SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2014/ 2015
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, ingkungan, dan kebijakan public
|
|||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab,
dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan
|
|
|
|
|
|
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk
memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
· Pengenalan ciri bahasa teks prosedur
kompleks
· Pemahaman isi teks prosedur kompleks
· Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
· Pemahaman isi teks prosedur kompleks
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi makna teks prosedur
kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulis
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks prosedur kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks prosedur
kompleks
·
Langkah-langkah
penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan
struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks prosedur kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
·
secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
prosedur kompleks yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.2 Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks
prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks prosedur kompleks
·
Analisis bahasa teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur
kompleks
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda
baca
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur
kompleks
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.3 Menyunting
teks prosedur
kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks prosedure kompleks
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks prosedur kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks prosedur kompleks secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks prosedur kompleks
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur
kompleks
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks prosedur
kompleks
·
secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4. 5
Mengonversi teks prosedur kompleks ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks negosiasi
·
Pengenalan ciri
bahasa teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks negosiasi
·
Makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi
·
secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks negosiasi, baik
secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks negosiasi,
baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks negosiasi
·
Langkah-langkah
penulisan teks negosiasi sesuai dengan
struktur isi (dan ciri bahasa
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·
secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
negosiasi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
·
Contoh
teks negosiasi dari internet
|
3.3 Menganalisis teks
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi negosiasi Analisis bahasa teks negosiasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur struktur bahasa teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks negosiasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.3 Menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks negosiasi secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan
kaidah teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi teks negosiasi baik secara lisan maupun
tulisa
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
Mempertanyakan
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi
·
secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks i negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
4. 5 Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Pekanbaru, 19 September 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. BASRI, M.Pd MISDIANTO, S.Pd
Pembina Tk.I
Penata Muda Tk.I
NIP.19620528
198903 1 005 NIP
19730304 200801 1 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar