, manusia
ingin bergaul dengan manusia lain” dan dari “Pergaulan itu akan dapat menimbulkan
pengaruh pendidikan”. Pernyataan-pernyataan terakhir itu akan dapat berkembang
menjadi teori dan bahkan dapat disebut teori, dan karenanya akan dapat
mengembangkan penelitian ilmiah.
Yang
dimaksud dengan tingkat validitas ialah tingkat kejituan atau ketepatan
landasan pikirannya, sedang yang dimaksud tingkat reliabilitas ialah tingkat
keajengan landasan pikiran itu apabila diterapkan dengan kondisi yang sama dalam
beberapa waktu dan keadaan. Kalau terdapat penyimpangan akan sangat sedikit
sekali, bahkan tidak tampak/ tidak berarti. Karenanya semua pengetahuan ilmiah
mesti akan dituntut tingkat validitas dan reliabilitasnya.
e.
Unsur-Unsur
Postulat
Pendapat Narbuko dan Achmadi (2002:23) bahwa
postulat tentang alam semesta diklasifikasikan menjadi lima unsur postulat
pokok, yaitu: postulat jenis, keajengan, sebab akibat, keterbatasan sebab
akibat, dan variabelitas gejala, sedangkan postulat pokok tentang kemampuan
manusia diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: postulat tentang realibilitas
pengamatan, ingatan, dan pemikiran.
a) Postulat-Postulat
tentang Alam Semesta
1.
Postulat
Jenis
Postulat
ini menentukan bahwa gejala yang ada di alam ini mempunyai kesamaan-kesamaan
dan perbedaan-perbedaan. Adanya perbedaan-perbedaan akan menentukan aneka ragam
jenis dan kesamaan-kesamaan gejala akan mewujudkan rumpun sejenis, air dan
minyak berbeda tetapi sejenis, begitu pula batu dan besi berbeda tetapi
sejenis. Apakah hewan dan manusia juga berbeda tetapi sejenis? Kiranya juga
begitu, sebab manusia adalah “animal rasional”. Postulat ini memiliki 3 fungsi,
yaitu: (a) meringkaskan gejala-gejala, (b) memudahkan mencari jenis suatu
gejala, (c) memudahkan komunikasi baik oleh sesama ilmuwan maupun dengan
masyarakat.
2.
Postulat
Keajengan
Postulat itu menganggap bahwa gejala-gejala alam mempunyai
kecenderungan untuk mempertahankan sifat-sifat hakikat dalam keadaan dan waktu
tertentu. Baik gejala-gejala alam maupun sosial memiliki sifat tidak mutlak,
artinya dapat berubah-ubah. Hanya perubahan kemutlakan gejala-gejala alam
relatif lebih kecil daripada gejala-gejala sosial. Kalau air dipanaskan sampai
derajat tertentu mendidih kemudian menguap dan kalau uap air didinginkan sampai
derajat tertentu mengembun kemudianb membeku, dan kalau terjadi kontak antara
manusia dengan manusia mungkin akan terjadi komunikasi dan interaksi, jelaslah
bahwa contoh-contoh tersebut menunjukkan adanya perubahan entah cepat atau
lambat.
3.
Postulat
Sebab Akibat
Postulat ini menganggap bahwa semua kejadian dalam alam
semesta ini terikat pada hubungan antara sebab dan akibat. Kalau suatu benda
jatuh, ini disebabkan oleh gravitasi bumi, dan kalau seseorang mengantuk,
mungkin saja disebabkan oleh terlalu makan, karena suatu penyakit, atau terlalu
banyak bergadang.
4.
Postulat
Keterbatasan Sebab Akibat
Ternyata
tidak semua sebab menimbulkan semua akibat. Inilah yang dimaksud dengan
keterbatasan. Belum tentu semua orang yang mengantuk disebabkan oleh kurang
istirahat. Dan sebaliknya belum tentu semua orang yang kurang istirahat lalu
menjadi ngantuk. Sebab membatasi akibat dan bisa juga akibat membatasi sebab.
5.
Postulat
Variabelitas Gejala Alam
Apabila
kita mencampur 1 sendok pewarna merah dengan 1 liter air jernih dan dengan 5
liter air jernih jelas akan kita lihat variabel warna merah yang berbeda.
Begitu pula kita akan melihat variabel tingkah laku yang berbeda, bila kita
tersenyum kepada orang debil dibanding dengan atau kepada gadis cantik atau
pemuda gagah.
Dalam
kondisi-kondisi dan dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang sempurna
sering dapat ditimbulkan gejala yang sama untuk gejala alam, tetapi hal ini
sangat sukar sekali diwujudkan dalam gejala-gejala sosial. Oleh karena itu,
postulat ini harus dipertimbangkan benar-benar apabila kita mengadakan
eksperimen.
b) Postulat-Postulat
tentang Kemampuan Manusia
1. Postulat Reliabilitas Pengamatan
Pengamatan
peneliti dalam aktivitasnya tidaklah selamanya tetap dan bahkan mungkin suatu
ketika salah dalam pengamatannya yang secara terus-menerus dan teliti terhadap
suatu proses atau gejala di manapun ia mengadakan penelitian. Hal itu biasanya
disebabkan oleh faktor-faktor: kelelahan, keinginan, harapan, atau motivasi
dari aktivitas itu. Ini mengisyaratkan apabila peneliti lelah, harapannya tidak
terwujud, keinginannya tidak terpenuhi dan motivasinya rendah, besar sekali
kemungkinannya akan salah pengamatannya.
Untuk
mengurangi kesalahan perlu adanya koreksi terhadap hasil pengamatannya dengan
cara: (1) pengamatan ulang, (2) menambah banyak kasus yang diamati, (3)
membandingkan dengan hasil pengamatan orang lain, (4) menggunakan ukuran-ukuran
yang mantap, dan tepercaya dan memadai, (5) menggunakan simbol-simbol, dan (6)
berbuat objektif.
2. Postulat Reliabilitas Ingatan
Seperti
halnya dengan pengamatan, karena keterbatasan ingat seseorang maupun peneliti,
dan karenanya berpengaruh terhadap cara mengungkap atau mereproduksi kembali
apa saja yang ia hayati. Pada umumnya orang mudah mengingat hal-hal atau
peristiwa-peristiwa yang mengesankan. Ini meliputi: apa yang ia senangi,
apa yang ia benci, apa yang ia kagumi,
apa yang mencemaskan, dan lain-lain.
Untuk
mengurangi kesalahan dan untuk memudahkan mengingat, orang atau peneliti suka
membuat “memory” misalnya: dokumen,
simbol, folio rekaman, dan lain-lain.
5.
Postulat
Reliabilitas Pemikiran
Di
dalam hal reasoning inipun seseorang atau peneliti tidak luput dari kesalahan.
Pemikiran seseorang kadang-kadang berubah-ubah terpengaruh oleh keadaan,
tempat, dan waktu. Suatu ketika orang mengikuti logika, suatu ketika mengikuti
perasaan (hati).
Kita
harus mengingat bahwa yang benar itu logis tapi harus diingat bahwa yang kogis
itu tidak selamanya selalu benar. Kesalahan bisa dituntutkan karena tidak
digunakan logika formal dalam orientasi berpikirnya. Sebagai ilustrasi,
misalnya: “Sukarno M. Nur artis kehidupan materialnya melimpah” dan “Hetty Kus
Endang artis kehidupan materialnya melimpah”. Jadi, semua arti kehidupan
materialnya melimpah. Sepintas lalu generasi itu tampaknya benar. Tetapi
benarkah semua artis begitu kehidupannya? Sebab ternyata banyak sekali artis
yang kehidupan materialnya pas-pasan. Jadi, generasi itu salah.
f.
Kelebihan-Kelebihan
Postulat
Menurut
Suriasumantri, “Postulat dalam pengajuannya tidak memerlukan bukti tentang
kebenarannya (2010:157)”.
2.
Asumsi
a.
Definisi
Asumsi
Menurut
Danim (2000:113) bahwa secara umum, asumsi didefinisikan sebagai hasil
abstraksi pemikiran yang oleh peneliti dianggap benar dan dijadikannya sebagai
pijakan untuk mengkaji satu atau
beberapa gejala sedangkan menurut Susanto (2011:94), “Asumsi adalah pendapat
yang telah didukung oleh beberapa teori dan fakta yang dapat dibuktikan secara
rasional. Berkenaan dengan pengkajian konsep-konsep, pengandaian-pengandaian”.
b.
Ciri-Ciri
Asumsi
Suriasumantri
mengatakan bahwa “Asumsi ditetapkan dalam sebuah argumentasi ilmiah (pernyataan
kebenarannya secara empiris dapat diuji (2010:157)”.
c.
Tujuan
Asumsi
Asumsi
perlu sebab memberi arah dan landasan bagi kegiatan penelaahan kita. Sebuah
pengetahuan baru dianggap benar selama kita bisa menerima asumsi-asumsi ini,
baik yang dinyatakan secara tersurat maupun yang tercakup secara tersirat”
(Suriasumantri, 2001:6).
3.
Prinsip
d.
Definisi
Prinsip
Alwasilah
(2010:85) berpendapat bahwa “ Prinsip merujuk pada proposisi atau pernyataan
yang umum, atau merujuk pada panduan berpikir dan bertindak” sedangkan
Suriasumantri (2010:153) menyampaikan bahwa “Prinsip dapat diartikan sebagai
pernyataan yang berlaku secara umum bagi sekelompok gejala-gejala tertentu,
yang mampu menjelaskan kejadian yang terjadi, umpamanya saja hukum sebab akibat
sebuah gejala. Dalam ilmu ekonomi kita mengenal prinsip ekonomi dan dalam
fisika kita mengenal prinsip kekekalan energi. Dengan prinsip-prinsip ini maka
kita mampu menjelaskan kejadian-kejadian yang terjadi dalam ilmu ekonomi dan
fisika”.
e.
Ciri-Ciri
Prinsip
Menurut Alwasilah (2010:85) bahwa
prinsip sifatnya lebih umum. Akan tetapi, antara prinsip dan aturan adalah
bagian integral dari program pendidikan. Keduanya memiliki dampak psikologi
dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pendidikan. Misalnya, begitu masuk PNS,
kita diwajibkan menaati berbagai aturan. Dan, aturan-aturan itu dipersiapkan
berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Seperti, halnya resep, aturan pun secara
eksplisit mengatur seseorang untuk melakukan sesuatu (action), tidak secara tegas benar atau salah.
f.
Tujuan
Prinsip
Suriasumantri
(2010:155) mengatakan bahwa “Dengan prinsip kita dapat menjelaskan pengertian
efisiensi dan mengembangkan berbagai teknik seperti analisis sistem dan riset
operasional (operasions research)
untuk meningkatkan efisiensi. Dengan mengetahui prinsip yang mendasarinya, maka
tidak sukar bagi mereka yang mempelajari teknik-teknik tersebut yang bernaung
dalam payung konsep sistem, untuk memahami bukan saja penjelasan teknis namun
sekaligus pengkajian filsafati”.
4.
Teori
a.
Definisi Teori
Menurut
Babbie (2006:37) bahwa teori ialah suatu penjelasan yang sistematis untuk
mengobservasi fakta-fakta dan hukum-hukum yang berkait dengan aspek tertentu
dari kehidupan. Misalnya kenakalan remaja, atau mungkin pula stratifikasi
sosial, renovasi politik, dan sebagainya, sedangkan tim pengembang UPI (2007:85)
mengatakan bahwa teori merupakan suatu perangkat (a set statement) yang menjelaskan serangkaian hal.
Ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut. Lalu,
Suriasumantri (2010:143) mengatakan bahwa teori merupakan pengetahuan ilmiah
yang mencakup penjelasan mengenai suatu faktor tertentu dari sebuah disiplin
keilmuan.
b.
Ciri-Ciri
Teori
Narbuko
dan Achmadi (2002:28) berpendapat sebagai berikut.
1.
Hubungan dengan data, teori dibangun
dengan data yang tersusun dalam satu sistem pemikiran yang sistematik. Karena
itu, maka pengumpulan data dilakukan hanya sesudah segala sesuatupun mengenai
masalah penelitian telah selesai direncanakan. Dengan demikian dapat dipahami
bahwa teori tidak tepat disamakan dengan
pengertian “metafisik yang tidak
praktis”. Justru segala tindakan praktis di dalam kehidupan didasarkan atas
satu sudut pandangan dan teori tertentu. Misalnya, tindakan pedagogik tertentu
bagi seorang guru didasarkan atas dasar teori perubahan tingkah laku. Juga
segala tindakan praktis pemerintah di bidang moneter didasarkan atas teori
kenegaraan. Walaupun mungkin teori itu berubah-ubah dari pemerintah satu dengan
yang lain.
2.
Hubungan dengan hipotesis penelitian,
sebuah teori adalah perumusan sementara tentang suatu kemungkinan dalil. Teori
sebagai titik permulaan di dalam arti bahwa dari situlah bersumbernya hipotesis
yang akan dibuktikan. Adapun secara etimologi (asal-usul kata), hipotesis
berasal dari kata “hipo” yang artinya kurang atau lemah sedangkan “tesis” atau
“thesis” yang berarti teori,
proposisi, atau pernyataan yang disajikan sebagai bukti. Jadi, hipotesis adalah
pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan
kenyataannyanya. Jika suatu hipotesis telah terbukti kebenarannya, ia akan
berubah namanya yang disebut tesis, jadi merupakan teori.
Utama (2013:9), berpendapat bahwa teori mempunyai
beberapa karakteristik sebagai berikut.
1) Harus
konsisten dengan teori-teori sebelumnya yang memungkinkan tidak terjadinya
kontraksi dalam teori keilmuan secara keseluruhan.
2) Harus cocok
dengan fakta-fakta empiris, sebab teori yang bagaimanapun konsistennya apabila
tidak didukung oleh pengujian empiris tidak dapat diterima kebenarannya secara
ilmiah.
3) Ada empat
cara teori dibangun menurut Melvin Marx:
(1)
Model Based
Theory
Berdasarkan teori pertama teori
berkembang adanya jaringan konseptual yang kemudian diuji secara empiris.
Validitas substansi terletak pada tahap-tahap awal dalam pengujian model, yaitu
apakah model bekerja sesuai dengan kebutuhan peneliti.
(2) Teori Deduktif
Teori kedua mengatakan suatu teori dikembangkan melalui proses deduksi.
Deduksi merupakan bentuk inferensi yang menurunkansebuah kesimpulan yang
didapatkan melalui penggunaan logikapikiran dengan disertai premis-premis
sebagai bukti. Teori deduktif merupakan suatu teori yang menekankan pada
struktur konseptualdan validitas substansialnya. Teori ini juga berfokus
padapembangunan konsep sebelum pengujian empiris.
(3) Teori Induktif
Teori ketiga menekankan pada pendekatan empiris untuk mendapatkan
generalisasi. Penarikan kesimpulan didasarkan pada observasi realitas yang berulang-ulang
dan mengembangkan pernyataan-pernyataan yang berfungsi untuk menerangkan serta menjelaskan
keberadaan pernyataan-pernyataan tersebut.
(4) Teori Fungsional
Teori keempat mengatakan suatu teori
dikembangkan melalui interaksi yang berkelanjutan antara proses konseptualisasi
dan pengujian empiris yang mengikutinya. Perbedaan utama dengan teori deduktif
terletak pada proses terjadinya konseptualisasi pada awal pengembangan teori.
Pada teori deduktif rancangan hubungan konspetualnya diformulasikan dan
pengujian dilakukan pada tahap akhir pengembangan teori.
c.
Prinsip-Prinsip Teori
Pendapat Babbie (2006:44-45)
mengungkapkan bahwa prinsip-prinsip konstruksi teori ialah sebagai berikut.
1)
Menentukan topik
2)
Menentukan batasan fenomena yang menjadi
sasaran teori.
3) Mengidentifikasi
dan menentukan konsep-konsep,variabel-variabel utama. Apakah teori yang akan digunakan akan mencakup seluruh
kehidupan manusia, atau hanya untuk orang Amerika saja, kaum muda saja atau
bagaimana?
4) Mengumpulkan
apa saja yang telah diketahui (proposisi) tentang hubungan antara
variabel-variabel tersebut.
5) Mempertimbangkan
secara logis ketertarikan antara proposisi tersebut dengan topik-topik tertentu
yang akan dikupas.
g.
Tujuan
Teori
Narbuko
dan Achmadi (2002:28) mengatakan bahwa “Teori dibutuhkan sebagai
pegangan-pegangan pokok secara umum”.
h.
Unsur-Unsur
Teori
Babbie (2006:37) mengatakan bahwa
Jonathan Turner (1974) telah menguji diantaranya tiga elemen atau unsur teori,
yakni konsep, variabel, dan pernyataan. Penjelasan dari ketiga unsur teori
tersebut adalah sebagai berikut di bawah.
1.
Konsep
Turner menyebut konsep sebagai
“kumpulan bangunan dasar dari teori (1986). Konsep adalah elemen abstrak yang
menampilkan sekelompok fenomena dalam suatu bidang kajian. Konsep-konsep yang
relevan dengan kenakalan remaja misalnya, akan mencakup konsep tentang remaja
dan kenakalan remaja dan kenalah sebagai titik pijaknya. Kelompok sebaya,
orang-orang menjadi teman keluturan dan mengidentifikasikan dirinya, akan
menjadi konsep relevan lainnya. Kelas
sosial dan etnisitas tidak dapat
disangkal lagi akan menjadi konsep-konsep yang relevan dengan kenakalan remaja.
Capaian sekolah mungkin relevan juga
dengan teori kenaalan remaja.
2.
Variabel
Variabel merupakan sejawat empiris dari
konsep. Jika konsep berada pada wilayah teori, maka variabel merupakan alat
dari observasi dan pengukuran. Dengan demikian, variabel lebih spesifik
dibandingkan dengan konsep. Contohnya, sebagai variabel penghasilan dapat
dispesifikkan menjadi penghasilan tahunan keluarga, seperti lazim tertulis pada
pertanyaan survai.
3.
Pernyataan
Teori
terdiri beberapa tipe pernyataan. Dua diantara prinsip atau hukum adalah
aksioma dan proposisi. Aksioma merupakan pernyataan fundamental, karena selalu
dianggap benar, bilamana teorinya mendasar. Proposisi adalah kesimpulan yang
menggambarkan hubungan-hubungan diantara konsep-konsep berdasarkan
hubungan-hubungan yang logis diantara aksioma.
Dalam teori kenakalan
remaja, kita bisa memulainya dengan aksioma seperti misalnya “setiap orang
berhasrat pada kepuasaan material” dan “kemampuan untuk memperoleh kepuasaan
material secara legal lebih dimiliki oleh kelas atas dibandingkan kelas bawah”.
Dari aksiomatis ini maka dapat disimpulkan bahwa kalangan muda kelas bawah
lebih berpotensi untuk melanggar hukum dalam rangka memperoleh kepuasaan
material ketimbang kalangan muda dari kelas atas. Kesimpulan ini dapat menjadi
sebuah proposisi.
i.
Kelebihan-Kelebihan
Teori
Suriasumantri mengatakan bahwa: (1) makin
tinggi tingkat keumuman sebuah konsep maka makin “teoretis” konsep tersebut
(2010:153). Lalu, (2) Teori-teori yang mempunyai tingkat keumuman yang lebih rendah disatukan dalam suatu teori
umum yang mampu mengikat keseluruhan teori-teori tersebut dan (3) Pengetahuan
ilmiah dalam bentuk teori dan hukum ini merupakan “alat” yang dapat kita
pergunakan untuk mengontrol gejala alam (2010:147).
j.
Langkah-Langkah Menyusun Teori
Narbuko dan Achmadi (2002:33)
menyampaikan bahwa langkah-langkah tugas menyusun teori meliputi usaha-usaha
untuk mencari dan merumuskan hukum-hukum atau aturan-aturan mengenai hubungan
antara gejala yang satu dengan gejala yang lain atau kondisi yang satu dengan
kondisi yang lain atau peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain.
Mencari
hukum berarti berusaha untuk mendapat aturan-aturan baru atau berusaha untuk
menemukan pengimbangan hukum-huum baru berdasar hukum-hukum atau aturan-aturan
lama yang mendahului. Merumuskan hukum atau aturan berarti berusaha untuk
menyusun rumusan, definisi, atau dalil tentang hubungan antara gejala dengan
gejala, peristiwa dengan peristiwa, kondisi dengan kondisi. Jadi, untuk
menyusun teori harus ada gejala peristiwa atau kondisi dan harus ditemukan
bagaimana, kapan, apa akibat yang mungkin timbul dari hubungan itu.
Tim
pengembang UPI (2007:89) menyatakan bahwa terdapat tiga proses terbentuknya
suatu teori, yaitu:
1) Pendefinisian
istilah merupakan hal yang sangat penting dalam berteori, terutama berkenaan
dengan kejelasan atau ketepatan penggunaan istilah yang telah didefinisikan.
2) Klasifikasi
yaitu pengelompokkan informasi-informasi yang relevan dengan kategori-kategori
yang sejenis. Klasifikasi juga merupakan pengelompokkan fakta dan generalisasi
ke dalam kelompok-kelompok yang homogen, tetapi tidak menjelaskan interelasi
antarkelompok atau interaksi antara fakta dengan generalisasi dalam suatu kelompok.
3) Mengadakan
induksi/ deduktif. Induksi dan deduksi merupakan dua prinsip penting di dalam
mengembangkan pernyataan-pernyataan teoretis setelah pendefinisian dan
pengklasifikasian. Induksi merupakan proses penarikan kesimpulan yang lebih
bersifat umum dari fakta-fakta atau hal-hal yang bersifat khusus. Deduksi
merupakan penurunan kaidah-kaidah khusus dari kaidah yang lebih umum.
A. Implementasi Kajian Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)
4. Kajian Ontologi
Cabang Ontologi, yaitu berada dalam wilayah ada. Kata Ontologi berasal dari Yunani, yaitu onto
yang artinya “ada” dan logos yang artinya “ilmu”. Dengan
demikian, ontologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang keberadaan. Pertanyaan
yang menyangkut wilayah ini antara lain: apakah objek yang ditelaah ilmu?
Bagaimanakah hakikat dari objek itu? Bagaimanakah hubungan antara objek tadi
dengan daya tangkap manusia yang membuahkan pengetahuan dan ilmu? Sehubungan
dengan hal tersebut, dilihat dari judul tesis yang dianalisis, yaitu “Peningkatan
Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA
Negeri Plus Provinsi Riau” maka kajian ontologi atau asal-usul keilmuannya
adalah dalam bidang ilmu kependidikan dan ilmu keterampilan berbahasa, yaitu
ilmu pedagogik dan ilmu keterampilan berbahasa Indonesia. Dengan menggunakan model
pendekatan kooperatif Jigsaw yang dapat dipahami melalui objek materi dan
objek formal. Di mana dalam hal ini objek material yang akan dibahas yaitu “Keterampilan
Menganalisis Teks Anekdot” dan yang menjadi objek adalah “Siswa Kelas X SMA
Negeri Plus Provinsi Riau”
Keberadaan “Keterampilan Menganalisis Teks Anekdot” sebagai
objek material akan dipahami melalui uraian objek formal yaitu dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan berusaha mencarikan model pembelajaran lain yang aktif, efektif, dan
menyenangkan sehingga pembelajaran lebih
bermakna dan lebih berkualitas. Model pembelajaran yang akan di coba untuk
melakukannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Ketertarikan peneliti
mengambil model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, karena peneliti melihat dalam model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw semua anggota kelompok
diberi tugas dan tanggung jawab, baik individu maupun kelompok. Keunggulan pada pembelajaran kooperatif Jigsaw
dibanding dengan diskusi yaitu seluruh anggota dalam kelompok harus bekerja
sesuai dengan tugas yang diberikan, sebab tugas itu ada yang merupakan tanggung
jawab individu dan ada pula tanggung jawab kelompok.
Prastowo (2013:79) menyampaikan bahwa
pembelajaran kooperatif Jigsaw akan
efektif digunakan apabila: (1) guru menekankan pentingnya usaha bersama di
samping usaha secara individual; (2) guru menghendaki pemerataan; (3) guru
ingin menanamkan tutor sebaya atau belajar melalui teman sendiri; (4) guru
menghendaki adanya pemerataan partisipasi aktif siswa; dan (5) guru menghendaki
kemampuan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan. Demikian pula yang
diungkapkan oleh Isjoni (2013:54) bahwa pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan salah satu tipe
pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam
menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal.
Sesuai dengan judul tesis
yang dianalisis maka dalam hal ini lebih diperdalam mengenai ilmu pedagogik guru
khususnya keterampilan menulis karya ilmiah berupa Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom
Action Research (CAR). Seperti
yang dikemukakan Sanjaya (2011:26), “PTK dapat diartikan sebagai proses
pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam
upaya untuk melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata
serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut” sedangkan menurut
Yudhistira (2012:25), PTK merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksi
oleh pelaku tindakan, yang ditujukan untuk memperdalam pemahaman terhadap
tindakan yang dilakukan selama proses pembelajaran serta untuk memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang masih terjadi dalam proses pembelajaran dan untuk
melakukan upaya perbaikan guna mewujudkan tujuan-tujuan dalam proses
pembelajaran tersebut.
Untuk
mencapai tujuan tersebut maka adanya upaya-upaya, seperti: mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran yang bermutu dan melatih guru agar lebih cermat dalam memperhatikan kesulitan belajar siswa. Harapan dari penelitian tersebut bagi siswa ke depannya adalah dapat memberikan suasana pembelajaran
yang menggairahkan, menghilangkan
anggapan bahwa belajar kelompok itu cukup dikerjakan oleh satu atau dua orang
saja, memupuk pribadi siswa aktif dan kreatif, dan memupuk tanggung jawab individu maupun kelompok. Kemudian, bagi sekolah kedepannya diharapkan
dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.
Sesuai
dengan motto kurikulum 2013 bahwa keberadaan bahasa
Indonesia penting sebagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan (carrier of knowledge). Ilmu pengetahuan
digunakan sebagai penggerak sehingga menuntun siswa untuk mencari tahu (discovery learning), bukan lagi diberi
tahu. Juga menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat menyampaikan gagasan
atau komunikasi. Artinya, bahasa dapat dijadikan pembawa pengetahuan untuk
wahana pengimbang ekspresi perasaan dan
pemikiran dengan berpikir logis dan objektif, sistematis, dan kreatif
supaya dapat diterima dengan mudah oleh penerimanya. Paradigma baru itu
tercermin dari perubahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang berbasis
teks. Makanya, dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis
teks, siswa
sudah dituntut mampu mengonsumsi dan memproduksi teks dan pembelajarannya
juga bukan sekadar sebagai
pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi
sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis. Teks
dimaknai sebagai satuan bahasa yang mengungkapkan makna secara kontekstual.
Beberapa
aliran dalam bidang ontologi, yakni realisme, naturalisme, empirisme.
Berdasarkan judul tesis yang dianalisis “Peningkatan Keterampilan
Menganalisis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri
Plus Provinsi Riau”
Dari pemaparan sebelumnya mengenai kajian ontologinya, maka dalam hal
ini peneliti menganut aliran realisme.
5.
Kajian Epistemologi
Kajian epistemologi atau langkah-langkah keilmiahan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan komparatif yang bersifat ex post facto, artinya data dikumpulkan
setelah semua kejadian yang dikumpulkan telah berlangsung. Dalam penelitian
komparatif ex post facto peneliti berusaha mengidentifikasi faktor utama
yang menyeabkan perbedaan tersebut. Penelitian komparatif ex post fact juga
merujuk pada pengaruh dan yang mempengaruhi telah terjadi dalam tinjauan ke
belakang. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan yaitu
untuk menjelaskan peningkatan
aktivitas pembelajaran dan hasil belajar dalam menganalisis teks anekdot
melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Adapun data yang dikumpulkan pada
penelitian ini adalah data-data berupa hasil: (1) observasi; (2) wawancara; (3)
catatan lapangan; dan (4) tes. Tujuan dari data penelitian adalah untuk
menyampaikan data kualitatif dan kuantitatif.
Untuk mencapai tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar dalam menganalisis teks anekdot melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw, maka dalam hal
ini prosedur kegiatan penelitian dibagi menjadi dua langkah yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Prosedur peneltian pertama adalah perencanaan (planning). Pada langkah perencanaan yang
pertama yaitu melakukan kegiatan penyusunan instrumen dan pembagian kelompok asal,
terdiri dari: (1) Perencanaan penyusunan instrumen dan (2) Perencanaan
pembagian kelompok asal dan ahli. Kemudian, perencanaan kedua, yaitu
perencanaan tindakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas X.4, terdiri dari:
1.
Perencanaan penyampaian materi pokok bahasa
Indonesia oleh guru
2.
Perencanaan pemberian tugas oleh guru.
3.
Perencanaan pelaksanaan diskusi tim ahli.
4.
Perencanaan diskusi pada tim asal.
5.
Perencanaan presentasi hasil diskusi kelas.
6.
Perencanaan pemberian kuis.
7.
Perencanaan pemberian penghargaan tim.
8.
Perencanaan tahap penutup.
Prosedur penelitian kedua adalah pelaksanaan tindakan. Langkah-langkah
pelaksanaan tindakan pembelajaran sebagai berikut.
1.
Pelaksanaan tes
awal dan pembagian tim asal.
2.
Awal pembelajaran
3.
Tindakan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
di kelas X.4, didalamnya dilaksanakan kegiatan yang mencakup: (a) pelaksanaan
penyajian materi oleh guru, (b) pelaksanaan pemberian tugas oleh guru, (c) pelaksanaan
diskusi kelompok ahli, (d) pelaksanaan diskusi kelompok asal, (e) pelaksanaan
diskusi kelas, (f) pelaksanaan pemberian kuis, (g) pelaksanaan pemberian penghargaan kelompok, dan (h) pelaksanaan
tahap penutup.
Sementara itu, prosedur
penelitian ketiga adalah observasi yaitu selama tahap pelaksanaan peneliti melakukan
observasi terhadap proses
pembelajaran siswa dengan menggunakan lembar observasi yang
telah disiapkan. Observasi dilaksanakan dalam setiap
pelaksanaan tindakan oleh observer.
Terakhir adalah
prosedur keempat yakni refleksi. Refleksi yang dimaksud adalah berpikir ulang
terhadap apa yang sudah dicapai, apa yang belum dicapai, dan masalah apa saja
yang belum terpecahkan, dan menentukan tindakan apa lagi yang perlu dilakukan
untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, yang akan
dilanjutkan pada siklus ke-2. Siklus ke-2
dilakukan seperti halnya siklus ke-1 mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan
perbaikan rencana.
Teknik pengabsahan data pada
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi menurut Sanjaya
(2011:112) yaitu suatu cara untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan
menggunakan berbagai metode agar informasi itu dapat dipercaya kebenarannya
sehingga peneliti tidak salah mengambil keputusan. Moleong (2010:332)
menyebutkan bahwa peneliti dapat me-recheck
temuannya melalui berbagai sumber, metode, atau teori. Sementara, aktivitas siswa di kelas yang telah di observasi, maka data
hasilnya terlebih dahulu dianalisis dan diolah secara kuantitatif dengan
menghitung persentasenya.
6.
Kajian Aksiologi
Berdasarkan data hasil belajar bahasa Indonesia yang akan dilakukan untuk nilai kuis dan Ulangan Harian
(UH) pada proposal penelitian; selanjutnya, nantinya, dianalisis dan diolah maka data-data yang ada nantinya dilakukan penafsiran dan
evaluasi untuk membuat perencanaan tindakan berikutnya. Dari hasil penafsiran
dan evaluasi ini, maka dapat dipaparkan mengenai: (1) Apakah ada perbedaan
antara rancangan dengan pelaksanaan? (2) Apakah perlu perubahan tindakan dan
adakah alternatif tindakan yang dinilai tepat? (3) Bagaimana persepsi peneliti
dan teman sejawat yang terlibat dalam pengamatan dan catatan lapangan terhadap
tindakan yang telah dilaksanakan? dan (4) Adakah kendala-kendala yang muncul
dan adakah alternatif pemecahannya?
Oleh karenanya, dapat ditentukan beberapa hal yang berkaitan dengan penganalisisan dan
pengolahan data penelitian proposal. Seperti dikatakan oleh Arikunto,
(2008:29) interpretasi dalam pencapaian dari data kuantitatif ke interpretasi
kualitatif aktivitas siswa dikategorikan seperti dijelaskan di bawah ini.
81% - 100% = Sangat Baik
61% - 80% = Baik
41% - 60% = Cukup
21% - 40% = Kurang
0%
- 20% = Sangat Kurang
Di
aspek lainnya, indikator ketercapaian dari masing-masing item aktivitas dalam
penelitian ini dijelaskan pada tabel di bawah
ini.
Tabel 1. Aktivitas
Siswa dan Indikator Ketercapaian Penelitian
Jenis
Aktivitas Siswa
|
Indikator
Ketercapaian
|
|
Persentase
|
Kategori
|
|
Memperhatikan
penjelasan teman/ guru
|
81%
- 100%
|
Sangat
Baik
|
Bertanya
kepada teman/ guru
|
61%
- 80%
|
Baik
|
Menjawab
pertanyaan
|
61%
- 80%
|
Baik
|
Membuat
ringkasan hasil diskusi
|
61%
- 80%
|
Baik
|
Bekerja
sama dalam diskusi
|
61%
- 80%
|
Baik
|
Kebenaran
menjelaskan
|
61%
- 80%
|
Baik
|
Dengan
melihat rancangan penganalisisan dan pengolahan hasil analisis proposal
penelitian yang akan dilakukan, maka kajian aksiologi atau manfaat penelitian
ini antara lain sebagai berikut.
1.
Bagi Guru
a)
Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran yang bermutu.
b)
Melatih guru agar lebih cermat dalam
memperhatikan kesulitan belajar siswa.
2.
Bagi Siswa
a)
Memberikan suasana pembelajaran yang menggairahkan.
b) Menghilangkan anggapan bahwa belajar
kelompok itu cukup dikerjakan oleh satu atau dua
orang saja.
c)
Memupuk pribadi siswa aktif dan kreatif.
d) Memupuk tanggung jawab individu
maupun kelompok
3. Bagi Sekolah
Penelitian ini diharapkan dapat
meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.
BAB
III
PENUTUP
Ilmu
merupakan kumpulan pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang
membedakan ilmu dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya. Ciri-ciri keilmuan ini
didasarkan pada jawaban yang diberikan ilmu terhadap ketiga pertanyaan pokok,
yaitu: Apakah yang ingin kita ketahui?
Bagaimanakah cara kita memperoleh pengetahuan? Dan apakah nilai pengetahui
tersebut bagi kita? Dan, apakah nilai pengetahuan tersebut bagi kita?
Filsafah mempelajari masalah ini sedalam-dalamnya dan hasil pengkajiannya
merupakan dasar bagi eksistensi ilmu.
Ontologi
membahas tentang apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu.
Atau dengan perkataan lain, suatu pengkajian mengenai teori tentang ”ada”. Kemudian
bagaimana cara kita mendapatkan pengetahuan mengenai objek tersebut? Untuk
menjawab pertanyaan itu maka kita berpaling kepada epistemologi: yakni teori
pengetahuan. Akhirnya dalam menjawab pertanyaan ketiga tentang nilai kegunaan
nilai pengetahuan tersebut maka kita berpaling kepada aksiologi: yakni teori
tentang nilai. Setiap bentuk buah pemikiran manusia dapat dikembalikan pada
dasar-dasar ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari pemikiran yang
bersangkutan. Analisis kefilsafatan ditinjau dari tiga landasan ini akan
membawa kita kepada hakikat buah pemikiran tersebut. Demikian juga kita akan
mempelajari ilmu ditinjau dari titik tolak yang sama untuk mendapatkan gambaran
yang sedalam-dalamnya.
Metodologi
penelitian ilmiah megenal istilah-istilah postulat, asumsi, prinsip, dan
teori. Istilah-istilah tersebut
mempunyai perbedaan-perbedaan sebagai ciri khasnya. Kita tidak terlepas dengan
istilah tersebut ketika akan melakukan penelitian ilmiah. Untuk itu, maka kita
mesti mengetahui perbedaan-perbedaannya agar kita dapat menempatkannya secara
benar pada karya ilmiah kita nantinya.
DAFTAR
RUJUKAN
Alwasilah,
Chaedar. 2010. Filsafat: Bahasa dan
Pendidikan. Bandung: Rosda.
Arikunto,
Suharsimi, dkk. 2008. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bakhtiar,
Amsal. 2012. Filsafat Ilmu (Edisi Revisi).
Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Babbie,
Earl. 2006. Menerapkan Metode Penelitian
Survai untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jogjakarta: Palmall.
Beekman,
Gerard dan R.A. Rivai (penerjemah). 1984. Filsafat
Para Filsuf Berfilsafat. Jakarta: Erlangga.
Danim,
Sudarwan. 2000. Metode Penelitian untuk
Ilmu-Ilmu Prilaku. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djojosuroto,
Kinayati. 2007. Filsafat Bahasa.
Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Dardiri,
A. 1986. Humaniora, Filsafat, dan Logika.
Jakarta: Rajawali.
Gade,
Muhammad. 2005. Teori Akuntansi.
Jakarta Timur: Almahira.
Harahap, Sofyan Syafri.
2002. Teori Akuntansi: Laporan Keuangan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni dan Mohd.
Arif. Hj.Ismail (ed.). 2012. Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan
Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. 1997. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media
Pratama.
Moleong,
Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Muhadjir,
Noeng. 2001. Filsafat Ilmu, Positivisme,
Post Positivisme, dan Post Modernisme. Yogyakarta: Rakesarin.
Narbuko,
Cholid dan Abu Achmadi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tim
Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Ilmu
dan Aplikasi Pendidikan (Bagian I: Ilmu Pendidik Teoretis). Bandung: PT
Imperial Bhakti Utama (IMTIMA).
Thoha,
Miftah. 1997. Pembinaan Organisasi:
Proses Diagnosa dan Intervensi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta. Diva
Press.
Rahmad,
Aceng, dkk. 2011. Filsafat Ilmu Lanjutan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media Group.
Susanto,
A. 2011. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian
dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Supriyadi, Dedi. 2010. Filsafat Islam (Lanjutan): Teori dan
Praktik. Babdung: CV Pustaka
Setia.
Salam, Burhanuddin.
2003. Pengantar Filsafat. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Semiawan, Conny, dkk.
2002. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suriasumantri, Jujun S.
2001. Ilmu dalam Perspektif: Sebuah
Kumpulan Karangan tentang Hakekat
Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
-------------------.
2010. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar
Populer. Jakarta: PT Penebar
Swadaya.
Utama, I Gusti Bagus
Rai. 2013. Filsafat Ilmu dan Logika.
Badung: Grasindo.
Yudhistira,
Dadang. 2012. Menulis Penelitian Tindakan
Kelas yang APIK. Jakarta: Mulya Abadi.
TUGAS TAKE HOME
MATA KULIAH FILSAFAT ILMU
Filsafat Ilmu:Terminologi
Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi beserta Implikasinya serta Mengenal Postulat, Asumsi,
Prinsip, dan Teori
Dosen
Pembimbing: Prof. Dr. Hasanuddin WS.,
M.Hum
Disusun oleh:
MISDIANTO
1209077
KONSENTRASI
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
Kata Pengantar
Segala
puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat
dan limpahan rahmat-Nyalah maka saya dapat menyelesaikan tugas mata kuliah
“Filsafat Ilmu”ini dengan tepat waktu.
Berikut
ini penulis mempersembahkan sebuah laporan makalah dengan judul “Filsafat Ilmu:Terminologi Ontologi,
Epistemologi, dan
Aksiologi
beserta Implikasinya serta
Mengenal Postulat, Asumsi, Prinsip, dan Teori”,
Melalui kata pengantar
ini, penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi
tugas ini ada kekurangan dan ada tulisan yang kurang tepat..
Dengan
ini saya mempersembahkan tugas ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga
Allah SWT memberkahi tugas ini sehingga dapat memberikan manfaat.
Pekanbaru, 10 Mei 2014
Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar