Kamis, 18 September 2014

PROGRAM TAHUNAN (PROTA) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X KURIKULUM 2013



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
 
                                                               BAHASA INDONESIA




Satuan Pendidikan                     :   SMA Negeri Plus Provinsi Riau
Mata Pelajaran                           :   Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                         :   X / 1 dan 2
Guru Mata Pelajaran                  :   MISDIANTO, S.Pd
Tahun Pelajaran                          :   2014/ 2015

Kompetensi Inti

No.

Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(1)
(2)
(3)
(4)
KI 1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
SEMESTER GANJIL

  1.


2.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot  baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
3.


4.
3.2   Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.2  Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
5.

6.
3.3   Menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.3   Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
7.

8.
3.4   Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.4   Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
9.

10.
3.5   Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.5   Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
11.


12.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.1   Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
13.

14.

3.2   Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
15.

16.
3.3   Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.3   Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
17.


18.
3.4   Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.4   Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
19.



20.
3.5   Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.5    Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
21.



22.
3.1    Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.1   Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
23.


24.
3.2   Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4..2   Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan

25

26.
3.3    Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.3   Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
27.


28.

3.4   Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.4   Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
29.



30.
3.5   Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.5   Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
                                    Jumlah                 60 JP
SEMESTER GENAP
 33.


34.


3.1   Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.1   Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
35.


36.



3.2   Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.2  Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
35.


36.

3.3   Menganalisis teks  prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.3   Menyunting teks  prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
37.

38.


3.4   Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.4  Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
39.



40.
3.5   Mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.5   Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
41.


42.
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.1   Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
43.


44.
3.2   Membandingkan teks negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.2   Memproduksi teks  negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
45.


46.
3.3   Menganalisis teks  negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.3   Menyunting teks  negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
47.
3.4   Mengidentifikasi teks negosiasi    baik secara lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.4    Mengabstraksi teks negosiasi   baik secara lisan maupun tulisan
49.


50.
3.5   Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4x45 menit
4.5   Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
                                                                                                 Jumlah              40 JP


                                                                                 Pekanbaru, 19  September 2014
               Mengetahui,                                           
            Kepala Sekolah,                                                               Guru Mata Pelajaran,

                                                                                                             




          

Drs.H.BASRI, M.Pd                                           MISDIANTO, S.Pd                                                                          

            Pembina Tk I                                                           Penata Muda  Tk.I                           
    NIP.19620528 198903 1 005                                     NIP 19730304 200801 1 017                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar