Kamis, 18 September 2014

KKM (KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL) BAHASA INDONESIA SMA X Semester 2 Kurikulum 2013



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                                            TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015




Nama Sekolah                         :   SMAN Plus Provinsi Riau
Mata Pelajaran                        :   Bahasa Indonesia
Nama Guru Mata Pelajaran     :   MISDIANTO, S.Pd
Kelas/ Semester                       :   X/ 2
Nilai KKM Mata Pelajaran     :   80 ( dikonversi 3,00)


Kompetensi Inti:

KI   1:  Menghayati dan mengamalkan    ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah       abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah           secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu  
          menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal


Keterangan
Penetapan Kriteria Minimal
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Siswa
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
3.1  Memahami struktur    
       dan kaidah   
        teks prosedur
        kompleks baik
        melalui lisan
        maupun tulisan.
4.1   Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
·   Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
·   Pengenalan ciri bahasa  teks prosedur kompleks
·   Pemahaman isi teks prosedur kompleks
·   Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
·   Pemahaman isi teks prosedur kompleks















80


81

81

81

81














80


80

80

80

80














80


79

79

79

79











80


80


80

80

80

80

3.2  Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
4.2   Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan.
·           Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks prosedur kompleks
·           Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa
















79



81













80



80













80



80









80



80



80


3.3     Menganalisis teks  prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.3    Menyunting teks  prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
·           Analisis isi teks prosedur kompleks
·           Analisis bahasa teks prosedur kompleks
·           Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·           Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca











79

79

79



79











80

81

79



79














80

80

81



81








80


80

80

80



80

3.4    Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4  Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
·   Identifikasi karakteristik teks prosedure kompleks.
·   Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks










79


79










80


81










80


80






80



80


80

3.5  Mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5  Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
·   Evaluasi struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
·   Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·   Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek















79



79


79














80



81


79















80



80


81












80


80



80


80

3.1    Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
·   Pengenalan struktur isi teks negosiasi
·   Pengenalan ciri bahasa  teks negosiasi
·   Pemahaman isi teks negosiasi
·   Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi
·   Pemahaman isi teks negosiasi










80

80

79

79

80









80

81

79

80

80









80

80

81

80

80





80



80

80

80

80

80

3.2    Membandingkan teks negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2  Memproduksi teks  negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan.
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks negosiasi
·      Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa












81


79













80


80













80


81










80


80


80



3.3  Menganalisis teks  negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3  Menyunting teks  negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·           Analisis isi negosiasi
·           Analisis bahasa teks negosiasi
·           Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·           Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur
·           Struktur bahasa  teks negosiasi











80

80

79


79


81










80

80

79


80


80










80

79

81


79


79







80


80

80

80


80


80

3.4     Mengidentifikasi teks negosiasi    baik secara lisan maupun tulisan
4.4  Mengabstraksi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
·         Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·         Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi








80


79









80


80









80


80






80


80


80



3.5         Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4. 5   Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·           Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·           Langkah- langkah konversi teks  negosiasi menjadi teks monolog
·           Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama pendek














79

80



79
















80

79



79















80

80



81











80


80

80



80



Nilai KKM Kelas X Semester 2 (Genap)  =  80 (dikonversi 3,00)



Keterangan:
1) Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada semester 2 yaitu 17 KD
2) Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata dari indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
3) Rumus mencari KKM  adalah rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
4) Kriteria Ketuntasan Minimal = Kriteria Ketuntasan Minimal semester 2 yaitu
     80 (dikonversi 3,00)






                                                                                Pekanbaru, 19 September 2014
               Mengetahui,                                                     
            Kepala Sekolah,                                                    Guru Mata Pelajaran,





                        

     Drs.H.BASRI, M.Pd                                                MISDIANTO, S.Pd  

            Pembina Tk I                                                          Penata Muda  Tk.I

 NIP.19620528 198903 1 005                                      NIP 19730304 200801 1 017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar