Jumat, 14 Juni 2013

ANALISIS JABATAN (ANJAB)



 INFORMASI JABATAN

1.        Nama Jabatan   : Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
2.        Kode Jabatan                                                                                                                   :
3.        Unit Organisasi  : Dinas Pendidikan Provinsi Riau
         Eselon I            :
         Eselon II             :Badan Kepegawaian Daerah
                                      Bidang Administrasi Kepegawaian
        Eselon III             : Kabid Dikmenti Dikbud Provinsi Riau
         Eselon IV           : Kepala SMAN Plus Provinsi Riau
4.        Kedudukan Dalam Struktur Organisasi : Guru Mata Pelajaran dan Wali Kelas

5.        Ikhtisar Jabatan      :
Mengajar, mendidik, membuat perencanaan pengajaran, melaksanakan pengajaran, melakukan penilaian, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, membuat administrasi berhubungan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, remedial dan pengayaan untuk peserta didik, serta mengerjakan tugas lain yang diberikan atasan dan melakukan pengembangan profesi ( sesuai bunyi tujuan pendidikan nasional).

6.        .Uraian Tugas:
a.  Merencanakan Pembelajaran/ Program Pengajaran (berpedoman kepada kurikulum yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan)
Tahapan :
1)     Membuat Program Tahunan (Prota)
2)     Menyusun Program Semester (Prosem)
3)     Menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
4)     Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran
5)     Mengembangkan silabus
6)     Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
7)     Mengembangkan bahan ajar
8)     Membuat media pembelajaran
9)     Mempelajari dan memahami model pembelajaran
10)   Merancang program penilaian
11)   Merancang program remedial
            12)  Merancang program pengayaan
            13)  Mengembangkan pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur, dan  
 kegiatan mandiri tidak terstruktur
b.  Mengajar
Tahapan :
1)     Menyampaikan materi pembelajaran dengan pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inisiatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
2)     Mengatur pengelolaan kelas, dengan tahapan sebagai berikut.
a)    Kegiatan awal (memotivasi siswa dan melakukan apersepsi)
b)    Kegiatan inti (ekplorasi, elaborasi, konfirmasi)
c)    Kegiatan penutup yaikni menyimpulkan hasil PBM (Proses Belajar Mengajar)
d)    Kegiatan post tes
e)    Memberikan tugas pendalam materi kepada siswa bila diperlukan
3)    Menerapkan teori dan model pembelajaran
4)    Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
5)    Memeriksa tugas mandiri, tugas tak terstruktur
6)    Menetapkan tata tertib peserta didik
7)    Mengawasi perilaku peserta didik
c.   Menilai
Tahapan :
1)     Menyusun kisi-kisi soal
2)     Menyusun soal ulangan/semester
3)     Memeriksa hasil ulangan/semester
4)     Melakukan analisis soal ulangan/semester
5)     Menganalisis hasil ulangan
6)     Membuat laporan hasil penilaian
7)     Merancang pembelajaran pengayaan dan remedial
d.  Pengembangan Profesi
Tahapan :
1)     Mengikuti pelatihan pengembangan profesi
2)     Mengikuti workshop
3)     Mengikuti seminar/ diskusi
4)     Mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI)
5)     Menulis artikel di media cetak
6)     Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
7)     Mengirim hasil karya sastra (cerpen, puisi) di media cetak
e.     Mengadministrasikan kegiatan pembelajaran
1)    Merekap data siswa dan orang tua
2)    Mengabsen tingkat kehadiran siswa di kelas
3)    Menabulasikan data hasil belajar
4)    Mendokumenkan dan melaporkan hasil belajar
f.    Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan atasan (Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan) sepanjang menyangkut bidang tugas, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) agar kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. Yaitu sebagai guru pengajar, wali kelas, dan guru piket.
Tahapan :
1)   Menerima instruksi pimpian
2)   Melaksanakan tugas sesuai dengan instruksi
3)   Membuat laporan
           
           

7.        Bahan Kerja:
No
Bahan Kerja
Penggunaan Dalam Tugas
1.
Rencana Kerja Sekolah
Menyusun rencana kegiatan sekolah
2.
Kalender pendidikan
Menghitung, minggu efektif dan non efektif dalam satu Tahun Pelajaran.
3.
SKL mata pelajaran dari Pusat
Menyusun Analisis SK-KD yang akan dikembangkan dalam silabus dan RPP
4.
Pedoman Pengembangan KTSP dari BSNP Tahun 2006
Merancang pengembangan Silabus terutama KD dan indikator pencapaian
5.
Pedoman Pengembangan KTSP dari BSNP Tahun 2006
Merancang pengembangan RPP
12.
Instruksi Pimpinan
Arahan Dalam Bekerja

8.    Perangkat/Alat Kerja:
No
Perangkat Kerja
Digunakan Untuk Tugas
1.
Program Kerja Sekolah
Menyusun Rencana Kerja
2.
Uraian Tugas dan Fungsi Guru
Pedoman Pelaksanaan Tugas
3.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Pedoman Pelaksanaan Tugas
4.
Permen nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
Pedoman Pelaksanaan Tugas
5.
Permen nomor 38 tahun 2007 tentang pembagian wewenang antara pemerintah, pemerintah daerah propinsi, dan pemerintah daerah kabupaten
Pedoman pelaksanaan tugas
6.
Prmen nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi
Pedoman pelaksanaan tugas
7.
Permen nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru
Pedoman pelaksanaan tugas
8.
Permen nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian
Pedoman Pelaksanaan Tugas
9.
Permen nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses
Pedoman Pelaksanaan Tugas
10.
Panduan penyusunan KTSP oleh BSNP tahun 2006
Pedoman Pelaksanaan Tugas

9.        HASIL KERJA:
No
Hasil Kerja 1)
Satuan Hasil 2)
1.





2.




3.







4


5.

Perencanaan  Pembelajaran
(rincian minggu efektif, PROTA, PROSEM, Analisis SK/KD, KKM, Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran,

mempelajari/memahami model .
Pelaksanaan Pembelajaran



Penilaian yang objektif (menyusun Kisi-Kisi soal, ulangan /semester, analisis soal ulangan/semester, analisis hasil ulangan, membuat laporan hasil penilaian, merancang pembelajaran pengayaan dan remedial

Pelaksanaan Pengembangan Profesi
Pengadminstrasian Hasil Belajar

Tugas tambahan dari KEPSEK sebagai Wali Kelas dan Guru Piket
Dokumen perencanaan pembelajaran




Kelas yang kondusif, Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem)

Dokumen hasil penilaian







Guru yang profesional
Arsip penilaian

Tupoksi wali kelas dan guru piket
1)    Hasil Kerja : Tulis Hasil Kerja sesuai dengan uraian tugas
2)    Tulis Satuan Hasil kerja seperti: dokumen, kegiatan,dll.
10.     TANGGUNG JAWAB:
a.  Menyusun rencana pembelajaran
b.  Melaksanakan pembelajaran
c.   Mengelola kelas yang kondusif
d.  Melakukan penilaian yang objektif
e.  Membuat laporan hasil penilaian
11.        WEWENANG:
a.  Memilih model/ metode  pembelajaran
b.  Menentukan bahan ajar, media pembelajaran
c.   Menetapkan jenis dan hasil penilaian objektif
d.  Melaksanakan pembelajaran pengayaan dan remedial
e.  Melaksanakan tindakan tegas mendidik

12.         KORELASI JABATAN:
No
Jabatan
Unit Kerja/  Instansi
Dalam Hal
1.

2.

3.

4.
5.

6.

Kabid. Adm. Kepegawaian
Kepala Dinas

Ka.Sub. Bid. Kepegawaian
Kepala Sekolah
Wakil Kepala Sekolah
Kepala Tata Usaha
BKD Provinsi Riau

Dinas Pendidikan Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Provinsi Riau
Sekolah
Sekolah

Sekolah

Konsultasi dan Arahan

Urusan Administrasi dan Arahan
Urusan Administrasi dan Arahan
Konsultasi dan Arahan
Konsultasi dan Arahan

Konsultasi dan Arahan







13.     KONDISI LINGKUNGAN KERJA:
No
Aspek
Faktor
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

9.
Tempat kerja
Suhu
Udara
Keadaan Ruangan
Letak
Penerangan
Suara
Keadaan tempat kerja
Getaran
Dalam ruangan
Dingin dengan perubahan
Segar
Cukup Bersih
Datar
Terang
Tenang
Bersih dan nyaman

Tidak ada
14.        RESIKO BAHAYA:
No
Fisik / Mental
Penyebab
1.
-
-

15.         SYARAT JABATAN:
a.      Pangkat/ Gol.Ruang: Penata Muda, III/ a
b.      Pendidikan                 : Sarjana Pendidikan (S1)/ Akta IV
c.      Kursus/Diklat      
1)  Penjenjangan       : -
2)  Teknis                     :                                               - Latihan Prajabatan (LPj)
d.      Pengalaman kerja    : -
e.      Pengetahuan kerja   : - Ilmu keguruan dan kependidikan
-   Ilmu mata pelajaran yang diampu                                             
f.       Keterampilan kerja   : Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional
g.      Bakat Kerja                 :
1)    G (Inteligensi)                                 
      Kemampuan belajar secara umum.
2)    V (Bakat Verbal/ Verbal Aptitude)
      Kemampuan untuk memahami arti kata-kata dan penggunaannya  
      secara tepat dan efektif.
3)    N (Numerik/ Numerical Aptitude)
Kemampuan untuk melakukan operasi arithmatik secara tepat dan akurat.
4)    P (Penerapan Bentuk/ Form Perception)
Kemampuan menyerap perincian-perincian yang berkaitan dalam objek atau dalam gambar atau dalam bahan grafik.
5)    Q (Ketelitian/ Clerical Perception)
Kemampuan menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel.
6)    K (Kondisi motor/ Motor Coordination)
Kemampuan untuk mengkoordinir mata dan tangan secara cepat dan cermat dalam membuat gerakan yang cepat.

7)     C (Membedakan warna/ Color Discrimination)
Kemampuan memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli, yang gemerlapan.
h.     Temperamen Kerja    :
1)  D/ DCP (Direktion, Control, Planning)     
Kemampuan menyesuaikan diri menerima tanggung jawab untuk kegiatan memimpin, mengendalikan atau merencanakan.
2)  F/ FIF (Feeling, Idea, Fact)
Kemampuan menyesuaikan diri dengan kegiatan yang mengandung penafsiran perasaan, gagasan, atau fakta dari sudut pandangan pribadi.
3)  I/ I (Influ/ Influencing)
Kemampuan menyesuaikan diri untuk pekerjaan - pekerjaan mempengaruhi orang lain dalam pendapat, sikap atau pertimbangan mengenai gagasan.
i.       Minat Kerja                 :                                                                                            
1) I ( Investigatif )
      Pekerjaan-pekerjaan yang memiliki antara lain:
·         Melakukan penelitian
·         Membutuhkan kemampuan matematis
·         Membutuhkan analisis kritis
·         Melakukan kegiatan brainstorming (penciptaan ide/ konsep)
·         Penyelesaian masalah-masalah abstrak
·         Pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya akademis
·         Tugas-tugas ilmiah
·         Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan ketepatan tinggi
2) S (Sosial)
     Pekerjaan-pekerjaan yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti:
·         Menjalin hubungan dengan orang lain
·         Kegiatan-kegiatan yang sifatnya sukarela  / sosial
·         Memiliki tujuan yang sifatnya idealis
·         Berhubungan dengan klien/ masyarakat
·         Mengajar / berkomunikasi secara intens
·         Kegiatan-kegiatan yang berkelompok atau tim
·         Aktifitas yang membutuhkan keterampilan bersosial
·         Pekerjaan konsultasi/konseling atau pembinaan
                  3) C ( Konvensional )  
                       Pekerjaan-pekerjaan yang terdiri dari kegiatan-kegiatan antara lain:
·         Administratif / tugas dasar organisasi
·         Mengelola arsip
·         Menjalankan sistem atau rutinitas
·         Menyusun pembukuan/ akuntansi
·         Mengikuti kebijakan atau prosedur
·         Kegiatan yang berhubungan dengan angka
·         Pelaporan yang rinci
·         Jadwal kerja yang ketat dan terstruktur
j.       Upaya Fisik                 :                                                                                            
1)  Jenis Upaya :
Fisik    :  Berdiri, Berjalan, Duduk, Berbicara, Mendengar, Melihat, dan
              Penyesuaian lensa mata
Frekuensi : Terus menerus
k.      Kondisi Fisik               :                                                                                            
1)     Jenis Kelamin     : Laki-laki/ Wanita sehat jasmani dan rohani
2)     Umur                     : 24 tahun – 35 tahun
3)     Tinggi badan       : 150 cm
4)     Berat badan         : 40 kg
5)     Postur badan       : Ideal
6)     Penampilan         : Menarik/ menyenangkan
l.       Fungsi Pekerjaan       :
1)  O.0 (Menasihati)
2)  O.2 (Mengajar)
3)  O.6 (Berbicara)
4)  O.7 (Melayani orang lain)
5)  O.8 (Menerima instruksi)
16.      PRESTASI KERJA YANG DIHARAPKAN
No
Satuan Hasil1
Jumlah Hasil
(Dalam 1 Tahun)
Waktu Penyelesaian 2)
1.











2.


3.




4.




5.
6.


Dokumen rencana pembelajaran
a.  Program Tahunan
b.  Rincian Minggu Efektif
c.  Program Semester
d.  Kriteria Ketuntasan Minimal
     (KKM)
e.  Silabus
f.   Rencana Pembelajaran
g.  Rancangan Instrumen
     Evaluasi
h.  Materi Ajar
i.   Media/ Alat Bantu
Pelaksanaan Pembelajaran
·         Pemeriksaan tugas peserta didik
Pelaksanaan Penilaian
·         Ulangan harian
·         Ulangan semester
·         Pengayaan dan Remedial

Pengembangan Profesi
·         Pelatihan

·         Penelitian PTK

Dokumen Hasil Belajar
Melaksanakan tugas wali kelas (setara 12  x 45menit/minggu)

1 dokumen
2 dokumen
2 dokumen
2 dokumen

2 dokumen
25 dokumen
2 dokumen

2 dokumen
-

36x12x45 menit


36x10x45 menit
4x2x12x45 menit
2x48 jam (6 hari x 8 jam)

4x2x12x45 menit
100 jam
2 Dokumen

2 Dokumen

36x12x45 menit

6 jam
4 jam
10 jam
10 jam

30 jam
50 jam
50 jam

50 jam
10 jam

324 jam


270 jam
72 jam
96 jam


72 jam
100 jam
200 jam

20 jam

324 jam

            1) Satuan Hasil lihat nomor 9 kolom 2
2) Tulis waktu penyelesaian untuk setiap hasil kerja dalam satuan waktu menit
17.     Butir Informasi Lain :
            ...........................................................................................................................................
            ...........................................................................................................................................
           





Pekanbaru,  18  Januari  2013
Mengetahui Atasan Langsung,

Yang Membuat,
KEPALA SMAN PLUS PROPINSI RIAU,





Drs. H. BASRI, M. Pd
Pembina Tk. I
NIP 196205281989031005







MISDIANTO, S.Pd
Penata Muda
NIP 19730304 200801 1 017