KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
TAHUN
PELAJARAN 2014/ 2015
Nama Sekolah : SMAN Plus Provinsi Riau
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama Guru Mata Pelajaran : MISDIANTO,
S.Pd
Kelas/ Semester : X/
2
Nilai KKM Mata Pelajaran : ≥ 80 ( dikonversi 3,00)
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Keterangan
|
||||
Penetapan Kriteria Minimal
|
Nilai KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah
teks prosedur
kompleks baik
melalui lisan
maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan.
· Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
· Pengenalan
ciri bahasa teks prosedur kompleks
· Pemahaman isi
teks
prosedur kompleks
· Makna kata, istilah
dalam teks prosedur
kompleks
· Pemahaman isi
teks prosedur
kompleks
|
80
81
81
81
81
|
80
80
80
80
80
|
80
79
79
79
79
|
80
80
80
80
80
80
|
|
|
3.2 Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan.
·
Persamaan/perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks prosedur
kompleks
·
Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa
|
79
81
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
|
|
|
4.3 Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
·
Analisis isi teks prosedur kompleks
·
Analisis bahasa teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan
bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
79
79
79
79
|
80
81
79
79
|
80
80
81
81
|
80
80
80
80
80
|
|
|
3.4 Mengidentifikasi teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan.
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan
maupun tulisan
· Identifikasi
karakteristik teks prosedure kompleks.
· Langkah-langkah
membuat abstraksi
teks prosedur kompleks
|
79
79
|
80
81
|
80
80
|
80
80
80
|
|
|
3.5 Mengevaluasi teks prosedur kompleks
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi
teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks
monolog
·
Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks
drama pendek
|
79
79
79
|
80
81
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
· Pengenalan struktur isi teks negosiasi
· Pengenalan
ciri bahasa teks negosiasi
· Pemahaman isi
teks
negosiasi
· Makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks negosiasi
· Pemahaman isi
teks negosiasi
|
80
80
79
79
80
|
80
81
79
80
80
|
80
80
81
80
80
|
80
80
80
80
80
80
|
|
|
3.2 Membandingkan teks negosiasi, baik melalui lisan
maupun tulisan.
4.2 Memproduksi teks negosiasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan mupun tulisan.
·
Persamaan/perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks negosiasi
· Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi dan ciri
bahasa
|
81
79
|
80
80
|
80
81
|
80
80
80
|
|
|
3.3 Menganalisis
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
4.3 Menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Analisis isi negosiasi
·
Analisis bahasa teks negosiasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur
·
Struktur bahasa teks negosiasi
|
80
80
79
79
81
|
80
80
79
80
80
|
80
79
81
79
79
|
80
80
80
80
80
80
|
|
|
3.4
Mengidentifikasi teks
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
·
Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi
|
80
79
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
|
|
|
3.5
Mengevaluasi teks
negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.
5 Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks
drama pendek
|
79
80
79
|
80
79
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
|
|
|
Nilai KKM Kelas X Semester 2
(Genap) = ≥ 80 (dikonversi 3,00)
|
Keterangan:
1) Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada semester 2 yaitu 17 KD
2) Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata dari
indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
3) Rumus mencari KKM adalah rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
4) Kriteria Ketuntasan
Minimal = Kriteria Ketuntasan Minimal semester 2 yaitu
≥ 80 (dikonversi 3,00)
Pekanbaru, 19 September 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs.H.BASRI, M.Pd MISDIANTO, S.Pd
Pembina Tk I Penata Muda Tk.I
NIP.19620528 198903 1 005 NIP 19730304 200801 1 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar