SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA DAN MA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI PLUS PROVINSI RIAU
Kelas/ Semester : X/ 1
Tahun Pelajaran : 2014/ 2015
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
-
-
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, ingkungan, dan kebijakan public
|
|||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
-
|
|
|
|
|
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan hasil observasi
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
-
|
|
|
|
|
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan
|
|
|
|
|
|
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk
memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks anekdot
· Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
|
Mengamati:
·
membaca contoh teks anekdot
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
·
membaca contoh teks anekdot yang
lain
Menanya:
·
mempertanyakan
struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot
Mengeksplorasi:
·
menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak,
orientasi, krisis, respon, coda)
·
menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris,
proses material, dan konjungsi temporal)
· menjelaskan makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks anekdot
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri bahasa teks
anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengomunikasikan:
·
mengomunikasikan dan
saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan
antarkelompok
·
mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot
·
secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB), KEMDIKBUD
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
·
Langkah-langkah
penulisan teks anekdot (mengamati,
menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati:
·
membaca dua
teks anekdot
·
mengamati peristiwa/kejadian yang unik atau
aneh
Menanya:
·
mempertanyakan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
membuat pertanyaan tentang peristiwa unik atau aneh yang diamati
Mengeksplorasi:
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua
teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks anedot yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua
teks anedot yang dibaca
·
membuat teks anekdot sesuai dengan struktur
isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda), ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses material,
konjungsi temporal), dan kelucuan
Mengasoasiasi:
·
mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
mencari hubungan antara topik dengan struktur isi teks anekdot
Mengomunikasikan:
·
menjelaskan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot
·
membacakan teks anekdot dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat dan saling memberikan komentar
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
·
secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks anekdot
yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
anekdot yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.2
Memproduksi teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks anekdot
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda
baca
|
Mengamati:
·
membaca teks anekdot
·
membaca teks anekdot yang ditulis teman
Menanya:
·
mempertanyakan
isi teks anekdot
·
mempertanyakan struktur dan kaidah teks anekdot
Mengeksplorasi:
·
menganalisis isi teks anekdot
(aspek kelucuan,
sindiran, dan pengandaian) dengan
cermat
·
menganalisis
bahasa teks anekdot
(pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat
·
menyunting teks yang ditulis teman dari aspek struktur isi
dan bahasa teks anekdot dengan cermat
· memperbaiki teks anekdot berdasarkan hasil suntingan
Mengasosiasi:
·
membandingkan hasil
analisis dan saling melengkapi untuk mencari kebenaran
·
menemukan dan menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot yang
baik
Mengomunikasikan:
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
membacakan teks anekdot dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat
·
mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks anekdot
yang dibacakan teman/kelompok lain dengan santun
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
anekdot sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.3 Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks anekdot
|
Mengamati:
·
membaca contoh teks enekdot
Menanya:
·
mempertanyakan garis besar (abstraksi) teks anekdot yang dibaca
Mengekplorasi:
·
mengidentifikasi ciri-ciri teks anekdot
·
menuliskan garis besar isi (abstraksi) teks anekdot dalam beberapa kalimat secara terpadu
Mengasosiasi:
·
membandingkan garis besar isi (abstraksi) anekdot antarsiswa
untuk mencari yang terbaik
Mengkomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks cerita sejarah
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
· mempres entasikan abstraksi teks aneknod yang
terbaik
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
anekdot sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca contoh hasil evaluasi
(kekurangan/kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks anekdot
·
membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya
Menanya:
·
mempertanyakan contoh hasil evaluasi
(kekurangan/kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks anekdot
·
mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca
Mengeksplorasi:
·
membaca contoh teks anekdot
·
mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
dengan cermat
·
menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog
·
membuat naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang
berisi kritik sosial dengan memperhatikan
struktur teks anekdot: abstraksi^orientasi^
krisis^reaksi^koda.
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan dan
menyimpulkan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau kelompok lain
·
mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan
tulisan cerita ulang teks anekdot
Mengomunikasikan:
·
mempresentasikan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan
rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
·
Memeragakan/mementaskan
hasil konversi teks anekdot
·
Mengomentari pementasan teks anekdot
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks anekdot
·
secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks anekdot
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.5 Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati:
·
membaca contoh teks eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur isi teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi)
Menanya:
·
mempertanyakan
struktur isi teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi) yang dibaca dan diamati
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi
Mengeksplorasi:
· menemukan
ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dan
ciri bahasa teks eksposisi (misalnya
penggklasifikasian benda-benda, proses
pembentukan kata, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
·
mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks
eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
Mengkomunikasikan:
·
membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi
·
mempresentasikan makna kata, istilah, dan isi teks
eksposisi
dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi secara individual peserta didik diminta
·
menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English through
General Science,
1984:29
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.1 Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·
Langkah-langkah
penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
Mengamati:
·
membaca dua teks eksposisi
Menanya:
·
mempertanyakan isi kedua teks eksposisi
·
menyusun pertanyaan terhadap objek yang diamati
Mengeksplorasi:
·
mengidentifikasi persamaan struktur isi dua
teks eksposisi yang dibaca
·
mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca
·
mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks eksposisi yang dibaca
·
menulis teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan
klasifikasi umum, menuliskan deskripsi)
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua teks eksposisi dalam diskusi
kelas
·
mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks
eksposisi sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan
klasifikasi umum, menuliskan deskripsi)
Mengkomunikasikan:
·
menjelaskan persamaan dan perbedaan kedua teks berdasarkan hasil
diskusi kelas
·
menyajikan teks eksposisi yang ditulis
·
menanggapi /mengomentari penyajian teks
eksposisi dari setiap kelompok
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksposisi yang dibaca.
·
secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
eksposisi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks eksposisi
·
Analisis bahasa teks eksposisi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda
baca
|
Mengamati:
· membaca teks eksposisi
·
membaca teks eksposisi yang ditulis teman
Menanya:
· mempertanyakan
isi teks eksposisi yang dibaca
·
mempertanyakan isi teks eksposisi yang ditulis teman
Mengekplorasi:
· menganalisis isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dengan
cermat
·
menganalisis
bahasa teks eksposisi (pilihan kata/istilah, gaya bahasa, dan konjungsi
) dengan cermat
·
menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat
· memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan
Mengasosiasi:
·
membandingkan hasil
analisis dengan hasil analisis teman untuk menemulan hasil analisis terbaik
· Mendiskusikan
dan menyimpulkan hasil penyuntingan dengan penulis/teman yang menulis
Mengkomunikasikan:
·
mempresentasikan
hasil analisis dengan rasa percaya diri
·
menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
· mengirimkan teks
eksposisi kepada penerbit
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks berita sesuai dengan
struktur dan kaidah teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah Manusia” diadaptasi dari Reading
and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
4.3 Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks
eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks eksposisi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks eksposisi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks eksposisi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks eksposisi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks eksposisi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks cerita
sejarah secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teksberita sesuai dengan struktur dan
kaidah teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks eksposisi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
eksposisi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
·
secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks beritake dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi
darii
|
4.5 Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil
observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi makna teks laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi
·
secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks laporan hasil observasi,
baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English through
General Science, 1984:29
|
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2
Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks laporan
hasil observasi
·
Langkah-langkah penulisan teks laporan hasil
observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat, penegasan ulang
pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
Mengamati:
·
membaca dua buah teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
memproduksi
teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa diminta
berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan
dua buah teks laporan
hasil observasi yang dibaca.
·
secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks laporan hasil
observasi yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan
hasil observasi yang
dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
memproduksi teks
laporan hasil observasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4..2
Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks laporan hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan
hasil observasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda
baca
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil
observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
menyunting
teks laporan hasil observasi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem
Peredaran Darah Manusia” diadaptasi
dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
4.3
Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan hasil
observasi
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan karakteristik teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks laporan hasil
observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam karakteristik teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengabstraksi teks laporan hasil observasi
secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
·
secara
individual peserta didik diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
4.4
Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks laporan hasil
laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah konversi teks laporan hasil
observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks laporan hasil
observasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan
dengan kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan:
·
bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi
·
membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa
lain memberikan tanggapan
·
mengonversi teks laporan hasil observasi ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks
laporan hasil observasi
·
secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun
tulisan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 JP
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii
|
4.5
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Pekanbaru, 19 September 2014
Mengetahui:
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. BASRI, M.Pd MISDIANTO, S.Pd
Pembina Tk.I
Penata Muda Tk.I
NIP.19620528
198903 1 005 NIP
19730304 200801 1 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar