KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
TAHUN
PELAJARAN 2014/ 2015
Nama Sekolah : SMA Negeri Plus Provinsi Riau
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama Guru Mata Pelajaran : MISDIANTO,
S.Pd
Kelas/ Semester : X/
1
Nilai KKM Mata Pelajaran : ≥ 80 ( dikonversi 3,00)
Kompetensi Inti:
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Keterangan
|
|||
Penetapan Kriteria Minimal
|
Nilai KKM
|
||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks anekdot
· Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
|
80
81
81
81
81
|
80
80
80
80
80
|
80
79
79
79
79
|
80
80
80
80
80
80
|
|
3.2
Membandingkan teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks
anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
·
Langkah-langkah penulisan teks anekdot (mengamati, menemukan topik, dan mengembangkan
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
79
81
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
|
|
3.3 Menganalisis teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks
anekdot sesuai
dengan struktur dan
kaidah teks baik
secara lisan maupun
tulisan
·
Analisis isi teks anekdot
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
79
79
79
|
80
81
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
|
|
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks anekdot
|
79
79
|
80
81
|
80
80
|
80
80
80
|
|
3.5
Mengevaluasi teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks
anekdot ke dalam
bentuk yang lain
sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik
secara lisan maupun
tulisan
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
79
79
79
|
80
81
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
|
80
80
79
79
80
|
80
81
79
80
80
|
80
80
81
80
80
|
80
80
80
80
80
80
|
|
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·
Langkah-langkah penulisan teks
eksposisi sesuai dengan struktur isi
(menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
81
79
|
80
80
|
80
81
|
80
80
80
|
|
3.3 Menganalisis teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks eksposisi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Analisis isi teks
eksposisi
·
Analisis bahasa teks
eksposisi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
80
80
79
79
|
80
80
79
80
|
80
79
81
79
|
80
80
80
80
80
|
|
3.4
Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
·
Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks eksposisi
|
80
79
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
|
|
3.5 Mengevaluasi teks
eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
79
80
79
|
80
79
80
|
80
80
81
|
80
80
80
80
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan
maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
80
80
79
79
79
|
80
80
79
80
80
|
80
79
81
79
81
|
80
80
80
80
80
80
|
|
3.2
Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan
4..2
Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah
penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat,
penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
79
80
|
80
79
|
80
80
|
80
80
80
|
|
3.3
Menganalisis teks
laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
4.3 Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Analisis isi teks laporan hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan isi
sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil
observasi
·
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
81
81
81
81
|
80
80
80
80
|
79
79
79
79
|
80
80
80
80
80
|
|
3.4 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
·
Karakteristik teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
|
79
81
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
|
|
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Evaluasi struktur isi
dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah
konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
|
80
81
81
|
80
80
80
|
80
79
79
|
80
80
80
80
|
|
Nilai KKM Kelas X Semester 1
(Ganjil) = ≥ 80 (dikonversi 3,00)
|
Keterangan:
1) Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada semester 1 yaitu 30 KD
2) Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata dari
indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
3) Rumus mencari KKM adalah rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
4) Kriteria Ketuntasan
Minimal = Kriteria Ketuntasan Minimal semester 1 yaitu
≥ 80 (dikonversi 3,00)
Pekanbaru, 19
September 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs.H.BASRI, M.Pd MISDIANTO, S.Pd
Pembina Tk I
Penata Muda
Tk.I
NIP.19620528 198903 1 005 NIP
19730304 200801 1 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar