BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA )/MADRASAH ALIYAH (MA)/ SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk melaporkan
hasil observasi
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik
sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
|
3.
Memaham, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting teks
anekdot, eksposisi,
laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk berekspresi
2.2
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan
2.3
Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bercerita ulang
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan paparan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menyampaikan
penjelasan
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah
baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
4.3
Menyunting teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
sesuai dengan struktur dan kaidah baik
secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan
internasional
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opinin
tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan
hidup
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan
menyajikan cerita fiksi
dalam novel
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel berdasarkan kaidah-kaidah baik
melalui lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar